Kadang motor suka bermasalah kalau digeber mendadak, motor seakan keselek laksana kehabisan bensin total. Dalam keadaan begini, penyebab utama yang paling dicurigai oleh biker berpengalaman pastinya karburator. Biasanya, kalau karburator sudah dilengkapi dengan pompa bensin, bagian inilah yang macet bin mampet. Ketika grip gas diputar mendadak, ban depan harusnya terasa terangkat (nggak harus standing lho..), eh ini malah terasa motor mau nyungsep.

Biasanya yang dilakukan adalah menservis karburator, membersihkan busi dan memastikan kabel-kabel beserta soket terpasang sempurna. Namun, ketika ditest gas mendadak ketika motor jalan dalam kecepatan sedang, motor masih mengalami problema yang sama, bisa jadi ada yang berkomentar: karbu sudah error, ganti! Atau menuding pompa bensin di karburator yang sudah mampet! Nah, karena sudah diservis masih mampet juga, ya mau tidak mau harus ganti karburator doong.. Untuk pemilik mtor macam Honda Tiger, karbu orsi harus ditebus 1,3 jutaan… pediiiiiiihhh… Sedangkan karbu imitasi China yang bentuknya sama persis bawaan Tiger memang masih di bawah 350 ribu, tetapi yang jual pun geleng-geleng ketika ditanyakan: “kuat berapa lama??” Bahkan doi tidak merekomendasikannya!

Sebelum puyeng sampai ganti karburator segala, coba pastikan keadaan intake manifoldnya. Bisa jadi di motor yang sudah berumur dan suka melintas jalanan rusak, bagian ini sudah bocor atau retak. Kalau halus, begitu tuh gejalanya, ketika digas mendadak, motor malah seakan mau mati mesinnya! Ini diakibatkan campuran gas bakar terlalu banyak udaranya, yang masuk lewat retakan di manifold itu. Kalau sudah parah, biasanya motor tidak bisa hidup Bro… Ane malah pernah naik Tiger Hitam melewati kawasan Villa Cinere Mas yang jalanannya seru dilibas naik motor enduro, eh selepas melewati jalan rusak dan banyak polisi tidur, mendadak Tiger Hitam mati, bensin mengucur terus dari saluran pembuangan bensin di karburator. Motor coba diselah-selah tidak bisa hidup, ganti busi juga tidak… Dan setelah dicek, ternyata intake manifoldnya bukan bocor lagi (gejalanya sudah terasa cukup lama, lebih dari setahun lah…), kali ini doi sudah benar-benar pecah! Solusinya ya ganti…onderdil ini yang diproduksi AHM untuk Tiger dibanderol 50 ribu, sedangkan yang KW2 bisa didapat seharga 30 ribu (tergantung bengkel lah…).

Jadi, sebelum memutuskan ganti karburator, cek dulu ya intake manifoldnya…

About these ads