Untuk pertama kalinya BMW memperkenalkan gacoan mereka, BMW S 1000 RR, untuk turun di ajang WSBK pada pameran motor Intermot di Köln, Jerman. Motor yang baru bisa dimiliki umum mulai tahun 2009 ini nantinya akan ditunggangi 2 mantan juara WSBK, Troy Corser dan Ruben Xaus (yang di foto lagi mejeng bareng calon tunggangannya). Mereka berdua sudah mulai dapat mengetes motor berkonstruksi mesin mirip Yamaha R1 plus segudang perangkat sensor ini pada bulan November 2008 di Valencia. Untuk keperluan pengembangan, 2 joki yang sama-sama pernah menjadi 2 kali juara WSBK ini akan dibantu oleh 1 joki tester asal Australia, Steve Martin (ni apanya Ricky Martin ya??). Saat ini, banyak tim privat dari IDM (Kejuaraan Superbike Jerman) yang berminat menggunakan S 1000 RR.
Troy Corser sendiri cukup optimis dengan peluang BMW berbobot siap tempur sekitar 190 Kg ini di WSBK. Ia menargetkan bisa masuk 5 besar dalam balapan Superbike nantinya. Ia tidak merasa jadi pembuka jalan untuk Max Neukirchner nantinya yang dalam wacana fans Superbiker Jerman seharusnya mendapatkan jatah dari BMW. Menurut Corser, keputusan Neukirchner yang tetap berpayung di bawah Suzuki sudah tepat, karena GSX-R memang sudah matang dan merupakan paket komplet untuk menggondol gelar juara WSBK. Troy yang dipekerjakan BMW untuk 2 tahun kedepan ini menambahkan, dengan Suzuki, Neukirchner tidak perlu menunggu 2-3 tahun lagi untuk mendapatkan motor kompetitif.
Kita lihat saja kiprah BMW di ajang WSBK 2009, mudah-mudahan performa S 1000 RR jauh lebih baik dibandingkan HP2. Dalam sebuah test komparasi dengan Ducati 1098R, KTM RC8, Yamaha R1 dan R6, Suzuki GSX-R 1000, 750 dan 600, Honda CBR 1000 RR, Kawasaki Ninja ZX-10R, HP2 menjadi juru kunci. Tempat pertama dihuni Ducati 1098R, diikuti Honda yang tertinggal 0,24 detik. HP2 tertinggal lebih dari 3 detik dari best lap yang diperoleh Ducati. Belum lagi ada pendatang baru lainnya, Aprilia RSV4!!
Sumber:
PS-Das Sport-Motorrad Magazin