Nama besar Ducati di ajang balap motor international tidak diraih dalam sekejap. Sejak dulu Ducati sudah mengeluarkan motor2 berperforma tinggi. Perkenalkan Ducati Mach 1, si kecil merah yang lincah. Ducati Mach 1 berbekal mesin 249cc dan bertenaga 26PS pada 8500rpm adalah motor yang diluncurkan Ducati pada tahun 1964 dan menjadi motor tercepat di kelas 250cc pada masa itu. Dengan bobot yang hanya 116Kg, Mach 1 dapat mencapai kecepatan puncak 171 Km/jam.
Ada beberapa faktor yang memungkinkan Mach 1 mencapai kecepatan luar biasa ini. Mach 1 dipersenjatai dengan karburator berventuri besar: Dell ‘Orto SS-1. Gear Box dengan 5 tingkat percepatan, piston kompresi tinggi dan sederetan onderdil berperforma superior memungkinkan Mach 1 berakselerasi dengan cepat, terlebih lagi velg yang digunakan dibuat dari logam yang ringan. Pemilik Mach 1 juga diuntungkan di arena balap dengan setang Mach 1 yang sudah sporty. Semua kemudahan untuk mengorek dan mendapatkan Mach 1 menjadikan motor ini laris digunakan untuk balapan.
Kehandalan Mach 1 tentunya memiliki peranan besar dalam membentuk image Ducati sebagai motor cepat. Mach 1 hanya diproduksi hingga tahun 1967. Ia digantingkan dengan versi baru yang telah mengalami banyak pengembangan, terutama pada sektor mesin.
Sumber:
– Hugo Wilson: Motorräder (2001)