Kalau hingga saat ini peranti airbag merupakan hal yang lumrah didapati di roda empat, tidak demikian halnya dengan di roda dua. Setahu saya, hingga saat ini airbag hanya bisa didapati di Honda Gold Wing. Perangkat airbag untuk motor dinilai tidak sesuai dan berlebihan. Belum lagi guncangan yang diterima motor (akibat dipakai wheelie misalnya) dapat menyebabkan airbag terbuka di saat yang tak terduga, malahan bisa bikin malu euy… Kebayang dong kalau motor lagi berhenti di lampu merah terus ada cewe sexy nyebrang jalan dan lirik-lirikan sama si biker, eh mendadak airbag mengembang!!!!! Pertanyaannya: terkena benturan apakah si motor????? (Demi alasan kesusilaan, bagian ini tidak akan saya lanjutkan)

Setelah mengalami proses uji coba dan pengembangan yang memakan waktu bertahun-tahun, akhirnya helm dengan airbag pertama diluncurkan. Polo, firma yang mensuplai pernak-pernik motor dan bikers, dan APC Systems, firma asal Spanyol memperkenalkan helm ajaib ini di ajang Intermot. Sejak bulan Oktober tahun ini, si Helm airbag sudah dipasarkan di Jerman. Helm yang diriset hingga tepatnya 4 tahun ini dikembangkan dan diproduksi di Spanyol. Pada musim gugur tahun 2007 dan awal tahun 2008, helm airbag ini diuji oleh DEKRA di Stuttgart. DEKRA adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang terpercaya mengadakan test-test pada produk-produk otomotif dan industri. Video-video crash test bisa Bro lihat di web site sang produsen: http://www.apcsystem.com/. (Bahasa Spanyol Bro…ane nyerah dah…)

Untuk bisa mengembang hingga sempurna, airbag hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 0,15 detik. Bantalan udara berfungsi untuk mencegah pergerakan ekstrem yang diderita leher saat terjadi benturan keras dari belakang. Kelihatannya memang seperti mainan ya Bro, tapi silakan dilihat sendiri video-videonya, di sana terlihat jelas betapa leher kita sangat lemah dalam menahan goncangan keras yang sebenarnya diterima langsung oleh motor. Mungkin hanya satu orang yang kuat hidup melalui crash test yang satu ini, siapa lagi kalau bukan si Leher Beton, Mike Tyson (kangen nih sama tinju ala Mike Tyson). Peranti helm airbag terdiri dari 2 bagian, yakni airbag plus generator gas yang terdapat di helm dan kabel sensor yang bisa diinstalasi misalnya di bawah jok motor. Sensor bisa membedakan situasi kritis (mungkin maksudnya saat motor dipakai beraksi) dengan situasi kecelakaan. Hanya ketika terjadi benturan, sensor mengirim sinyal ke generator gas yang bertugas menggembungkan airbag.

Saat ini si helm penyelamat hanya tersedia dalam 2 pilihan warna. Soal ukuran, Polo menyediakan ukuran dari S-XL. Harga tentunya sesuai dengan kerja keras mereka mengembangkan helm safety ini. Buat bikers ingin yang lebih terjamin keselamatannya dengan menggebet doi, siap-siap ngebobol ATM sampai 899 Euro. Kalau sepanjang jalan ingin ngobrol dengan nebenger tanpa perlu teriak-teriak, tinggal tambah 170 Euro lagi untuk pemasangan sistem komunikasi dengan blue tooth. Siapa yang mau beli helm seharga Honda Blade?? Kemana-mana harus ditenteng, gaya sih, tapi cape kan.. Kalau ditinggal, wah cari penyakit namanya. Kalau sampai hilang, bisa nangis sambil garuk-garuk tanah Bro…

Sumber:

http://www.tourenfahrer.de