Tak ada gading yang tak retak.. peribahasa ini berlaku bagi semua benda yang ada di alam semesta, tak terkecuali sepeda motor, produk yang diciptakan oleh makhluk yang mengklaim dirinya sebagai makhluk paling cerdas di muka bumi, tetapi jelas-jelas tidak sempurna.

YZF-R125 yang menjadi idola baru di kelas capung pun tidak lepas dari ketidaksempurnaan. Yamaha Jerman merecall yami mini yang berseri VG5RE061000000140 sampai 020590. Para pemilik si sexy mini ini diharapkan membawa tunggangannya ke dealer Yamaha terdekat. Masalahnya sepele kok, hanya mengganti material yang menghubungkan tanki dengan pompa bensin. Material ini disinyalir rentan rusak, gejalanya ya rembes bensin… Tentu saja para pemilik tidak dikenai biaya se-cent pun.

Apakah recall akan membawa dampak buruk bagi penjualan ataupun goodwill? Tentunya tidak bagi mereka yang paham! Recall adalah pertanda adanya niat baik produsen dan adanya usaha mereka menjaga goodwill. Memang akan ada pihak yang menggunakan recall sebagai alasan untuk menjatuhkan, tetapi sebagai bikers yang nalar, kita paham lah…. Bukankah recall itu tindakan sportif? Bandingkan dengan produk yang misalnya kabel gasnya cepat putus, atau knalpotnya cepat kropos, atau catnya cepat buram, bahkan ngeletek, atau CDInya cepat wafat, atau Shockbreakernya berumur pendek, tetapi tidak direcall…….. Kalau mayoritas konsumen merecall kepercayaan mereka terhadap produsen tidak sportif, nah tau sendiri deh kelanjutannya……

Sumber: PS-Das Sport-Motorrad Magazine
Foto: HP-Klassikku