Untuk kedua kalinya saya ketemu motor ini beberapa bulan lalu. Memang mudah untuk mengenali motor klassik, barang langka Bro.. Apalagi kalau merknya Benelli, relatif jarang! Motor yang Bro lihat di sini adalah Benelli RS3, replika motor balapnya Renzo Pasolini.

Pertama ketemu doi, saya langsung jatuh hati, soalnya sembalap abis! Motor balap 4 tak 4 silinder memang menampilkan perawakan yang sangar. Kalau naik motor klassik semacam ini di jalanan Jakarta pun, pengendara motor lainnya dijamin melirik, wajar saja, 4 silinder, bunyinya juga dijamin provokatif.
Bentuknya yang simple juga sangat mengundang hasrat untuk menunggangi si hijau yang ternyata hanya 350 cc ini. Walaupun kapasitasnya kecil, yang penting silindernya banyak! Tidak heran motor yang lahir pada tahun 1968 ini sanggup menghasilkan tenaga 40 PS @ 9000 rpm, cukuplah buat mengasapi motor-motor yang beredar umum di Indonesia. Sayang di pameran saat itu tidak diterangkan top speed motor yang memiliki 5 tingkat percepatan ini. Kalau hanya 180 Km/jam sih kayanya sanggup banget!
Sayang Benelli yang sekarang tidak begitu tenar di jagad permotoran. Bukan hanya terpendam kemilau rekan senegaranya Ducati dan Aprilia, desain Benelli semacam Benelli Tornado maupun Benelli TNT bagi kebanyakan orang dianggap terlalu “ramai”. Memang sih seperti motor konsep dan terbilang eksotis, tetapi tenaga mesin yang kurang menggigit dan merek Benelli yang kurang greget mempersulit penjualan Benelli saat ini. Mungkin kini sudah saatnya Benelli turun balap lagi. Atau tunggu krisis moneter lewat dulu kali ye….. Memang susah menjual motor di Eropa, pasar yang sempit ditambah persaingan yang keras membuat produsen benar-benar harus putar otak dan banting tulang. Coba Benelli ikut jualan di Indonesia, masih banyak ruang kosong…..
Foto: HP-Klassikku