Buat para penggemarnya, BMW R 25 yang bertenaga hanya 12-13PS cukup untuk keliling-keliling kota dengan santai. Tenaga sekitar 18 PS yang dimiliki BMW R 27 pun juga tidak menjadi alasan pemiliknya untuk mengeluh, sebab motor ini memang asoy buat nampang, buat jalan santai, dan tentunya buat investasi!
Tenaga mesin BMW 250 cc memang bukan untuk kebut-kebutan. Namun, kadang panas juga kan kalau dikentutin bebek-bebek semprul??? Ya jangan salahkan bebeknya, pengendaranya tuh yang modis (mo disikut). Saya ngubek-ngubek ke website toko langganan, Ulis Motorradladen, dan ternyata ada beberapa komponen yang dapat menaikkan performa BMW 250 cc klassik, mulai dari R 25 series, R 26 dan tentunya R27.
Yang paling mudah adalah mengganti filter udaranya dengan filter udara modern yang menawarkan nafas yang lebih lega tanpa kuatir keselek debu. Peranti lainnya seperti koil pun tersedia, memang bukan racing, tetapi dengan teknik terkini, tentunya cukup bisa diandalkan lah.
Bagaimana pistonnya? Mahle? Nüral? Kolbenschmidt? Ketiga produsen piston ini adalah produsen asli yang dari awalnya mensuplai kebutuhan BMW oldtimer. Hanya seiring waktu, ada yang tidak lagi diproduksi, ada pula yang dikurangi jatahnya. Soal harga, ketiga produsen piston ini sekelas, jadi beda tipis…… soal kualitas juga sekelas, hanya yang paling disukai adalah Nüral, sebab paling ringan! Sayang, harganya tidak ekonomis! Untuk itu diproduksilah piston untuk BMW Oldtimer di Italia, hanya saja, seiring waktu terbuka juga segala kekurangannya: terlalu berat, mudah macet dan makan oli! Hmm, mungkin produsen di Italia kali ini sebelumnya hanya berpengalaman bikin penggorengan…. Akhirnya si pemilik toko bekerjasama dengan pihak lain. Kali ini, kualitas dan teknik sangat diperhatikan. Hasilnya, kualitas ketiga piston orsi di atas bisa dilampaui dengan harga yang lebih ekonomis.
Tidak berhenti sampai di piston high performance saja lho.. Ulis Motorradladen menawarkan paket stroke up! Lho apa itu? Itu temennya bore up Bro.. Kalau Bore up memperbesar diameter piston, maka stroke up memperbesar langkah mesin. Toko yang terletak di Frankfurt am Main ini menawarkan kruk as lengkap dengan setang pistonnya. Jadi, Bro yang berminat tinggal pasang tanpa perlu mengubah apapun! Silinderpun tidak perlu dibawa-bawa ke tukang bubut, so, stay orsi dong… Dengan penggantian kruk as komplet ini, maka BMW yang tadinya hanya 250 cc bakal naik kapasitas hingga nyaris 300 cc. Ya, buat ngebut sekali-kali oke lah…….
Foto: HP-Klassikku