Saat berteduh di hanggarnya Honda saat hujan mengguyur penyelenggaraan MotoGP Sachsenring lalu, ada satu motor yang termasuk nyeleneh untuk dianggap sebuah Honda, yoi, si VT1300CX.

Kenapa saya anggap nyeleneh? Baru kali ini saya lihat Honda membuat motor dengan konsep chopper custom. Motor yang baru beredar tahun depan ini memang untuk pertama kalinya diperkenalkan di ajang MotoGP Jerman yang lalu.

Motor ini memang terkesan terlalu sederhana untuk sebuah chopper Honda. Konsep motor chopper custom yang simple dan singset memang didapat, tetapi entah mengapa rasanya tidak sreg dengan selera saya, dan mungkin selera orang banyak. Pertama-tama, bukankah gaya semacam ini sudah identik dengan Harley Davidson? Apa Honda mau menantang Harley di sektor ini? Rasanya sih terlalu optimis, terlebih motor yang ditawarkan terkesan (maaf-red) sangat biasa sekali deh. VT1300CX sama sekali tidak menimbulkan aura gagah atau aura pemberontak, ya hanya sebatas pemberontak dari pakem Honda selama ini sih….

Faktor kedua: Apakah mengeluarkan motor bergaya custom bisa laris manis? Ingat, namanya orang bikin motor custom kan supaya sesuai dengan seleranya dan bisa tampil beda. Nah, Kalo yang punya motor “custom” ini banyak, artinya si VT1300CX mesti di custom ulang dong… Tidak hanya itu, gaya Custom yang ditawarkan motor bermesin 4 tak V2-52° berkapasitas 1312 cc ini tampak terlalu manis dan standard. Secara estetis juga kurang sreg rasanya, apalagi kalau lihat ujung silencer knalpotnya yang berakhir rata bin lurus, terkesan memendam kesan dinamis yang ingin ditampilkan oleh rancangan rangka, bodi dan spatbornya. Mesin berkapasitas besar nampaknya juga tidak jelas arahnya, sebab hanya bertenaga maksimum 58 PS @ 5250 rpm (di sumber lain @ 4250 rpm), ya siap-siap aja dikentutin Harley Davidson!
Faktor ketiga yang bikin saya merasa tambah heran adalah namanya! Kenapa VT1300CX? Kesannya kok high tech banget sih? Untuk motor chopper, bukankah biasanya yang digunakan bukan kode-kode hurf dan angka, melainkan sebuah nama. Sebut saja pesaingnya seperti Suzuki Intruder, dulu ada Yamaha Virago dan Dragstar atau dari Eropa ada Triumph Rocket. Apakah Honda takut kalau sama-sama harus mengeluarkan chopper berarwah motor drag? Jangan heran, sebab disini sudah dibooking oleh Yamaha V-Max. BTW, di Amerika Serikat, katanya motor yang sudah beredar setengah tahun ini di sana, dinamai Fury. Di Eropa, nama itu tidak digunakan dengan alasan ada permasalahan dengan hak penggunaan nama (eh hak apa ya namanya???).
Faktor keempat yang bikin merasa heran, ga salah tuh mesin 1312 cc cuma dibekali sangu 12, 8 liter bensin? Masih lebih besar tanki Honda Tiger dong? Apakah Honda mau melakukan kesalahan yang dilakukan Suzuki Madura yang tankinya kelewat imut? Kalau VT1300CX bukan buat ngedrag, tankinya yang besar dong… Masa ngedrag tidak bisa, buat touring pun bikin was-was?

Apakah Bro mendapat kesan saya berantipati terhadap motor ini? Apakah Bro setuju kalau langkah Honda yang ini hanya harakiri? Hmmm.. Mari kita balik sudut pandangnya…

VT1300CX dengan segala nilai yang kelihatan minus ini punya nilai lebih juga kok. Motor yang menganut aliran motor yang rata-rata extra boros ini dibekali sistem pembakaran injeksi kaya si Supra 125 PGM-Fi. Sistem pendinginan pun sudah menggunakan radiator, mesin lebih adem, konsumsi bahan bakar pun bisa lebih irit. Kalau kita lihat lagi tenaganya yang kecil, tampaknya Honda merancang motor ini sangat irit bahan bakar. Makanya tankinya termasuk kecil…. Istilahnya, kalau sebuah Harley Davidson butuh bensin 20 liter untuk menempuh jarak tertentu, maka si mainan baru Honda ini (mungkin) hanya butuh setengahnya. Nah, kalau begitu, buat apa tanki sebesar galon Aqua? Apalagi memang konsep awalnya yang menginginkan motor yang terkesan singset.
Kalau melihat kapasitas mesin yang besar, tetapi tenaga kecil, apakah Honda salah langkah? Kan malah mahal bayar pajak doang? Sekarang kita balik, logikanya, dengan mesin besar, menghasilkan tenaga lebih mudah kan? Nah tampaknya ini yang ingin dituju Honda. Dengan sedikit buka gas pada 2250 rpm, torsi maksimum langsung tercapai. Dengan 107 Nmnya, motor langsung melaju kencang. Dan satu lagi, mesin besar bertenaga kecil artinya si mesin tidak diperas habis-habisan, artinya ya panjang umur!
Sumber: Yang Jualan
Foto: HP-Klassikku