Satu lagi motor nyeleneh dari Honda… Entah kenapa, belakangan ini desain dan konsep motor-motor Honda terasa banyak yang keluar dari main stream, inikah yang namanya wind of change?

Dari wujudnya tentu sudah bisa tertebak, kalau ini motor matic berkapasitas kecil. Yup, motor yang di Jerman dinamai Honda Zoomer ini memang berkapasitas imut. Motor yang dirancang untuk mereka yang doyan tampil beda ini berkapasitas hanya 50cc. Meskipun imut, mesin 4 taknya yang memiliki 4 klep sudah dibekali radiator dan sistem pengabutan injeksi PGM-FI lho. Dengan tenaga maksimum 4,1 PS @7500 rpm, cukup lah untuk mengajak si manis minimalis ini bersenang-senang, terlebih lagi torsinya cukup besar, yakni 4,5 Nm @ 5000 rpm. Yang bikin kaget sih kompresinya yang lumayan tinggi, yakni 12:1! Kaya motor balap aja… Soal jarak tempuh, saya belum ada datanya. Namun, dengan kapasitas tanki 5 liter (tuh tankinya dimana ya???) cukuplah Jakarta-Bandung tanpa mampir ke pom bensin. Untuk menghidupkan mesinnya, buat yang males nyelah, Honda meladeni dengan elektrik starter, sedangkan untuk yang ingin cepat langsing silahkan menggunakan kick starter.

Gaya minimalis Zoomer bisa terlihat dari bodynya yang apa adanya. Lampu-lampu pun terkesan apa adanya. Meskipun terkesan apa adanya, Honda Jerman menawarkan asesoris-asesoris tambahan yang membuat motor yang tampil beda karena “ke-apa-adaannya” bisa tampil lebih yentrik.
Di segi kaki, doi hanya dibekali velg mungil, yakni hanya berdiameter 10 inci dan terbungkus ban gendut 120/90 di depan dan 130/90 di buritan. Untuk menghentikan lajunya, cukup dipercayakan sepasang rem tromol berdiameter 95 mm. Kok cuma tromol? Katanya canggih? Buat apa teknologi berlebihan Bro?? Situ HP 3G-nya juga jarang dipake toh? Kenapa pagar rumah sampeyan tidak dari titanium? Kenapa celana jeans sampeyan tidak dari Kevlar? Bukankah yang suka berlebih-lebihan itu setan??? (Pak Haji mode:on)
Zoomer yang berbobot fulltank 89 Kg hanya dibekali satu tempat duduk. Tidak heran doi hanya dirancang untuk menanggung beban maksimum 112 Kg saja. Memang sayang tempat duduknya hanya satu. Namun, buat mereka yang ingin pergi nyeleweng, ini bisa jadi kartu bagus. Terlebih lagi jika selewengan mau berbagi tempat duduk di atas Zoomer mmmmmmmm….. (sesatnya kumat!). Dengan segala keanehannya, Zoomer yang 300 Euro lebih mahal dibandingkan Supra injeksi, ga bakalan dipasarkan AHM!
Foto: HP-Klassikku
Iklan