Nah, sekarang kita ketemuan sama si Goldwing generasi terkini. Sama seperti leluhurnya, Goldwing tetap menjadi rajanya motor touring kelas wahid. Seperti biasa, makin tinggi, maka makin kencang angin berhembus. Di kalangan bikers internasional ada dua kelompok, yakni yang sebel sama gayanya Goldwing dan tentunya yang fanatik dengan Goldwing.

Berbeda dengan leluhurnya yang hanya berkapasitas 1000 cc dan hanya memiliki 4 silinder, Goldwing terbaru dilengkapi mesin boxer 6 silinder berpendingin radiator berkapasitas 1832 cc! Meskipun berkapasitas besar, sesuai kodratnya sebagai motor touring, mesin ini hanya menyemburkan tenaga maksimum 118 PS @ 5500 rpm saja.

Goldwing memang sebuah motor yang extra gambot. Saya teringat saat pertama kali melihat motor ini di sebuah rumah sakit swasta di Jakarta Selatan saat saya masih kecil. Pertama melihat ini motor, dalam hati saya berkata: BUUUUSSEEEETT.. ini motor apa becak?? GEde AJAH!!!

Kembali ke track.. Untuk dapat menempuh perjalanan jauh, Goldwing memiliki tembolok yang cukup besar, yakni 25 liter. Meskipun tenaga puncaknya kecil, mesin besar tentunya merupakan jaminan untuk memperoleh torsi besar. Dan memang torsi besarlah yang paling dibutuhkan motor yang berbobot mulai dari 405 Kg ini (bobot tergantung aksesoris Bro.. Kalau situ pakai Goldwing buat jualan ulekan, ya berat lah…). Goldwing yang berPGM-FI memanjakan pengendaranya dengan torsi maksimum hingga 167 Nm @ 4000 rpm. Apa jadinya jika mesin 1800 cc 6 silinder masih pakai karburator? bangkrutz euy!

Sama dengan para leluhurnya, Goldwing yang serasa hotel dengan dua roda menawarkan seabrek fitur teknologi terkini dan sangat memanjakan pengendaranya. Mulai dari rem combined ABS yang sudah lumrah, hingga airbag dan sistem Navigasi andalannya yang dapat diperoleh dengan menambah 3000 Euro. Buat mereka yang suka musik tapi duit cekak, silahkan gebet TVS RockZ, sedangkan kalau punya perkebunan duit, Goldwing lah pilihannya. Tidak hanya perangkat Audio yang tersedia di motor gendut ini, tetapi juga pemanas jok, pemanas grip gas dan jok yang asoy.
Untuk mereka yang berkaki pendek tidak perlu kuatir membawa si bongsor. Honda melengkapinya dengan sok yang bisa dinaikturunkan secara elektronis. Sedangkan untuk urusan ngatret, tidak perlu panik, Goldwing punya gigi mundur kok! Soal harga, ini dia yang bikin saya sama sekali tidak minat. Goldwing adalah motor termahal dalam jajaran motor umum Honda saat ini. Goldwing gress bisa dimiliki mulai dari 28.300 Euro saja………. Artinya sekitar harga dua unit Yamaha R1 yang merupakan Superbike Jepang termahal tahun ini.
Foto: HP-Klassikku