Kalau dengar ABC, pasti pikiran kita sebagai orang Indonesia langsung melayang ke baterai, saos, sambel, kecap, sirup, mie instan dsbnya. Nah artikel kali ini mengangkat ABC yang sebenarnya hadir jauh lebih dulu dibandingkan kesemua barang konsumsi itu. ABC kali ini adalah sebuah sepeda motor tercanggih di zamannya, yakni tahun 1919!

Motor simple ini dijuluki yang paling canggih di zamannya dengan segala fitur yang ditawarkan. Doi sudah termasuk nyaman dikendarai, karena sudah menggunakan pegas di buritan dan di depan plus sadelnya. Jadi, boleh jadi ini motor paling nyaman saat itu.

Motor bermesin boxer ini dianggap sebagai perintisnya mesin boxer yang nantinya diproduksi BMW, yaitu baru pada tahun 1923. Bedanya, ABC masih menggunakan penerus daya rantai, sedangkan BMW menggunakan gardan.

Motor bemesin 398 cc ini termasuk kecil, tetapi dengan bobotnya yang hanya 110 Kg, doi memiliki power to weight ratio yang oke sehingga motor extra klassik dengan 4 tingkat percepatan ini bisa tembus 96 Km/jam.

Yang menarik dari motor yang pada tahun 1919 hingga 1924 diproduksi di Inggris dan kemudian dilanjutkan di Prancis ini adalah tebeng depannya. Doi memiliki engine bar yang dilapis plat sehingga mirip seperti motor bebek di Indonesia. Sama dengan fungsi sayapnya bebek, tebeng ini melindungi kaki pengendara dari cipratan air dan kotoran. Bedanya, karena bertulang, dari pipa besi pula, bisa melindungi kaki pengendara jika motor sampai terjatuh. Jika baterai terendam air, maka lampu akan menyala dan kapten akan berteriak-teriak minta tolong. Awak kabin dan segenap penumpang harap bersabar, berdoa sesuai keyakinan masing-masing dan menunggu perintah kapten selanjutnya. Lho kok jadi ngaco gini… oke Bro.. mo buka puasa dulu nih, jam 8 malem euy…

Sumber: Hugo Wilson: Motorräder, über 300 Klassikker