Jika Blog-blog tanah air mengangkat kemungkinan Honda memasukkan Honda PCX 125 untuk mengangkat dan memperbaiki image Honda dalam hal teknologi dan motor matic, maka blog sesat ini tersesat ke arah yang lain, yakni ke senjata termutakhir BMW: BMW Concept 6. Concept 6 sendiri yang mendadak nongol tanpa gosip-gosip sebelumnya berhasil menjadi primadona di ajang Milan Motorshow EICMA November lalu. Hmmm… belum usai heboh dengan BMW Lo Rider dan S 1000 RR, BMW langsung keluar jurus sakti lainnya, SADEEEEEEEZZZ!

Siapa yang tidak terpukau melihat otot dan teknologi yang ditawarkan. Desain ala cafe racer yang terbukti ampuh menyatukan bikers pencinta superbike modern dan motor klassik pun berhasil menjaring perhatian bikers berbagai aliran. Mesin 6 silinder yang sudah menjadi tradisi di BMW roda 4 berpindah ke BMW roda 2. Dengan teknologinya, mesin dibuat sangat minim getaran sehingga sangat cocok dengan konsep motor touring eksklusiv yang diusungnya. Mesin 6 silinder sejajar yang benar-benar gress dikembangkan BMW ini memiliki lebar yang masih setaraf dengan mesin 4 silinder sejajar! Bahkan dari segi bobot pun juga demikian!

Soal tenaga, jangan ditanya! Bisa saja BMW memberikan tenaga extra kuli pada motor ini, tetapi tentunya tenaga terlalu besar malah bisa makan tuannya sendiri. BMW merancang motor ini sangat bertenaga di putaran rendah dan tentunya membuat motor jadi mudah dikendarai dan mempunyai umur relatif lebih panjang. Pada rpm 2000, motor berkapasitas 1600 cc ini sudah menghasilkan tenaga 130 Nm! Tenaga maksimal juga dianggap sangat cukup untuk ukuran motor touring, yakni 170 PS. Memang soal tenaga masih bermain di kelas motor 1300 cc mereka sekarang, tetapi tenaga itu diraih dalam putaran mesin yang rendah, yakni kurang dari 9000 rpm, mantebsss toh, persis karakter mesin mobil… Ya, memang dasarnya seperti mesin mobil yang dipindahkan ke rangka motor berbahan logam ringan. Sumbu roda yang panjang menjamin stabilitas motor yang tampil sexy dengan lengan ayun tunggal ini! Hayooo, yang gila modif, kalau pro arm NSR SP dari segi harga kurang nampol, sikat tuh lengan ayun Concept 6 (ta jamin modiaaaaaaaarrr sampeyan…).

Para bikers yang ngiler-ngiler melihat sosok motor yang satu ini sepertinya tidak perlu menunggu lama. Tahun depan kabarnya motor ini bisa dipasarkan dan akan menggantikan BMW K 1200 LT yang dihentikan produksinya. Concept 6 nantinya diperkirakan dinamai K 1600 LT (Kode K digunakan untuk motor-motor BMW bermesin tegak-red). Concept 6 diprediksi nantinya ditawarkan dalam konsep touring luxus, sport touring dan juga power roadster (yang paling mirip dengan Concept 6 sekarang). Kita tunggu saja harganya! Melihat pesonanya yang extra memikat, gagah dan ekslusif, sepertinya motor ini juga akan mendarat di tanah air! Ki Gede Anue yang melakukan terawang gaib dengan yakin menyampaikan, pemiliknya pasti bukan Arie Slight!

Terawang Gaib by Ki Gede Anue

Sumber dan Foto:

http://www.focus.de/ (foto Hendrik von Kuenheim, si Bos BMW Roda Dua)