Mendengar bangkit kembalinya Kymco dengan nama Benson, saya merasa cukup senang sebab ada tambahan pilihan di pasar dan ada produk yang bisa menaikkan kualitas barang di pasaran secara tidak langsung. Mengapa kualitas bisa naik? Ya simpel saja, bukankah hadirnya sebuah produk bisa membawa dampak bagi produk kompetitornya?
Saya punya seorang Om yang dulunya bekerja di Kymco. Memang saya tidak terlalu dekat dengan Om yang satu ini. Waktu Lebaran 4 atau 5 tahun lalu dia bercerita dengan semangat, bahwa Kymco dan teknologi di pabriknya canggih! Si Om saya cerita dengan semangat. Saya sih dengerin aja, namanya juga dia bekerja di situ, ya kemungkinan besar omongan positif itu dikarenakan faktor dia senang bekerja di Kymco, bukan karena memang dia sudah membandingkan pabrik Kymco dengan pabrikan lain. Namun, kalau dilihat, memang produk Kymco saat itu cukup tampil beda, bahkan bebek Spyke saat itu menjadi bebek 4 tak pertama dengan suspensi Monoshock bukan? Sayang bentuknya yang nyeleneh dan nama Kymco yang belum sedahsyat pabrikan Jepang membuat motor ini tidak laris manis. Produk motor maticnya pun saat itu belum bisa menggoyang keperkasaan motor bebek, sayang….
Untuk pertama kalinya saya mengendarai Kymco sekitar akhir Desember lalu. Saat itu saya menemani teman saya yang mau menggebet mercy Tiger. Karena si Tiger Hitam terlalu boros, kami pakai saja motor yang sebenarnya dititipkan di rumah teman saya itu. Si pemilik yang bekerja di Australia memang sedang menaruh motor Kymconya di rumah teman saya. Kalau tidak salah motor exotis ini bernama Kymco Trend 125 SR Metica GLX (*thx to Bro Treeweeluu) . Sekitar jam 2 siang, kami pun berboncengan (total berat kami berdua=sekitar 160 Kg hehehe…) dari Pondok Cabe ke Daan Mogot, lumayan jauh lah, dan lewat trek Permata Hijau yang lumayan lengang dan bumpy. Sebelum naik motor, jujur saya meremehkan si silver:
-Bodi gambot, pasti tidak lincah..
-Motor non Jepang, powernya pasti alakadar, ngerung tinggi dan jalan di tempat..
-Velg ring kecil, pasti kerasa banget kalau lewat jalan rusak, pasti kurang sip meredam rusaknya permukaan jalan… Motor bakal sering mentok di polisi tidur..
Ternyata, setelah saya coba, ada beberapa hal yang saya temukan:
-soal power, ni motor asli asoy… digeber hingga 90 Km/jam, masih mau banget nambah, cuma teman saya yang tidak mau ngebut-ngebut, lagian, ni motor orang Bro… Soal akselerasi pun termasuk spontan, padahal saya dan teman saya termasuk gerombolan siberat! Tidak terpikir sebelumnya kalau Kymco punya tenaga yahud!
-Soal peredaman: ternyata ban ring kecil benar-benar bukan kelemahan! Entah bagaimana, sempat motor terpaksa menerabas lubang di kecepatan tinggi maupun rendah: rasanya kaya naik Mercedes! Asli saya bingung sendiri merasakan ampuhnya redaman si Kymco. Mungkin ban gendutnya sanggup meredam permukaan jalan yang sedikit rusak, tetapi untuk lubang yang sebesar tampah, ini pasti karena kelihaian suspensi dan rangkanya!
-Meskipun ini motor sudah berumur, tidak terdengar bunyi bodi plastik bergetar layaknya yang timbul di motor-motor bebek negara matahari terbit! Singkatnya, soal kenyamanan okeh! Jok, suspensi dan rangka menawarkan kenyamanan berkendara yang prima.
-Soal tampang: kurang oke sih menurut selera saya, tapi exotis! Serasa naik motor CBU!
Kekurangannya:
-lampu depan cukup terang, tetapi terlalu fokus ke tengah, pinggiran jalan kurang dapat penyinaran.
-Bodi terlalu gambot. Sebenarnya di bagian depan dan buritan tidak terlalu bermasalah, tetapi di dek bawah sebaiknya sedikit dibuat lebih ramping agar lebih mudah saat harus menurunkan kaki di tengah padatnya lalu lintas.
-Kurang cocok berkendara di kemacetan, ya karena bodinya yang terlalu besar itu… padahal secara handling cukup lincah!
Petuah Gaib untuk Benson:
1. Jaring sebanyak mungkin calon korban untuk test ride! Masih banyak orang yang skeptis dan memandang remeh Kymco a.k.a Benson! Persilahkan mereka melewati jalan yang justru agak hancur!
2. Lebih perhatikan selera konsumen! Kalau sulit mengubah-ubah desain, minimal dikejar dari pengecatannya! Soal harga tinggi tidak perlu khawatir, justru tunjukkan, kalau harga mahal itu setimpal dengan kualitas dan kepuasan berkendara. Jadikan harga tinggi sebagai senjata, gunakan istilah “berkelas” atau “ekslusif” untuk meracuni calon korban. Bukankah mereka akan sangat tertarik jika dengan dana 20 jutaan bisa dianggap membeli motor dengan alasan “prestise”?
3. Perkuat hubungan dengan konsumen! Asuh komunitas! Merekalah yang nantinya secara tidak langsung menjadi jajaran “Public Relations” yang paling “beracun”. “Racuni” calon korban dengan kata “lifestyle”. Tahukah Bro, bagaimana VW kodok bisa merangsek ke pasar Amerika Serikat padahal mereka menawarkan mobil dengan teknologi biasa saja dan tenaga yang jauh di bawah mobil-mobil AS sendiri? Yup, “lifestyle” lah yang dijadikan slogan tim marketing VW Amerika Serikat saat itu!
Petuah Gaib by Ki Gede Anue
Foto: HP-Klassikku
46 komentar
Comments feed for this article
29 Maret 2010 pada 1:21 pm
jomblo ati
yesss… pertamaxx….
*komen ke 100 kah..??
29 Maret 2010 pada 1:53 pm
arie sesat
wah tau dari mana ke 100? ane aja ga tau hihihi…(kalo ane ga tau belom tentu orang lain ga tau lho…)
29 Maret 2010 pada 1:36 pm
jomblo ati
hehe… maaf ya om..
saya ndak punya kymco sih, cuma pengguna kymco setelah kymco bubar pada pusing mikirin sparepart gak yah? 🙂
mengapa ganti nama jadi benson? apakah terkait oleh “lepas tanggung jawab” dari after sales service pengguna kymco yang sebelumnya?
kalo motornya sih asik lah, dulu sempat beberapa bulan di bali kerja dan pake motor kymco easy 100. selain motornya asik, jaman dulu fiturnya udah asik. isi bensin dari depan, parking lock, bagasi dll.
29 Maret 2010 pada 2:00 pm
arie sesat
hmm betul juga ente Om..kayanya sih begitu, jadi kan otomatis lepas yah dari tanggung jawab soal onderdil…
katanya sih susah, tapi banyak yang bisa disubstitusi ya..
kalo ane pikir, mestinya mereka nyediain juga tuh buat parts buat motor2 dulu, sehr gut lah buat Kundenbindung…
ane lihat disini yang penting itu penggalakan komunitasnya, jadi ada komunikasi lancar antara produsen sama konsumen.. terus si club bisa memasyarakatkan juga kan komponen2 apa yang bisa disubstitusi terus bisa jadi malah bisnis jadi bengkel spesialis matic Benson n Kymco..jadi si produsennya itu ga jalan sendirian kan, hemat tenaga tuh.. (sotoyberat.de)
18 Desember 2012 pada 7:29 pm
suhaidy
bagi pemilik motor kymco….saya anjurkan ke bengkel aci motor , ini telp nya 021-6309868 …. montir ko Aci ini dulu pernah buka bengkel di taiwan…jadi soal motor matic made in taiwan..dia cukup lihai … onderdil dia bisa sediakan … dengan harga lumayan terjangkau
19 Desember 2012 pada 4:39 pm
arieslight
tulis saja alamatnya bro, jadi gampang kalau ada yang mau lirik2 dulu..
29 Maret 2010 pada 2:52 pm
Stevan
Podium habis
30 Maret 2010 pada 3:11 pm
arieslight
gi dah abisin, gratis ini xixixi…
29 Maret 2010 pada 2:53 pm
nadi
Peredaman sempurna karena duo ridernya airbag semua
*tiru-tiru sesat*
31 Maret 2010 pada 6:51 am
arie sesat
jangan ngiri dong ah, ijk aja mo copot nih peranti mutakhir, ga cocok dengan iklim tanah air…tapi apa daya, yang tersaji dari wajan membatalkan semua rencana huhuhu…
29 Maret 2010 pada 3:01 pm
Stevan
Wuih, petuah gaibnya mantab bener Bro.. Semoga orang marketing Benson pada baca 😀
Ijk sih suka sama model yg Like 😛
31 Maret 2010 pada 6:52 am
arie sesat
thx Bro.. ijk like Like too..tapi kayanya masih kurang maksimal yah desain2nya..tapi untuk ukuran Kymco, okelah kalo beg beg begitu…
29 Maret 2010 pada 6:36 pm
SkyrideR
Pingin jg.. dulu sempat naksir grand dink. ealah ng kesampaian.. akhirnya skywave deh..
31 Maret 2010 pada 6:54 am
arie sesat
kenapa ga jadi Bro? takut disamperin nenek grandong ya hihihi….
desainnya aneh bgt, tapi mesin 250 cc bisa menutupi itu lah…
29 Maret 2010 pada 6:44 pm
Maskur on Hati-hati Dengan Lampu Rem Anda
KOment ke 8..
menurut stastistik
sayang dulu KYMCO tidak mbikin bebek berbody keren, aneh semua, agak SUpra wannabe
31 Maret 2010 pada 6:55 am
arie sesat
waduh, statistik mana lagi nih?
wah ane yang ngeh cuma kymco spike, yang lainnya ijk lufaaaa….
29 Maret 2010 pada 6:52 pm
asmarantaka
nah besok pas lebaran minta maaf sama si om coz udah meremehkan ceritanya…..sekalian minta angpau….xixiixixixiixixi
31 Maret 2010 pada 6:57 am
arie sesat
ente gimana sih bilang besok lebaran? jelas2 lebaran masih setengah taon lagi…
kabooooooorrrrr….jangan ngejer pake satria 2 tak, percuma aja…(kabur naik helikopter)
31 Maret 2010 pada 12:42 pm
asmarantaka
wah kejarrr…….pake BMW R 27…..xixxixiixixixiixixi
29 Maret 2010 pada 10:20 pm
lekdjie
sekedar info,masih ada beberapa karyawan kymco yg terus berjuang menuntut kesejahteraan yg belum terbayarkan-sampai2 bikin tenda darurat+tambal ban segala di bekas pt nya itu,ada jg yg membuat kotak amal,mencari sumbangan kepada pengendara yg lewat di depan pt nya itu!dulu mau ak jepret,tapi ga keliatan..mau ndeket tapi ga enak..eh,kok sekarang malah muncul nama benson ya?
31 Maret 2010 pada 6:58 am
arie sesat
waduh..samperin dong dab…liput…inilah saat yang tepat bagi blog semprul untuk selangkah lebih sesat!
30 Maret 2010 pada 5:40 am
nunoe
nyaman dan empuk!!bener..
dulu pertama belajar motor matic pake kymco..tapi hampir nabrak sapi
setuju sama ki gede anue, ni motor bodinya bantet..bunder tapi pendek..itu yg bikin ilpil..coba pas masih berdiri, kymco ngeluarin yg like ato downtown..pasti mantab deh..
terakhir nyobain easy punya temen yg depan belakang pake tromol..bablas terus 😀
31 Maret 2010 pada 7:01 am
arie sesat
ya..desainnya aneh aja… ga customer oriented ya, itu sebenernya kelemahan besarnya, coba kalo dari segi desain bisa ngimbangin desain “pilihan” Minerva, lain cerita tuh…
30 Maret 2010 pada 6:43 am
aeroslim
lekdjie sering lewat EJIP ya?bener tuh kasian bngt kryawan2 kymco…
31 Maret 2010 pada 9:11 am
arie sesat
wow, ajiiiiiippp ajiiippp.. eh apa itu ejip? maklum, kura2 dalam tanki, jarang kemana2 huhuhu
30 Maret 2010 pada 7:36 am
blognyamitra
Betul, nih motor cukup kenceng…..
31 Maret 2010 pada 9:12 am
arie sesat
wah, jangan2 Vixion Bro Mitra kesalip juga nih hihihi…
30 Maret 2010 pada 8:47 am
treeweeluu
Cuma mau komen fotonya aja, yg di foto itu kymco metica GLX, bukan trendSR 😀
31 Maret 2010 pada 9:14 am
arie sesat
danke Bro..ane dah cek, ente benar…. yang Trend mirip belakangnya aja yah, tapi depannya lebih monyong…maklum, kemaren ngebuntutinnya juga dari belakang, ga sempet lihat depannya..
30 Maret 2010 pada 10:09 am
pursandi
Pengen ngincer kymco Trend SR jg neh…:)
31 Maret 2010 pada 9:16 am
arie sesat
wah, yang punya Kymo Trend, waspadalah…waspadalah…. Bro Pursandi dah ngincer motor ente, di tangan kanannya ada kunci T hiiiihihihihi….
piss ah…
kaboooooooooorrrrrrrrrrr
31 Maret 2010 pada 6:16 am
apdri
semalem baru disalip kymco pas tanjakan…
kayaknya memang halus & bertenaga…
31 Maret 2010 pada 9:23 am
arie sesat
disalip saat nanjak di kecepatan 80 km/h kan Bro….pasti tuh Kymco lagi melesat hingga 140 km/jam deh
(salesbenson.de)
hihihihi……..
31 Maret 2010 pada 8:50 am
kilaubiru
kymco [juga] sempat kuanggap remeh…
*copypastejudul.com
31 Maret 2010 pada 9:26 am
arie sesat
wadow…ngopypaste kok dari blog gurem, ntar ente ketularan gurem lho hihihi…belom lagi kalo ketularan sesat, ntar si kuning bisa protes lho…
btw, next artikel di warung pink:
Kymco sempat kucabuli…xixixi
31 Maret 2010 pada 1:51 pm
speedy
wah mau klarifikasi dikit bro, justru Benson hadir itu karena banyak konsumen setia kymco yg kecewa dengan kinerja ATPM-nya, (kenapa namanya Benson? karena merek kymco secara resmi masih milik atpm KLMI), justru PT. BPM (Benson Power Mobility) selaku importir kymco merek Benson adalah salah satu importir part kymco tipe lama (keluaran KLMI) selain PT Dunia Raya.
saran saya: yang belum pernah naik kymco jangan naik kymco dech, udah motornya aneh, bantet dll (seperti yang rata-rata temen-temen bilang)
tapi kira-kira klo benson super 8 masih aneh, bantet, kelebaran dll gak ya?
31 Maret 2010 pada 2:35 pm
arie sesat
hmmm thx infonya Bro..ngerti bgt nih soal benson n kymco…
kalo kesan ane sih performa n kenyamanan oke, cuma ya itu, desainnya yang kadang bikin ilfeel duluan…
yang benson sekarang dah mendingan sih secara desain, tapi kalo diperhatiin lagi, masih kurang sreg juga kayanya ama selera sini…
kaya cewe aja deh, kalo jadi temen, bisa semua..
tapi kalo jadi pacar, minimal di awal jumpa ada kesan: ” boleh nih…ga malu2in nih diajak kondangan”
31 Maret 2010 pada 4:22 pm
Shark
wow apalagi klo naik yang trens sr bro… mo ngajak balap? hayyo aja…
7 April 2010 pada 2:49 pm
arie sesat
hmmm lebih dahsyat kah? yang pasti sih lebih monyong tuh depannya haha.. ada2 aja desainnya ya…
3 April 2010 pada 4:37 pm
Jerry
Dari nama besar KYMCO berubah BENSON kalimat benson kayaknya ga ada unsur taiwannya,lah trus pabriknya dimana bro apa
masih dilippo.
7 April 2010 pada 2:50 pm
arie sesat
ga tau bro..tapi katanya sih masih ngimpor bulet2…biar bisa dibilang CBU..
enaknya sih kalo yang di lippo terus produksi onderdilnya ya..sukur2 bisa bangkit sendiri or jadi mandiri
6 April 2010 pada 11:06 am
hadi
pernah denger konon katanya desain mesin kymco ini banyak yg dibeli oleh honda jd sebenarnya kymco adalah cikal bakal honda….ntah bener atau ga…..tp yg jelas kwalitasnya memang bagus…….sayang aja pabriknya bubar.
7 April 2010 pada 2:54 pm
arie sesat
hmm ane juga denger2 Bro..tapi emang mereka awalnya banyak diajarin Honda…
kalo ane lihat, mereka kolaps lebih bukan karena faktor kualitas barang, tapi marketingnya gagal!
kan marketing bukan pemasaran doang lho, tapi mulai dari:
-bidik konsumen dan nentuin produk yang cocok (secara mesin or design)
-nentuin penyediaan bahan baku n distribusi
-produksinya sendiri plus quality control
-pemasaran dan usaha mengikat konsumen
-dan masih banyak lagi..
nah yang terakhir ane sebutin itu aja kayanya ga oke, ya susah lah berkembang…
10 Mei 2010 pada 8:28 pm
onderdil-mobil.com
Selamat Datang di Yabes Motor,
Kami menyediakan berbagai spare part mobil dan accesoris
11 Mei 2010 pada 5:14 pm
Saga Kiyoshi
Hahaha, denger2 sih dari blok mas ta*fik, kymco itu peancang mesin2 honda cbr.. atau cb..
Maklum lah kalau tenaga yahud, wkwkwk
28 Maret 2011 pada 9:50 pm
bin Assant
memang kymco termasuk salah satu pioneer di mesin jetmatic, kalau gak salah tahun 63 ya..? nah Honda mengakuisisi kymco tahun 80-an. nah sejak itu terjadi alih teknologi, dan kabarnya emang benar bro, mesin honda tiger itu didesign/diproduksi kymco…. cmiwww
honda sendiri tidak masuk ke kelas matic dibawah 250cc di Indo, tapi belakangan karena Yamaha masuk dengan mio dan sukses berat, mana mau sih kuenya keambil.. jadilah menghajar anak perusahaan sendiri dengan produk vario, beat, scoopy, dan terakhir PCX. semua dibawah 250cc bro…. lagi juga AHM gak ada hubungan sih dengan Kymco Corporation yang notabene dimiliki Honda Corporation…
btw creammy like bener2 yummy.. naksir sih..