Ki Gede Anue yang sudah lama tidak nongol di layar dunia maya mendadak menghubungi pihak redaksi blog sesat. Pria aneh ini tampaknya memahami perasaan para produsen motor yang tidak sekaliber produsen Jepang yang sanggup melakukan aksi marketing yang didukung dana yang besar. Para produsen kecil (dalam bahasa Jepangnya: Mashikere) tentunya bisa bebek belur dompetnya kalau mengikuti langkah marketing YMKI yang mensponsori pembuatan film bertaraf nasional dan dibintangi aktor-aktor tenar yang punya tuntutan upah tinggi (Kagamurah-red).

Ki Gede Anue berusaha menghibur para produsen Mashikere… menurutnya, bukan budget besar yang menentukan di sini, tetapi keefektifan strategi! Pertanyaannya, apakah film bioskop bisa memiliki daya jangkau yang luas? Lalu, apakah di filmnya itu sendiri motor si sponsor ditunjukkan tampil superior ataupun ditampilkan dahsyat layaknya langkah product placement Triumph di film MI:2 yang dibintangi Tom Cruise? Kalau cuma nongol biasa aja sih ya kaga ngepek! Rugi namanya, kalau dalam trik product placement, produknya sendiri tidak ditampilkan “wah”! Apalagi daya sebar film bioskop yang relatif terbatas dan tidak menjangkau masyarakat luas, celakanya lagi kalau target marketingnya sendiri malah tidak terjangkau!

Ki Gede Anue tidak hanya melempar wacana, doi juga memberikan solusi gaib: incar para produsen dan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan sinetron! Silahkan adakan pendekatan dengan orang-orang properti, karena mereka yang menyediakan kendaraan-kendaraan yang dipakai syuting! Pendekatan dengan cara ini tidak perlu dana besar, dijamin gak bebek belur! Syukur-syukurnya lagi kalau sinetron yang diproduksi digemari dan muncul di prime time! Syukur-syukur lagi kalau iklan cuplikan sinetron yang berkali-kali dimunculkan bisa memuat produk yang ingin “numpang lewat” itu! Lebih mantebs lagi kalau si Produsen bisa merayu tim pembuat sinetron, agar produk mereka bisa nongol selalu di tipa sinetron itu tayang, yakni dengan muncul di opening creditsnya! Apa ga kaya cuci otak tuh kalau kita melihat gambar yang itu-itu terus di sinetron yang tayang nyaris tiap hari?????? Cara ini terbukti di bidang musik kan…banyak kan grup band yang langsung melejit, karena lagu mereka digunakan sebagai theme song dan selalu dikumandangkan mengiringi opening credits sebuah sinetron?

Ki Gede Anue menunjuk Honda Win sebagai salah satu motor yang sukses melalui product placement di sinetron Si Doel Anak Sekolahan! Bayangkan, tuh motor masih aja famous kan? Tidak terlepas memang dari kualitasnya, tetapi image yang ditampilkan di Sinetron yang dalam dunia gaib blog sesat dinominasikan sebagai sinetron terbeken sepanjang sejarah persinetronan Indonesia ini sangat membantu dalam pemasaran Honda Win. Sampai saat ini pun motor ini sangat diburu!

Minggu lalu, seorang teman yang sudah jadi juragan bermaksud memboyong Honda Win untuk alat ngider-ngider anak buahnya di sebuah perkebunan seluas 12 hektar. (Doi sendiri bukan anak motor dan bisa dibilang minim mengenal dunia motor, tapi di kepalanya ada satu nama: Honda Win!).Begitu ada iklan langsung disamperin oleh supir yang dia utus. Laporan supirnya: ludes! Bahkan ada yang menjual 4,9 juta, dan tidak bisa turun sepeser pun. Bagaimana mau turun, wong yang ngelihat ngantri!

Saran Gaib by Ki Gede Anue

Ni ada blog yang bahas Honda Win:

http://hondawin100.blogspot.com/2009/09/honda-win-100-cc.html