Weekend kemarin, salah seorang wartawan blog sesat berkesempatan mencicipi performa FZR 600. Moge tahun 90an awal bagi segenap karyawan kami merupakan moge favorit, mungkin karena di saat itulah para karyawan blog sesat mulai doyan motor.

Motor yang dikunjungi merupakan motor simpanan, kondisinya bisa dibilang sangat baik. Tahun pembuatan tepatnya tidak diketahui, tetapi saya perkirakan tahun 1992 kebawah (maklum, tanpa surat). Semua body masih mulus, mesin masih sangat halus, suspensi bekerja sempurna dan tidak ada bocor oli sedikitpun! Tidak heran juga sih, wong baru 13000 km-an… Motor memang bisa dibilang sangat menggiurkan, semuanya original, hanya knalpot saja yang sudah memakai Yoshimura.

Saat pertama menyalakan motor lumayan sulit, tidak mau dengan starter listrik, digas, ataupun dichoke, maklum, cukup lama bertapa. Selain itu, aki pun sudah lemah, dan utusan blog sesat lupa bawa aki. Merasa penasaran berat, akhirnya motorpun didorong daaaaann..hidup!!!!!!!!!!!

Raungan mesin in line 4 silinder bertenaga hampir 90 PS terdengar begitu lembut saat stasioner, memang moge-moge Yamaha bisa dibilang memiliki suara yang paling halus. Baru saat digas knalpot Yoshimura unjuk congor, itupun tetap merdu di telinga.

Soal tarikan, yah lumayan lah, masih sama dengan Tiger Hitam saya saat lagi ganas-ganasnya. Namun, itu di kecepatan rendah saja lho. Motor ini bisa dibilang cocok bagi pemula, gasnya lembut dan mudah dikontrol. Posisi duduk pun beda tipis dengan si Tiger hitam. FZR memang boleh dibilang rider friendly, baru naik langsung merasa akrab dan tidak ragu. Hanya saja, sebagaimana moge simpanan (yang sudah lamaaaa disimpan)lainnya, rem depan seakan tidak bekerja. Untung rem belakang masih bisa bekerja maksimal mengawal ban bertapak 160. Posisi duduk yang nyaman dan cocok dengan tinggi badan 170an memang sudah jadi point plus untuk dipakai sehari-hari, tetapi sudut putar motor ini sangat minim (apakah karena pembalap suka yang minim???). Untuk berputar di jalan yang muat dua mobil, motor masih harus maju mundur hingga 3 kali! Gak banget deh buat macet dan nyelip-nyelip di hehutanan kendaraan ibu kota.

Soal tampang, memang motor ini sangat membuat para karyawan blog sesat ngiler dan menangis sambil garuk-garuk tanah. Namun, begitu mendengar harga yang ditawarkan, kami langsung bisa manggut-manggut saja. Maklum 70 juta! Masalahnya tanpa surat, kalau ada, ya oke! Kalau buat simpenan saja dan memang sudah jatuh cinta, memang motor yang satu ini sangat ideal mengingat kondisinya yang sangat muyuuuuzzzzzzz…. Karyawan blog sesat pun hanya bisa berterimakasih atas kesempatannya dan sesantiasa berdoa, mudah-mudahan ada rezeki lebih buat meminang doi…. Lihat sendiri cantiknya pesona moge awal 90an:

Foto: HP-Klassikku

Iklan