DSC05414Besarnya populasi Thunder 125 di Indonesia sebenarnya bisa menjadi keuntungan bagi bikers yang membutuhkan motor yang berpenampilan klassik. Penampilan standard Thunder mini ini memang sudah beraroma jadul, tidak hanya sebatas bodi, spidometer, lampu dan velg saja, tetapi juga lengan ayun dan rangkanya yang cafe racer banget.

DSC05529Aroma dari masa lalu inilah yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pencinta motor batangan bergaya klassik, sebab dengan biaya sedikit-dikitnya bisa mendapatkan motor yang segaya-gayanya (prinsip ekonomi sesat style). Yang paling enak dalam memodifikasi Thunder 125 ini ya gaya cafe racer, sebab benar-benar si Thunder bisa menjadi Cafe racer dengan biaya yang minim. Langkah memilih gaya cafe racer bisa dibilang paling tepat karena:

1. Irit biaya! Bukan sebatas minimnya biaya penggantian komponen, tetapi juga lebih enak digunakan. Bandingkan dengan modifikasi ala MotoGP! Jumlah dana modifikasi untuk aliran MotoGP tentu jauh lebih besar, ban juga harus besar, otomatis biaya untuk bensin dan penggantian komponen juga lebih besar.

DSC055262. Tampil beda dengan gaya klassik! Ingat sekali lagi arti kata klassik: berkelas, tidak termakan zaman dan akan terus enak dilihat. Contohnya dalam dunia fashion ya setelan ala James Bond! Sampai kapan pun tetap oke, walaupun garis besar desainnya begitu-begitu saja!

4. Gaya Cafe racer dengan Thunder 125 tidak membuat pegal-pegal! Ya pendapat ini relatif sih, tetapi motor di foto ini masih lebih terjangkau setangnya dibandingkan dengan Tiger hitam saya, padahal si Thunder diturunkan sekitar 4 cm suspensi depannya, sedangkan Tiger hitam saya tetap standard. Sepertinya ini dikarenakan tanki Thunder 125 yang lebih pendek plus bobot motor yang lebih ringan. Artinya, meskipun bentuknya cafe racer, kenyamanannya tidak terlalu terganggu. Di sisi kaki-kaki, Bro bisa tetap pakai velg dan ban standard, malah bisa ganti dengan yang berprofil lebih tipis: motor semakin lincah, ringan dan irit bensin, tetapi perhatikan juga, grip dan kenyamanan akan berkurang.

DSC05528Biaya Modifikasi Thunder 125 Cafe Racer

Soal modifikasi bagus yang didukung dengan dana besar, itu mah gampang… Nah, modifikasi Thunder 125 ini akan memberikan gambaran biaya modifikasi yang efektif, alias iritnya dapet, gayanya juga dapet! Berikut ini rincian biayanya:

-Modifikasi jok (tetap enak buat pembonceng lho) : 60 ribu (asal bukan di bengkel Harley)

-Cutting sticker Tanki dan keduaย tutup samping: 50 ribu dan 15 ribu

-stang jepit: 80 ribu (bukan yang paling murah, tapi lulus test lho…)

-spion sepasang: 33 ribu (nawar turunnya 2 ribu doang…)

-spatbor Honda GL 100: 95 ribu (Ini mujarab bro, anti pecah!)

-Lampu sein depan sepasang: 55 ribu

-tachometer: 50 ribu

Total: 438 ribu

hasilnya oke kan…

Foto: HP-Klassikku

Iklan