Besarnya populasi Thunder 125 di Indonesia sebenarnya bisa menjadi keuntungan bagi bikers yang membutuhkan motor yang berpenampilan klassik. Penampilan standard Thunder mini ini memang sudah beraroma jadul, tidak hanya sebatas bodi, spidometer, lampu dan velg saja, tetapi juga lengan ayun dan rangkanya yang cafe racer banget.
Aroma dari masa lalu inilah yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pencinta motor batangan bergaya klassik, sebab dengan biaya sedikit-dikitnya bisa mendapatkan motor yang segaya-gayanya (prinsip ekonomi sesat style). Yang paling enak dalam memodifikasi Thunder 125 ini ya gaya cafe racer, sebab benar-benar si Thunder bisa menjadi Cafe racer dengan biaya yang minim. Langkah memilih gaya cafe racer bisa dibilang paling tepat karena:
1. Irit biaya! Bukan sebatas minimnya biaya penggantian komponen, tetapi juga lebih enak digunakan. Bandingkan dengan modifikasi ala MotoGP! Jumlah dana modifikasi untuk aliran MotoGP tentu jauh lebih besar, ban juga harus besar, otomatis biaya untuk bensin dan penggantian komponen juga lebih besar.
2. Tampil beda dengan gaya klassik! Ingat sekali lagi arti kata klassik: berkelas, tidak termakan zaman dan akan terus enak dilihat. Contohnya dalam dunia fashion ya setelan ala James Bond! Sampai kapan pun tetap oke, walaupun garis besar desainnya begitu-begitu saja!
4. Gaya Cafe racer dengan Thunder 125 tidak membuat pegal-pegal! Ya pendapat ini relatif sih, tetapi motor di foto ini masih lebih terjangkau setangnya dibandingkan dengan Tiger hitam saya, padahal si Thunder diturunkan sekitar 4 cm suspensi depannya, sedangkan Tiger hitam saya tetap standard. Sepertinya ini dikarenakan tanki Thunder 125 yang lebih pendek plus bobot motor yang lebih ringan. Artinya, meskipun bentuknya cafe racer, kenyamanannya tidak terlalu terganggu. Di sisi kaki-kaki, Bro bisa tetap pakai velg dan ban standard, malah bisa ganti dengan yang berprofil lebih tipis: motor semakin lincah, ringan dan irit bensin, tetapi perhatikan juga, grip dan kenyamanan akan berkurang.
Biaya Modifikasi Thunder 125 Cafe Racer
Soal modifikasi bagus yang didukung dengan dana besar, itu mah gampang… Nah, modifikasi Thunder 125 ini akan memberikan gambaran biaya modifikasi yang efektif, alias iritnya dapet, gayanya juga dapet! Berikut ini rincian biayanya:
-Modifikasi jok (tetap enak buat pembonceng lho) : 60 ribu (asal bukan di bengkel Harley)
-Cutting sticker Tanki dan kedua tutup samping: 50 ribu dan 15 ribu
-stang jepit: 80 ribu (bukan yang paling murah, tapi lulus test lho…)
-spion sepasang: 33 ribu (nawar turunnya 2 ribu doang…)
-spatbor Honda GL 100: 95 ribu (Ini mujarab bro, anti pecah!)
-Lampu sein depan sepasang: 55 ribu
-tachometer: 50 ribu
Total: 438 ribu
hasilnya oke kan…
Foto: HP-Klassikku
62 komentar
Comments feed for this article
15 Juni 2010 pada 4:13 pm
Legenda Rider
pertamax dl
18 Juni 2010 pada 1:14 pm
arieslight
ambil dah..
15 Juni 2010 pada 4:14 pm
one08
thunder siapa nih bro? kebetulan saya juga punya di rumah. tapi masih full standar… rasanya sayang kalo diobok-obok 😥
18 Juni 2010 pada 1:16 pm
arieslight
ini thunder juga gampang banget balik ke standard Bro, tinggal copot2in cutting sticker n pasang kembali peranti standard, cuma joknya aja yang brubah, itu juga tinggal dipapas n ganti kulit, kalo disini sih ongkosnya 30 ribu.
15 Juni 2010 pada 7:14 pm
848dream
Ngikut gaya bro mercon agh…
http://mimpi848.wordpress.com/info-pemenang/ 🙄
Promosi Link
18 Juni 2010 pada 1:22 pm
arieslight
silahken, tidak dipungut biaya promosi…
15 Juni 2010 pada 9:40 pm
Maskur
wah iya yah?gitu doang udah jadi pembalap warung (kafe racer). Boljug.
Btw sekarang pasaran second ni motor berapa ya?
16 Juni 2010 pada 5:33 pm
nadi
Prikitiwi Maskur terangsang Kyai Petir
18 Juni 2010 pada 1:18 pm
arieslight
wadow, pake kata terangsang….awas, banyak alay nyasar hihihi…
18 Juni 2010 pada 1:17 pm
arieslight
pasaran,hmmm 5 juta juga dah dapet lah yang belom dobel starter.. kalo yang tahun 2005an katanya sih 7 jutaan juga bisa dapet, jatoh harganya..keloyoan kali ya…
16 Juni 2010 pada 4:34 am
zaqlutv
kayaknya paklek maskur lagi nyari motor batangan nih:
maren naksir apache skrg nyari pasaran 2nd si gledek..
Paklek, pake bandit ae. santai yo gelem, touring yo iso, ngacir juga iso… 😉
18 Juni 2010 pada 1:20 pm
arieslight
thunder 250 10 juta juga dapet, pada takut perawatannya…
wah palagi ngerawat bandit….yang penting suzuki dirawat kelistrikannya..mesin sih tahan banting..
16 Juni 2010 pada 5:57 am
esemelekete
fotonya kecil2… ra enak di delok..
18 Juni 2010 pada 1:20 pm
arieslight
tinggal diklick aje bro..
16 Juni 2010 pada 5:58 am
nunoe
whoo…
i like it 😀
emang ni Thunder 125 cocok pake gaya klassik, coz basisnya emang udah kayak motor klassik..lebih mantaf lagi kalo pake tanki motor jadul juga 😀
18 Juni 2010 pada 1:38 pm
arieslight
wah, kudu ada 500 ribu lagi minimal…lagian tanki asli masih masuk kok bro…malah kaya duc monster..asik kali yah kalo ambil thunder warna merah atau kuning dibikin beginian, mesinnya pake paket bore up 150 cc, harganya 1,4 juta, terus korek karbu n pake koil racing..cukup lah buat nguber tiger..
16 Juni 2010 pada 11:20 am
raider 125 - obiezone
dimodif jap style aj mas.. tp mesin e kurang gahar…
18 Juni 2010 pada 1:28 pm
arieslight
kebanyakan ubahan Bro, sayang…tapi kalo dah selera, ya sikat lah hihihi…
19 Januari 2011 pada 12:19 pm
hantu motor
Siapa bilang mesin thunder 125 standar kurang gahar ? coba deh samperin blog yang ini pasti ga akan bilang thunder kurang gahar lagi.
http:/rahasiathunder125.wordpress.com
enak kok ga pake duit banyak untuk merubahnya tinggal modal lem castol doang jadi dah thunder enak.
16 Juni 2010 pada 12:37 pm
asmarantaka
wih Thundernya keren…dimodif cafe racer….coba kalo dijadiin jap’s style……keren tuh
18 Juni 2010 pada 1:29 pm
arieslight
fans racing lebih doyan cafe racer bro..lebih sembalapsssssss
16 Juni 2010 pada 12:38 pm
apdri
spatbor belakangnya kok ga diganti yg krom juga… 🙂
18 Juni 2010 pada 1:29 pm
arieslight
sayang bro, masih bagus, ntar mungkin tiger hitam aja yang digituin
16 Juni 2010 pada 12:48 pm
sandal jepit
foto plg atas setelah digedein, jadi ketahuan deh yg ambil foto gak pakai sandal
18 Juni 2010 pada 1:31 pm
arieslight
wah, nggak bisa liat sendal jepit nganggur nih hihihi..ya bro, foto2 nggak pake sendal emang nggak safety hihihi..
16 Juni 2010 pada 2:02 pm
arieprawira
sip modifikasinya tetep terlihat sangar.
http://ceritanovel.wordpress.com/
18 Juni 2010 pada 1:32 pm
arieslight
weisss…ada pemilik blog dengan pertumbuhan paling cepat heheh…yang penting modif itu tetep fungsional dan irit bro…maklum,masih orang susah tapi pengen gaya hihihi…
16 Juni 2010 pada 2:14 pm
bukan jomblo lagi
sek ta laah…
dari nomer 1 terus 2 moro-moro langsung 4?
lha yang nomer 3 nya dikorupsi nang ndi lee…???
18 Juni 2010 pada 1:33 pm
arieslight
hehe..hanya akuntan yang terbukti teliti…
hmm, yang ketiganya kami serahkan kepada markus demi kelancaran hihihi
17 Juni 2010 pada 2:40 am
lekdjie
mbah dukun no.2,tako 50 rb itu yg pake kabel ke mesin ato ngambil listrik dari koilnya mbah?
18 Juni 2010 pada 1:34 pm
arieslight
Sebentar ya Bro…
*celingak celinguk mencari mbah dukun yang dimaksud…
17 Juni 2010 pada 4:27 am
jin galon
Pake spion thunder 250 lebih cakep kayaknya bro..
Tapi harganya kalo beli baru lebih mahal dari total biaya modif diatas.. Hahahahaha..
Ato gak yang mirip2 banyak kayaknya di bonjer..
18 Juni 2010 pada 1:36 pm
arieslight
ogah Bro, nggak cocok di kantong hihihi..lagian sayang barang, yah kecuali parkiran kantor aman..ane sen tiger sebelah belakang aja dah pada ancur kanan-kiri gara2 parkiran huhuhu…
modif follows dompet lah…
3 Desember 2010 pada 4:34 pm
luzha
mending dibuat simple ajah ring 17 pke velg sidi ban tipis kya thunder gw imoet plus cakram belakang speedometer dicopot spatbor depan ganti puna mx karbu ganti king stang ninja
3 Desember 2010 pada 8:14 pm
arieslight
keren Bro..dan cocok buat ngebut..ane tiger mau digituin juga, tapi masih mikir2 dulu….
13 Desember 2010 pada 6:52 pm
MR.BLANK
Buat para thunderiz mania semua insya ALLAH diakhir tahun 2010 nanti saya akan membuat blog baru /website baru yang akan mengupas semua rahasia dari Motor Suzuki Thunder 125.Saya jamin brothers semuanya bakal kaget dengan apa yang akan saya paparkan nanti karena semua saya buat berdasarkan pengalaman serta riset dan pengumpulan data yang akurat.Nanti anda akan mengetahui bagaimana hebatnya motor brother semua.termasuk bagaimana menaikkan power motor standar dengan hanya bermodal lem doang.dan so pasti ga perlu takut lagi ama gunung,maupun memakai ban tapak lebar apa lagi motor yang cuma sekelas vixi oon ( vixion ),Sapi Kondom ( byson ) maupun megi pro meski mereka ber cc lebih besar dari thundie.Ingat bro,cc besar dan tenaga besar tidak menjamin motor tersebut dapat berlari kencang.tunggu tanggal mainnya dengan kata kunci RAHASIA SUZUKI THUNDER 125.SALAM THUNDIE.
9 Februari 2011 pada 8:08 am
prasetyo
Baru aja gw baca blog lu. Ga nyangka kalo thunder bisa di buat powerfull tapi dengan biaya murah(banget). jadi mohon petunjuknya buat kami para pengguna thundi.. Para sesepuh monggo di tambahken….
Di Tunggu..!!
9 Februari 2011 pada 8:11 am
prasetyo
Yang ud jual Thunder nangis…
23 Maret 2011 pada 6:12 pm
kade
mo tanya ni gan,,tpi moto thunder kog sering mati2 tanpa sebab…..itu knapa ya gan…………..
23 Agustus 2011 pada 7:08 pm
mochyuga
kalo joknya masih pake tulang aslinya kayanya kurang ajib bro, jadi kopong alias ada celah sama frame belakang. joknya bikin ulang aja.
rincian bikin jok :
modal beli pelat lembaran -> 18ribu
potong2 sendiri polanya, terus dilas ke tukang las karbit -> 15ribu
pasang busa & sarung jok yg simpel -> 50ribu
atau bisa juga bikin tutup buntut tawon, biaya kurang lebih sama tapi mahalnya di catnya, pake cat kaleng aja biar murah 😀
10 September 2011 pada 9:13 am
arieslight
memang bro, tapi di thunder 125 enaknya kabel nya nggak beleleran kaya di Tiger, jadi model begitu aja sudah oke.. kalau ditutup semua memang lebih rapih, tapi harus hati-hati juga, buntut tawonnya nggak boleh ketinggian, nanti jadi kegendutan hihihi
8 September 2011 pada 3:24 am
wendakalubis
Velgnya masih kurang cocok… pake yang spoke wheel lebih masuk!!!
10 September 2011 pada 9:12 am
arieslight
mestinya dari pabrikan nawarin yang spoke wheel.. kalo kita sendiri yang beli, mahal.. ini kan temanya modif hemat brader
27 Oktober 2011 pada 3:38 am
arif
klu mau modif kelistrikannya bs enga bro?, gw mau thunder 125 diganti mulai kabel body,spull,kiprok,dan cdi. pakai merk lain asalkan jngan SGP..(misalnya pake punya mega pro,atau sejenisnya) bisa enga bro…?
26 November 2011 pada 11:41 am
ipanase
josssssss lah
1 April 2013 pada 9:30 am
thomasrikowijaya
Mohon petunjuk supaya motor thunder 125 saya menjadi banterrr!
2 April 2013 pada 8:12 am
arieslight
main2 ke bengkel korek Bro.. kalo bore up yang paketan setau ane baru ada sekali yang nawarin, naik jadi 150 cc..
13 April 2013 pada 11:01 pm
kuncung
sini bawa kesay biar kupotong tu motor
18 April 2014 pada 5:25 am
Suripto
Thunder 125 ajiiib…..dah..:-)
19 April 2014 pada 7:36 am
arieslight
murah meriah Bro…
28 Juli 2014 pada 6:14 am
toko variasi motor
sambil Nyimak Numpang Promosi Gan Toko Aksesoris Motor Terima kasih.
25 Juni 2015 pada 8:06 am
daniel bible korua
Lur mohon infonya tempat bengkel yang bisa modif ini thunder 125 jadi caferacer berikut tempat jual sparepartnya didaerah jakarta selatan.
Yang pasti yang murah lur hehee
Makasihhh
25 Juni 2015 pada 8:35 am
arieslight
spare parts di bengkel-bengkel besar banyak Bro..justru di bengkel Suzukinya sendiri yang kadang susah. Modif sih bisa di mana aja.. tergantung mau level apa modifnya. Kalau mau kelas kontes ya ambil yang sudah tenar, kalau hanya untuk terlihat keren, alternatif banyak. Berburu parts jadul sekarang juga banyak. langganan ane sih di Ciganjur, Ryan motor/ pinding. Di situ parts CB2 buat modif paling murah
2 Agustus 2015 pada 1:53 pm
dennis
kalo under yoke musti buka segitiga atas dong. bisa diy apa suruh bengekl ?
7 Agustus 2015 pada 12:17 pm
arieslight
Kalo yang ribet2 suruh bengkel aja Bro.. kalau alat kita kurang memadai, takutnya malah sleg.. itung2 bagi rejeki hehe..
5 Desember 2015 pada 10:21 am
muhammad thoriq
kak body samping motor apa ya..yg pas buat thunder 2008
10 Desember 2015 pada 12:32 pm
arieslight
wah, selera itu Bro..kalau saya sih tetap pilih standar aja… pakai motor lain sering jatuhnya aneh
27 Desember 2015 pada 1:56 pm
yogi fardana
klo saya cuma modif jok ganti lampu depan fu spedometer gk usah klo uang tipis kaya saya heheh samping kasih sayap klo punya uang ganti kondom tangki klo mau nyanya visit blogku yogifardana.pun.bz
27 Desember 2015 pada 2:03 pm
yogi fardana
tambah setang jepit cutting stiker biar keliatan gagah
30 Desember 2015 pada 11:28 am
arieslight
Yang penting kita nyaman dengan motor sendiri Bro..
17 April 2018 pada 5:27 pm
suryadewa
Stang cepit yang cocok buat thunder apa ya gan??
18 April 2018 pada 12:57 am
arieslight
maaf ga bisa jawab Bro..setang jepit variasi aja, lupa merknya..sok depan thunder kecil, setaranya sama GL100 dan Honda Win..