Buat para bikers yang sering bergentayangan di dunia gaib maya, sosok Yamaha Byson bukanlah sosok yang asing dan tidak sedikit juga yang sudah menahan-nahan niatnya untuk membeli motor lain karena mendengar kabar motor berbodi dan ban kegambotan untuk ukuran kapasitas mesin dibawah 250 cc ini diluncurkan. Tidak sebatas bikers yang hobi nongkrong di depan computer berinternet saja, bikers yang langganan tabloid roda dua pun sudah mengetahui gelagat-gelagat kehadiran motor bertongkrongan gahar layaknya moge Yamaha ini.

Bulan juni yang dinantikan hampir berlalu. Dugaan  kuat moment Pekan Raya Jakarta yang  akan menjadi momentum peluncuran tampaknya salah! Apa kira-kira yang menyebabkan penundaan ini begitu panjaaaaaaang? Mari kita telaah dengan semangat sesat 45!

Belajar dari kasus Vixion

Motor batangan penguasa pasar ini tidak semata memberikan omset besar bagi YMKI, tetapi memberikan pelajaran yang berarti. Ingat saja ketika motor ini diperkenalkan pada bulan Februari 2007, tidak lama setelah itu wartawan media cetak pun mendapat kesempatan untuk menjajalnya. Namun, setelah itu seakan lenyap, baru beberapa bulan kemudian produk yang menawarkan teknologi yang tergolong eksotis untuk pasar Indonesia ini dijual bebas.

Apa saja yang bisa menunda?

1. Kesiapan jaringan sales dan jumlah produk. Kalau belum siap, bisa kebakaran sendiri nantinya melayani permintaan pasar. Berkaca pada kasus Vixion, bisa jadi saat ini YMKI masih sibuk memproduksi Byson hingga jumlahnya “cukup” untuk memenuhi permintaan pasar di awal peluncurannya. Tidak mau kasus Vixion dan kongkalikong perkreditan atau uang muka bermasalah terulang kan?

2. Bagaimana jaringan service dan spare partsnya? 6 bulan sebelum motor beredar, biasanya jaringan ini sudah ditraining dan diajarkan teknologi produk anyar yang siap luncur. Nah, apakah ada Bro yang tahu, kalau bengkel-bengkel resmi Yamaha sudah ditraining soal si Byson? Pada kasus Byson, semestinya masa trainingnya bisa jauh lebih singkat, sebab menggunakan teknologi yang konvensional alias bisa juga ditangani bengkel nonresmi. 

3. Bisa jadi Bysonnya sendiri belum siap! Bisa jadi belum lulus ketahanan untuk medan tempur Indonesia, atau bisa jadi ditemukan komponen yang bisa jadi bumerang nantinya karena memiliki kelemahan. Kekurangan ini semakin terasa menyulitkan, jika vendor yang ditugasi menyuplai komponen tersebut ternyata tidak sanggup memproduksi barang sesuai spek yang diminta! Misalnya, tidak mau kasus Suspensi belakang Scorpio amblas terulang kan??? Mengenai Vendor, bisa jadi berbeda antara si suplier komponen Byson di satu negara dengan negara lainnya, yang berimbas pada kemungkinan perbedaan kualitas komponen!

Momentum Tepat, Kapan?

Mencari momentum tepat tidak bisa dibilang mudah, ada banyak faktor yang bermain di sini. Pekan Raya Jakarta, tempat dimana motor baru sering dipamerkan dan langsung dipasarkan hingga saat ini tidak digunakan untuk melepas sang Byson untuk menyeruduk para pesaingnya (yang bisa jadi pesaing dari kandang sendiri, yakni Vixion dan Scorpio).

Tingginya bagian Yamaha di bidang motor batangan bisa jadi membuat YMKI saat ini seperti menyimpan peluru untuk menghadapi klimaks pertempuran. Bisa jadi YMKI juga menunggu manuver pesaingnya. Namun, perlu diingat, pesaing bukan sebatas produsen lain, tetapi juga motor-motor bekas yang sudah beredar di pasaran, jangan remehkan yang satu itu!

Diluncurkan dalam Waktu Dekat?

Bulan Juli kah? Kalau dengar omongan teman sih, bulan-bulan ini orang pada kurang duit, pada buat bayar uang pangkal sekolah atau uang masuk Universitas! Di masa-masa ini, biasanya jadi kesempatan baik bagi mereka yang ingin berburu motor second hand.

Isu pencabutan bahan bakar bersubsidi pun belum reda di masyarakat, tentunya ini menjadi titik lemah Byson yang memilih kaki-kaki berukuran besar. Biar aman, ya tunggu kejelasan yang sejelas-jelasnya dulu tentang isu yang ini.

Bulan Agustus kah? Hmm Sudah mulai Puasa, kasihan karyawan YMKI kalau harus bekerja giat-giatnya. Dan, seperti dulu pernah dibahas, meluncurkan motor baru sebelum hari raya Idul Fitri sangat tidak dianjurkan.

Sedikit mengulang: Bayangkan kalau motor baru dipakai mudik, bisa jadi jauh, bisa jadi ketemu BBM berkualitas rendah, bisa jadi overheat di kemacetan, bisa jadi digeber dengan putaran mesin terlalu tinggi di jalur Pantura, bisa jadi melewati jalan rusak dengan lubang segede tampah, bisa jadi untuk membawa beban melebihi kapasitas yang diperbolehkan sehingga merusak bodi dan suspensi motor! Apakah YMKI akan mengambil risiko ini??

Tampaknya Byson baru bisa meluncur dengan aman di akhir-akhir tahun 2010 nanti, itupun kalau tidak ada perubahan faktor internal maupun external.

Achtung: Isi teks ini dapat menimbulkan gangguan kejiwaan! Segenap Karyawan Blog Sesat menyatakan tidak mau bertanggung jawab dan memilih aksi…

KaBOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOORRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR