Menjelang tahun 2011, para pabrikan siap-siap meluncurkan produk-produk baru mereka. Ada yang masih mengandalkan motor-motor lama yang sedikit diperbaiki atau berdandan tipis-tipis, ada juga yang menghadirkan motor yang belum ada selama ini di jajaran motor mereka.

Salah satu motor gress yang belum ada ini contohnya motor Supertourer BMW yang dikabarkan oleh burung-burung mengusung mesin 6 silinder layaknya mobil-mobil pabrikan Bavaria ini.

Di jajaran produk BMW, mesin 6 silinder memang belum diproduksi massal, tetapi mesin ini juga bukan barang baru. Bro yang sudah cukup lama sesat di sini tentunya sudah pernah tersesat di artikel mengenai BMW Concept 6 yang hadir di Milan Motorshow musim gugur lalu.

Berbeda dengan Concept 6 yang sepertinya hanya untuk diimpikan, motor 6 silinder kali ini akan menjadi motor massal untuk menggantikan motor super-tourer  BMW, yakni K 1200 LT. Nampaknya BMW masih ingin menyimpan rapat-rapat bagaimana wajah motor gressnya ini. Di Jerman sendiri, BMW terkadang membawa mobil terbarunya yang masih ingin dirahasiakan penampilannya ke daerah pegunungan yang sangat jarang dikunjungi orang.

Kali ini, BMW bahkan memilih tempat yang jauh, yakni di Amerika! Yup, penampakan motor baru BMW ini berhasil dijepret seorang Amrik yang sedang mengisi bensin. Berdasarkan gambar, menurut saya tampilannya cukup bisa diterima pasar, sebab tidak terlalu radikal. Sebatas gambar ini, motor masih tampak kurang oke, ya memang begitulah ciri khas motor yang sedang diuji diam-diam di jalanan umum! Catnya harus gelap dan terlihat kurang menarik perhatian.

Dari Foto yang ala kadarnya ini, tampak mesin 6 silinder nantinya akan berkonstruksi layaknya mesin 4 silinder BMW, yakni pararel sejajar dan memalang, hmmm bisa-bisa seperti jagoan barunya Horex tuh. Desain bodi menurut saya sangatlah memanjakan pencinta Touring, tidak hanya panjang untuk kenyamanan, tetapi windshield yang cukup tinggi menjadi jaminan untuk kenyamanan berkendara di kecepatan tinggi. Bagasi yang disediakan di kedua sisi dan belakang motor pun semakin menyiratkan kecocokan motor ini untuk touring jarak jauh.

Di segi kaki-kaki, BMW tampaknya bermain pragmatis saja. Sepintas tampaknya tidak akan ada teknologi “aneh-aneh” di motor ini, mengingat yang paling dibutuhkan untuk touring adalah motor yang handal dan jauh dari rewel. Kaki-kaki yang terpasang sepertinya sama dengan kaki-kaki yang ada di motor-motor Touring BMW saat ini, ya minimal sebatas desainnya lah… Sebuah pilihan bijak untuk menghemat anggaran sehingga membuat harga motor nantinya bisa cukup ekonomis dan bersaing di pasaran!