Menjelang tahun 2011, para pabrikan siap-siap meluncurkan produk-produk baru mereka. Ada yang masih mengandalkan motor-motor lama yang sedikit diperbaiki atau berdandan tipis-tipis, ada juga yang menghadirkan motor yang belum ada selama ini di jajaran motor mereka.
Salah satu motor gress yang belum ada ini contohnya motor Supertourer BMW yang dikabarkan oleh burung-burung mengusung mesin 6 silinder layaknya mobil-mobil pabrikan Bavaria ini.
Di jajaran produk BMW, mesin 6 silinder memang belum diproduksi massal, tetapi mesin ini juga bukan barang baru. Bro yang sudah cukup lama sesat di sini tentunya sudah pernah tersesat di artikel mengenai BMW Concept 6 yang hadir di Milan Motorshow musim gugur lalu.
Berbeda dengan Concept 6 yang sepertinya hanya untuk diimpikan, motor 6 silinder kali ini akan menjadi motor massal untuk menggantikan motor super-tourer BMW, yakni K 1200 LT. Nampaknya BMW masih ingin menyimpan rapat-rapat bagaimana wajah motor gressnya ini. Di Jerman sendiri, BMW terkadang membawa mobil terbarunya yang masih ingin dirahasiakan penampilannya ke daerah pegunungan yang sangat jarang dikunjungi orang.
Kali ini, BMW bahkan memilih tempat yang jauh, yakni di Amerika! Yup, penampakan motor baru BMW ini berhasil dijepret seorang Amrik yang sedang mengisi bensin. Berdasarkan gambar, menurut saya tampilannya cukup bisa diterima pasar, sebab tidak terlalu radikal. Sebatas gambar ini, motor masih tampak kurang oke, ya memang begitulah ciri khas motor yang sedang diuji diam-diam di jalanan umum! Catnya harus gelap dan terlihat kurang menarik perhatian.
Dari Foto yang ala kadarnya ini, tampak mesin 6 silinder nantinya akan berkonstruksi layaknya mesin 4 silinder BMW, yakni pararel sejajar dan memalang, hmmm bisa-bisa seperti jagoan barunya Horex tuh. Desain bodi menurut saya sangatlah memanjakan pencinta Touring, tidak hanya panjang untuk kenyamanan, tetapi windshield yang cukup tinggi menjadi jaminan untuk kenyamanan berkendara di kecepatan tinggi. Bagasi yang disediakan di kedua sisi dan belakang motor pun semakin menyiratkan kecocokan motor ini untuk touring jarak jauh.
Di segi kaki-kaki, BMW tampaknya bermain pragmatis saja. Sepintas tampaknya tidak akan ada teknologi “aneh-aneh” di motor ini, mengingat yang paling dibutuhkan untuk touring adalah motor yang handal dan jauh dari rewel. Kaki-kaki yang terpasang sepertinya sama dengan kaki-kaki yang ada di motor-motor Touring BMW saat ini, ya minimal sebatas desainnya lah… Sebuah pilihan bijak untuk menghemat anggaran sehingga membuat harga motor nantinya bisa cukup ekonomis dan bersaing di pasaran!
19 komentar
Comments feed for this article
30 Juni 2010 pada 3:34 pm
rumus cepat matematika
BMW keren banget…tapi harganya juga mahal banget tuh untuk kisaran MOGE,,makasih infonya..sallam hangat,,,
2 Juli 2010 pada 11:25 am
arie sesat
Hmmm sebenernya nggak mahal Bro, tapi mereka kasih fasilitas lebih..
misalnya, kalo motornya pabrikan jepang pake rem merek X yang harganya 3 juta satu set, BMW pake merek Z dengan harga 5 juta..
terus masih ada ABS dan material mesin dan chasis yang bisa jadi beda bahan.
30 Juni 2010 pada 4:48 pm
zukro yang kemarin ngaku arieL sesat
pertamax
2 Juli 2010 pada 11:25 am
arie sesat
wah nggak pertamax tuh wakaka…….
30 Juni 2010 pada 5:52 pm
raider 125 - obiezone
nyaingin gold wing y mas y?
2 Juli 2010 pada 11:26 am
arie sesat
soal lincah n speed, kayanya bagusan BMW yang ini Bro…
30 Juni 2010 pada 8:50 pm
one08
body depan mirip matic bongsor! 😀
2 Juli 2010 pada 11:26 am
arie sesat
siap2 modif si biru gendut jadi kaya gini hihi..
1 Juli 2010 pada 8:11 am
bukan jomblo lagi
huhuhu… mengapa mengkait-kaitkan dengan BMW Concept 6 huhuhu…
saya kepengeeeeen bangeeeeett……
2 Juli 2010 pada 11:27 am
arie sesat
lha…kayanya mesinnya itu yang mo dipake…
ane lo rider aja deh..mantebs n klassik..
1 Juli 2010 pada 9:23 am
arieprawira
dari dulu memang BMW paling mahal, tapi saya pernah lihat yang klasih, lucu dan keren juga walaupun gak gede, tapai tetep cirikhasnya pake gardan hehe.
http://klutusan.wordpress.com/
2 Juli 2010 pada 11:29 am
arie sesat
yup..gardan seakan jadi trademark BMW.. sebenernya banyak yang nggak pake Gardan, yakni motor2 yang butuh bobot yang ringan..misalnya S1000 RR sama F800nya bro
1 Juli 2010 pada 10:09 am
apdri
kalo boleh masuk tol, naik motor begini kayaknya asyik… 🙂
2 Juli 2010 pada 11:30 am
arie sesat
asikkan bawa ke rumah calon mertua biar langsung dapet restu wakaka…
1 Juli 2010 pada 5:21 pm
asmarantaka
mirip goldwing
2 Juli 2010 pada 11:30 am
arie sesat
satu konsep, mirip sih nggak..kayanya jauh lebaran goldwing
2 Juli 2010 pada 5:38 am
nunoe
saingannya goldwing..
2 Juli 2010 pada 11:31 am
arie sesat
bedanya goldwing dah jadi legenda, bahkan seakan kaya merk tersendiri ya, nggak perlu bawa nama Honda lagi..
2 Juli 2010 pada 11:32 am
arie sesat
btw, kan Goldwing emang bikinan Honda USA, mungkin karena itu BMW ini dikembangin disana juga ya..