Kembali lagi kita membahas motor Superbike awal 90an yang merupakan era Superbike favorit Blog Sesat. Melihat Superbike Honda yang satu ini tentunya langsung familiar, layaknya melihat RC30 dan RC 45 yang pernah kita bahas dulu. Berbeda dengan motor Superbike Honda yang berkode RC, motor CBR tidaklah semahal RC, karena komponen yang digunakan tidak seeksotis yang terpasang di motor-motor berkode RC.

Marilah kita lebih mengenal si CBR 900 RR (SC 28) yang memulai kariernya dari tahun 1992 dan berakhir hingga 1995. Motor yang satu ini merupakan motor massal yang cukup melegenda karena prestasinya membuat tonggak sejarah baru di arena permotoran. Sesuai judul, motor yang satu inilah yang membuat motor Superbike sekarang ramai-ramai fitnes dan diet hingga bobotnya lebih bersahabat dan asoy untuk “bersenang-senang”.

Motor yang untuk ukuran zaman sekarang terlihat gembrot inilah yang dulunya mengajak dengan paksa para jagoan pabrikan lain untuk berdiet. Dengan bobot full tank 207 Kg, motor ini sudah bisa dibilang luar biasa ringan di massa itu!

Dengan mesin 4 silinder berkapasitas tepatnya 893cc dengan tenaga 128 PS, motor kece ini harus bertarung dengan big bike pabrikan lain yang mendadak seakan-akan menjadi motor-motor penderita obesitas! Jagoan Honda ini bisa membungkam Gixxer 1100 W yang KO karena berbobot 259 KG serta Kawasaki ZZR 1100 yang lebih gembul dengan 271 Kg! Bagaimana dengan Yamaha FZR 1000 yang lebih enteng, yakni 242 KG? Kalah juga tuh dicincang si Fireblade!

Memang saat itu Honda sedang senang-senangnya membantai pabrikan lain, diawali dengan hadirnya CBR 600 F dengan power asli 100 PS yang membuat motor Supersport lawan menjadi “turun kelas”. Berbeda dengan kelas Supersport, di kelas Big Bike, CBR 900 RR bisa membantai dengan tenaga yang lebih kecil, tetapi bobot yang jauh lebih ringan plus handling yang lincah! Tidak heran, motor yang terbit 18 tahun lalu yang merupakan desain Tadao Baba ini menjadi legenda. Mereka-mereka yang kurang duit untuk menggebet RC30 dan RC 45 pun melirik CBR 900 RR original sebagai aset investasi yang menjanjikan!