Kembali lagi kita membahas motor Superbike awal 90an yang merupakan era Superbike favorit Blog Sesat. Melihat Superbike Honda yang satu ini tentunya langsung familiar, layaknya melihat RC30 dan RC 45 yang pernah kita bahas dulu. Berbeda dengan motor Superbike Honda yang berkode RC, motor CBR tidaklah semahal RC, karena komponen yang digunakan tidak seeksotis yang terpasang di motor-motor berkode RC.
Marilah kita lebih mengenal si CBR 900 RR (SC 28) yang memulai kariernya dari tahun 1992 dan berakhir hingga 1995. Motor yang satu ini merupakan motor massal yang cukup melegenda karena prestasinya membuat tonggak sejarah baru di arena permotoran. Sesuai judul, motor yang satu inilah yang membuat motor Superbike sekarang ramai-ramai fitnes dan diet hingga bobotnya lebih bersahabat dan asoy untuk “bersenang-senang”.
Motor yang untuk ukuran zaman sekarang terlihat gembrot inilah yang dulunya mengajak dengan paksa para jagoan pabrikan lain untuk berdiet. Dengan bobot full tank 207 Kg, motor ini sudah bisa dibilang luar biasa ringan di massa itu!
Dengan mesin 4 silinder berkapasitas tepatnya 893cc dengan tenaga 128 PS, motor kece ini harus bertarung dengan big bike pabrikan lain yang mendadak seakan-akan menjadi motor-motor penderita obesitas! Jagoan Honda ini bisa membungkam Gixxer 1100 W yang KO karena berbobot 259 KG serta Kawasaki ZZR 1100 yang lebih gembul dengan 271 Kg! Bagaimana dengan Yamaha FZR 1000 yang lebih enteng, yakni 242 KG? Kalah juga tuh dicincang si Fireblade!
Memang saat itu Honda sedang senang-senangnya membantai pabrikan lain, diawali dengan hadirnya CBR 600 F dengan power asli 100 PS yang membuat motor Supersport lawan menjadi “turun kelas”. Berbeda dengan kelas Supersport, di kelas Big Bike, CBR 900 RR bisa membantai dengan tenaga yang lebih kecil, tetapi bobot yang jauh lebih ringan plus handling yang lincah! Tidak heran, motor yang terbit 18 tahun lalu yang merupakan desain Tadao Baba ini menjadi legenda. Mereka-mereka yang kurang duit untuk menggebet RC30 dan RC 45 pun melirik CBR 900 RR original sebagai aset investasi yang menjanjikan!
31 komentar
Comments feed for this article
14 Juli 2010 pada 11:01 am
canon sd630
kawan mau ngasih tahu PTC baru nih…
yang bakal aktif tanggal 1 Agustus.
yang berminat silakan kunjungi link dibawah ini…
http://www.imcrew.com/?r=58489
maaf klo mengganggu…
salam hangat…
14 Juli 2010 pada 11:32 am
bombom
Pertamaxxxxx
14 Juli 2010 pada 11:35 am
Sobek-Sobek
satu detik sajjaa….
ga jadi pertamax dagh
14 Juli 2010 pada 11:33 am
Sobek-Sobek
pertomax…
16 Juli 2010 pada 10:44 am
are you sesat?
masih maksa aja…haha
14 Juli 2010 pada 1:11 pm
nunoe
HAIL TADAO BABA!!! 😀
16 Juli 2010 pada 10:44 am
are you sesat?
tulisannya Heil brader..bacanya memang hail
19 Juli 2010 pada 7:13 am
nunoe
oh…maapkan daku kalo begitu… 😦
14 Juli 2010 pada 1:11 pm
zukro
pertamax
16 Juli 2010 pada 10:45 am
are you sesat?
haha..malu tuh…
14 Juli 2010 pada 1:19 pm
asmarantaka
di Indonesia berapa jeti itu??…ksengsem ane
16 Juli 2010 pada 10:46 am
are you sesat?
wah nggak setia ente, sama apa aja kesengsem hihihi… kayanya 70 jeti kalo bersurat sih kena…
14 Juli 2010 pada 1:44 pm
bukan jomblo lagi
huahahaha… mantap bro ulasannya…
gak kepikiran sampe kesitu…
16 Juli 2010 pada 10:46 am
are you sesat?
thx bro, itu karena ente memikirkan yang lain…
15 Juli 2010 pada 2:53 am
lekdjie
matanya itu lho,cakep….
16 Juli 2010 pada 10:46 am
are you sesat?
yup, mata favorit blog sesat…
15 Juli 2010 pada 3:47 am
ariel
ada aura NSR nya ya bro… hehe
16 Juli 2010 pada 10:47 am
are you sesat?
OMG…. NaSiR Ilhaaaammm……
15 Juli 2010 pada 4:12 am
AD 4693 YJ
Absen Bro.
16 Juli 2010 pada 10:48 am
are you sesat?
oke bro..jangan lupa lunasi iuran tahunan dana penyesatan masyarakat hihii
15 Juli 2010 pada 5:58 am
pak'e alyx
Ooo, yang model ini to motornya (nggaya, sok tahu, padahal belum pernah lihat….).
Bro, kok nggak diinformasikan, bagaimana cara mereka menurunkan bobot kendaraan. Kelengkapannya tentu nggak berkurang, dimensinya kayaknya juga nggak banyak berkurang, tapi bobotnya bisa turun drastis. Kalau perlu performanya dinaikkan. Lalu, bagian apa yang diganti atau dihilangkan? Harganya tentu ikut turun ya …. 🙂 Ngarep mode: on
Nah, kalau di motor yang dipake harian (bebek maupun batangan), menurut bro Arie, bagian mana yang bisa “disunat” atau diganti agar bobotnya berkurang tanpa mengurangi kenyamanan? Syukur-syukur bisa diet hingga 5 – 10 kg. Soalnya badan saya yang kecil merasa berat saat menghandel motor 115 kg saat mesinnya mati. Pencerahannya please…
16 Juli 2010 pada 4:57 am
nunoe
kalo di sportbike sih biasanya penurunan bobot itu pake bahan2 yg lebih ringan kayak alumunium, carbon dll…jadi untuk harga rasanya ngga berkurang..
untuk di motor kecil, apanya ya yg di kurangin??lepas accu sama cover2 bodi..kayak King yg di rumah, bisa diangkat sendirian 😀
16 Juli 2010 pada 10:51 am
are you sesat?
thx Nunoe…
Kangban memang banyak mengajukan pertanyaan yang memacu semangat ane…
untuk itu ane takkan mengecewakan bro yang satu ini..
ane akan memberikan jawabannya…
begini Bro, jadi Tadao Baba menyuruh motor ini berpuasa selama 3 bulan berturut-turut sebelum diluncurkan. Selama berpuasa si CBR disuruh banyak2 istighfar dan beramal agar dosa2nya diampuni..
karena berhasil, maka berat yang diakibatkan dosa terhapus..nah jadilah si CBR motor terringan di kelasnya, karena dosa-dosanya telah diampuni…
19 Juli 2010 pada 5:57 am
nunoe
et dah…dasar orang sesat….jawabannya pun sesat -_-‘
15 Juli 2010 pada 6:32 am
kentadis
wow, kok cbr jaman dulu bentukx sama smua ya?

N lampux jg sm2 2 bulet..
btw, kmren kyakx liat ne motor d acara motogath imbi di solo. Tp gtw jg, apakah yg 250rr, 400rr, ato 900rr. Mirip smua c..
eh yak, cbr 900rr fireblade yg thn 2000an lampunya mirip honda beat,hhe
16 Juli 2010 pada 10:54 am
are you sesat?
itu CBR 900 RR peralihan ke 1000 cc bro, CBR 954, emang mantebs bgt..palagi yang kombinasi merah ungu putih…wah ngiler2 ane ngeliatnya…tapi bodinya gede bgt…kalo CBR sekrang lebih pas di badan (tapi lebih nggak pas dikantong)
15 Juli 2010 pada 10:03 am
Arie Prawira
pernah lihat sih dulu tahun 90an sbk memang kelihatannya gendut2 ya motornya hehehe
16 Juli 2010 pada 10:55 am
are you sesat?
sexy kan gaya gendut n kakunya..ane malah bosen sama yang serba lancip…
16 Juli 2010 pada 3:56 am
Maskur®
absen ki gedhe
16 Juli 2010 pada 10:55 am
are you sesat?
ki gedhe? orangnya aja nggak nongol2 haha…
5 Agustus 2010 pada 8:30 pm
Pursandi
Wuihh, yg ini sakti neh bisa lewat jalur busway!!!. Motor sapa lg yg di embat yahhh :p