Tampaknya niatan cerai baik-baik antara Yamaha dan Rossi mulai terusik. Yamaha tampaknya semakin pede dengan M1 setelah uji cobanya dengan Spies bisa dibilang produktif. Catatan waktu Spies dengan M1 hanya sedikit lebih lambat dibandingkan catatan Qualifikasinya, tetapi menurut Spies tujuannya test memang bukan untuk mencari best time, tetapi untuk memberikan input. Spies sendiri menyatakan sangat puas dan berangkat dengan penuh kepercayaan diri untuk meraih hasil terbaik di Indianapolis nanti.

Bagaimana dengan Rossi? Bukan hanya dilarang mendekati apalagi menunggangi M1 2011, di sisa seri ini pun dia harus menanggung sakit hati. Rossi bertekad memberikan 110 % kemampuannya untuk memenangkan balapan bersama M1 dan ia minta Yamaha pun juga demikian, maksudnya membantunya untuk memenangkan balapan. Namun, tampaknya niat Rossi bertepuk sebelah tangan. Ia mengaku tidak diberikan kesempatan mengetest suspensi USD Oehlins terbaru oleh Yamaha. Rossi mengaku kecewa. Menurutnya, ia dan Yamaha masih punya 8 seri lagi, bukan cuma 2 atau tiga seri.

Dari keterangan yang didapatnya, Yamaha tidak akan menggunakan garpu itu di sisa tahun ini, tetapi baru di 2011 nanti. Rossi yang menerima jawaban ini berkata: lihat saja nanti, apakah itu bohong atau memang kenyataan, sebab secara tampilan luar, garpu gress Ohlins beda dengan yang sekarang!

Diperbolehkannya Rossi untuk segera membangun Desmosedici selepas seri Valencia nanti pun menjadi tanda tanya setelah Furusawa menyatakan, hal itu akan sulit terwujud jika membaca kontrak Rossi dan Yamaha! Nah lo… cerai baik-baik, atau penuh dendam nih????