Dalam rangka melunasi hutang pada Bro 49, berikut ini saya tampilkan artikel yang sudah tertunda lama nian ini.

Dari pengalaman saya, memasang fan di airbox sangat mudah dan biaya juga relatif murah. Kalau Bro ngubek-ngubek di loakan, kipas semacam ini yang sering digunakan untuk mendinginkan processor computer bisa diperoleh dengan 5000 rupiah, dan minta ditest dulu, apakah berfungsi baik atau tidak. Pastikan, selain mencari yang kondisi putarannya paling cepat sehingga anginnya kencang (biasanya yang jumlah kipasnya banyak, oleh karena itu, rasakan anginnya dengan tangan), pastikan juga kipas tidak oblak asnya, karena menimbulkan getaran dan biasanya umurnya pendek.

Setelah mendapatkan kipas, pasang kipas menggunkan baut kecil di airbox. Untuk melubangi, saya pakai solder of fortune saya. Kelistrikannya, silahkan minta bantuan ke orang yang biasa menginstalasi perangkat elektrik di motor. Di Tiger saya, kipas otomatis hidup ketika kunci diputar ke posisi on. PAstikan pemasangannya benar agar tidak mengganggu sistem kelistrikan motor. Dari pengalaman saya, kipas tidak rakus listrik, aki di motor saya tahan 2 tahun lebih, tidak terasa deh makan listriknya! Kipas ini pun terbilang panjang umur. Di Tiger saya, sekarang memakai kipas yang kedua (sejak awal tahun 2000 saya sudah pasang kipas).

Kegunaan kipas ini layaknya kompressor mini. Sangat terasa di putaran bawah dan membantu menghemat bensin, terutama bagi motor yang karburatornya disetting “basah”. Bensin jadi lebih tercampur homogen dengan udara. Rasanya ya seperti kalau ganti premium ke pertamax. Mesin serasa lebih kering dan tarikan bawah lebih responsif dan menghilangkan gejala “endut-endutan” (di motor settingan karburator basah).

Kipas ini juga membantu dalam menghidupkan mesin di pagi hari atau pertama kali. Di Tiger saya, selah beberapa kali, putar kunci ke “on” sehingga kipas juga menyala, langsung selah lagi. Mesin lebih mudah hidup, dan biasanya saat baru hidup, rpm jadi agak tinggi di awal, baru perlahan-lahan turun.

Saya juga pernah mencoba mengarahkan selang pernafasan mesin ke airbox, dengan asumsi, udara panas + dorongan kipas= Turbo! Ternyata gagal Bro. Tenaga mesin malah terasa ngedrop, nggak banyak sih. Kalau dipikir-pikir, bisa jadi kandungan oksigen dari udara dalam mesin terlalu minim, sehingga pembakaran tidak sempurna. Dan, sepertinya udara dingin membuat tenaga motor lebih oke. Terasa kalau motor dipacu di malam hari, powernya serasa lebih meningkat…

Iklan