Dulu pernah kita bahas sebenarnya tentang trik ini, kali ini hanya kita ulang saja sedikit.
Seperti yang Bro ketahui, di dunia balap profesional, tidak satupun kontestan yang mempertahankan dinamo starter di motor mereka, sebab bukan hanya berat bobotnya, tetapi juga sedikiiiit membebani putaran mesin. Bahkan, di dunia balap, tuas kick starter pun dilengserkan guna mengurangi bobot, otomatis satu-satunya cara menghidupkan motor adalah menggunakan mesin starter ataupun didorong.
Di motor harian, menonaktifkan elektrik starter bisa saja ditiru. Cara ini paling cocok sebenarnya untuk motor berkompresi rendah dan berkapasitas kecil, sebab menyelahnya ringan. Untuk motor batangan macam Honda Tiger, bisa juga, tetapi syaratnya kondisi karburator dan kelistrikan fit, sehingga pemiliknya cukup menyelah sekali saja hingga mesin hidup. Yang penting: si bikers tidak panikan kalau mesin mati, terutama di keramaian..
Di Honda Tiger, tidak perlu mencabut dinamo starter, sebab malah menimbulkan lubang yang rawan kemasukan debu dan air. Biarkan dinamo starter tetap ditempatnya, buka dua baut yang terlihat di foto. Kalau sudah, tinggal cabut pen dan gir di bagian itu. Kedua komponen inilah yang menghubungkan dinamo starter dengan gir yang memutar kruk as untuk menghidupkan motor. Dengan mencopot gir itu, motor otomatis lebih ringan berputar, selain itu, keseluruhan berat bisa turun beberapa ratus gram. Mesin motor dijamin berputar lebih ringan dan putaran mesin cepat naik. Konsumsi bensin pun sepertinya bisa lebih irit, sebab beban mesin berkurang. Saya sudah membuktikannya sendiri, it works lah…
Sisi positif lainnya, aki bisa lebih dihemat dan kaki Bro lebih terlatih seandainya terpaksa mengeluarkan jurus tendangan maut di jalanan. Trik ini bisa jadi juga mencegah maling amatiran untuk membawa kabur motor. Bayangkan, kalau si maling sudah tinggal pencet tombol starter dan putar grip gas, eh ketika starter hanya terdengar bunyi dinamo starter saja tanpa ada gejala motor hidup…. Kalau maling amatiran itu panik, bisa-bisa dia langsung tinggal tuh motor…
9 komentar
Comments feed for this article
20 Desember 2010 pada 5:08 pm
hyde
mx kompresi mesinnya tinggi, tapi kick starternya malah empuk banget
20 Desember 2010 pada 6:10 pm
kentadis
MX bukan ada dekompressinya ya?
Kalo supra ane waktu kompresinya tggi, ngidupinnya harus dipencet tombol starternya sambil dgenjot baru bisa nyala. Kalo di pencet aja ato dgenjot aja susah nyalanya,hehe
21 Desember 2010 pada 1:40 pm
sayabukanfbyataufbhsayanetral
mx pake dekompresi, makanya enteng..
21 Desember 2010 pada 3:19 pm
lekdjie
dijamin,betisnya gede sebelah
26 Desember 2010 pada 7:48 am
arieslight
hmm malah sesuai dab..kan selama ini yang turun kaki kiri, yang nyongkel2 gigi juga kaki kiri
22 Desember 2010 pada 7:01 am
asmarantaka
selain itu biar keliatan macho aja om…aihiihihihiihih
26 Desember 2010 pada 7:49 am
arieslight
jaman dulu, CB 750 yang 4 silinder aja pake selah ngidupinnya..belom lagi harley..dan nggak berat2 amat kok…
1 Februari 2016 pada 8:27 am
motorobo
buat thunder 125 bisa ga ya gan. kalo pake aki undercapacity suka lupa terus untuk gak pake electric starter. tewas deh akinya..
1 Februari 2016 pada 12:12 pm
arieslight
HArusnya bisa Bro..toh hari gini kan karena aturan nyalain lampu siang-siang juga lumayan makan setrum…