Penampilan Suzuki di MotoGP tahun ini tidak menggembirakan, bahkan diakui sendiri merusak image Suzuki yang terkenal dengan ketangguhan dan keawetan mesin GSX-Rnya.

Berbeda dengan Gixxer, GSV-R punya image motor rawan jebol diantara kompetitor lainnya. Suzuki menjadi satu-satunya pabrikan yang menembus batas..weiisss… dibatasi 6 mesin sepanjang musim, Suzuki malah memakai 7! Dan untungnya bisa lolos dari peraturan, kalau tidak Alvaro Bautista harus start dari pit dan 10 detik setelah start pula!

Untung rapat dan keputusan petinggi MotoGP di bulan Agustus lalu memungkinkan Suzuki menambah jatah 3 mesin lagi tanpa kena hukuman. Jatah 3 mesin lebih diberikan kepada pabrikan yang dalam 2 tahun terakhir tidak pernah menang di dry race, dan satu-satunya saat ini ya hanya Suzuki!

Tahun depan Bautista hanya maju sendirian, Suzuki dijamin makin ketinggalan dalam development motor. Hal ini kalau diusut lebih lanjut bisa dibenarkan. Suzuki memang bertahan semata hingga 2012 tiba. Kepala MotoGP Suzuki, Shinichi Sahara mengatakan, memang sayang hanya ada 1 pembalap Suzy di MotoGP. Namun, kabar gembiranya, Suzuki sudah menyiapkan mesin 1000 cc untuk 2012. Rancangan prototipenya dikabarkan sudah jadi. Mesin pun saat ini mulai di test. Meskipun begitu, belum jelas, apakah nantinya Suzuki hadir dengan 2 pembalap di tahun 2012. Untuk saat ini, kabar dipersiapkannya mesin Suzuki untuk 2012 bisa menjadi obat penenang bagi fans Suzuki. Artinya, Suzuki tidak menyerah dan belum berniat mundur!

Iklan