Kehadiran New Jupiter MX membawa angin ribut bagi para produsen saingan. Motor-motor bebek high performance milik sayap kepak semakin terdiam, sebab bukan hanya harga New MX yang sangat kompetitif, tetapi doi hadir dengan evolusi yang jelas. Hadirnya rem cakram di buritan dan velg lebar membuat New MX tidak hanya tampil gagah, tetapi lebih sporty dan seakan mengakhiri kemandulan YMKI dalam sektor cakram belakang. Secara harga dan performa serta penampilan yang ditawarkan, New MX benar-benar menjadi Killing Machine YMKI untuk membantai bebek sayap kepak.

Karburator yang lebih besar tentunya membawa tenaga tambahan bagi bebek peninggalan Valentino Rossi ini. Terlebih lagi transmisi 5 percepatan memungkinkan motor berakselerasi lebih cepat dan membantu mengurangi konsumsi bensin jika dibandingkan motor yang sama dengan 4 tingkat percepatan. Penambahan satu tingkat percepatan ini saya lihat menjadi ancaman serius bagi Suzuki Satria FU. Dari harga, jelas MX lebih ekonomis, tetapi dari performa memang jelas masih dibawah Satria 150.

Namun, bukan YMKI namanya jika tidak bisa memanfaatkan kekuatan yang sudah disediakan “alam”, maksudnya, kreatifitas para tuner di luar sana. MX lama dengan 4 tingkat percepatan sudah banyak yang di bore up dan menggunakan piston plus boring milik Vixion hingga kapasitasnya melonjak menjadi 150 cc, tentunya dengan perangkat penambah power lainnya mcam karburator venturi besar dan CDI racing. Dengan tenaga sebesar itu, FU standard dijamin kibarkan bendera putih karena dilibas telak. Kini, dengan transmisi 5 percepatan, tentunya New MX makin sakti untuk di bore up. Entah kebetulan atau tidak, maksudnya sudah direncanakan oleh YMKI bekerjasama dengan berbagai pihak, langsung saja ada yang menawarkan paket bore up.

Kalau yang bore up jadi 150 cc sih sudah sering, kini bahkan ditawarkan yang 200 cc! Edan tenaaan…

Penawaran ini terdapat dalam M+ terbaru edisi 05-11 Januari 2011. Paket yang menggunakan piston 65 mm ini dikatakan meningkatkan kapasitas mesin menjadi 194,7 cc! Enaknya lagi, produk Malaysia yang ditawarkan MCC Motorsport di Kebon Jeruk IX, Jakarta Barat ini hanya ditawarkan rp. 1,5 juta! Murah tuh kalau mengingat tenaga yang akan didapat… Dengan kapasitas 200 cc, New MX dipastikan benar-benar bisa menjadi Killing Machine bagi Satria FU korekan sekalipun! Bisa-bisa penjualan Suzuki Satria anjlok nih… Mengingat harga New MX + paket Bore up masih lebih murah dibandingkan harga Satria baru…

BTW, perlu dicatat, New MX bisa menjadi Killing Machine dari segi harga dan performa kalau calon konsumennya memang benar-benar mementingkan performa, bukan segi ekonomis semacam konsumsi bensin dan daya tahan mesin. Artinya, AHM masih bisa tarik nafas di sini….

Bagi yang doyan ngebut, New MX + paket Bore up 200 cc memang cukup untuk menjadi Killing Machine di jalanan, bahkan untuk melawan Ninja sekalipun, toh top speed di jalanan rendah toh… Namun, perlu diingat juga, New MX + paket bore up 200 cc bisa-bisa menjadi Killing Machine untuk ridernya sendiri! Bukankah kalu punya motor kencang kita jadi cepat “panas” dan selalu ingin membuktikan diri sebagai yang terdepan? You know lah risiko kebut-kebutan di jalan….

Iklan