Sekitar 2 minggu lalu, saya mencurahkan sedikit perhatian kepada motor perang sayang, si Tiger Hitam. Nyaris 13 tahun pengabdian, akhirnya sedikit dibenahi beberapa sektornya, yakni komstir, suspensi depan, bosh tromol dan velg.

Komstir Tiger satu setnya dibanderol rp. 125 ribu. Komstir saya ganti karena sudah goyang dan sangat terasa kalau melindas polisi tidur. Harga komstir set lumayan mahal, tetapi mengingat lubang-lubang yang sudah terlindas, mobil-mobil dan trotoar yang sudah tertabrak serta hampir 13 tahun pengabdian, ya murah lah…

Bagian selanjutnya yang juga diganti adalah karet sil suspensi depan. Sepasang harganya 30 ribu, tentunya tidak lupa diganti olinya, ini makan biaya 20 ribu. Di Tiger hitam saya, mau tidak mau harus diganti, sebab olinya memang sudah kering hihihi.. Ini akibat terlalu lama rembesnya saya biarkan. Sempat saya pikir harus ganti pipa suspensinya. Satu batang pipa suspensi dibanderol 150 ribu. Namun, saya putuskan coba ganti silnya dan olinya saja. Sampai hari ini semuanya berfungsi baik, tidak ada bocor.

Kebocoran sil depan sebenarnya hasil eksperimen saya. Saya pernah menyemprotnya dengan WD40! Jadi, Ente-ente sekalian jangan coba-coba lah… Bisa bocor tuh oli suspensi kalau terkena WD40 original! Karetnya jadi rusak dan tidak lagi mampu menahan oli suspensi tetap di dalam tabungnya.

Komponen lainnya yang saya ganti adalah velg dan ban yang memang sudah habis masa pakainya. Velg bawaan tiger sudah banyak berkarat dan agak peyang terkena ganasnya jalanan tanah air. Soal velg dan ban, kita bahas lain kali saja ya..

Di sektor buritan, saat memasang velg, terlihat bosh gir sudah aus… Bahkan sudah rusak. Gejalanya, posisi gir jadi tidak lurus dan oblak, silahkan periksa dengan motor distandar tengah! Tidak lurusnya posisi gir lumayan mengganggu karena berisik, jalan motor pun jadi agak endut-endutan dan getaran terasa, terutama di foot step. Kalau dibiarkan terlalu lama, tentunya umur gir dan rantai jadi lebih singkat.  Setelah satu set (4 buah) komponen berharga 40 ribu rupiah ini diganti, motor jadi anteng dan getarannya jauh berkurang. Tiger hitam pun kembali nyaman…

