Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Bajaj yang lumayan eksis di dunia motor batangan tanah air, terlebih lagi di kota-kota besar, memiliki saham produsen motor Austria, KTM. Bajaj sendiri menguasai lebih dari sepertiga saham KTM.

Proyek KTM 125 Duke ini dimulai sejak awal 2008. KTM tidak sendirian di sini. KTM bertugas membuat konstruksi mini Duke ini, sedangkan desain diserahkan ke perusahaan perancang Kiska Design yang bermarkas di Salzburg, Austria. Bajaj punya peranan besar di sini, mereka tidak hanya memiliki saham, tetapi dikabarkan terlibat dalam pengembangan teknis 125 Duke! Bahkan, tanpa Bajaj, tidak ada 125 Duke, sebab Bajaj lah yang akan bertugas memproduksi motor Duke mini ini, bahkan hampir sepenuhnya! Alasannya sih jelas: produksi di India muraaaah Bro… Tanpa harga murah, buyar tuh konsep awal mereka:

Motor dengan selera muda-mudi Amerika-Eropa yang bisa menjadi Weltrad! Apa itu Weltrad? Artinya motor yang memang akan dipasarkan ke banyak penjuru dunia! KTM sebagai perusahaan motor terbesar ke-2 Eropa berencana memasarkan 125 Duke tidak hanya untuk anak muda Eropa dan Amerika, tetapi juga Asia, Afrika dan Brazil!

Bajaj dikenal memiliki standard tinggi untuk kawasan Asia, karena itulah KTM berani menyerahkan produksi versi jinak KTM 690 Duke ini ke Bajaj. Hanya velg yang diproduksi di Cina, serta parts alumunium cetak yang dibuat di Polandia.

Di Mattighofen sana, 5 prototip 125 Duke sudah jadi dan ditest. Tiap-tiap unit sudah menempuh 100 ribu Km! WOOOW… Masih ada lusinan mesin DOHC single Duke mini ini yang akan di-test KTM di markasnya. Mesin berkonstruksi bisa dianggap square dengan kompresi 12,6:1 ini akan ditest kekuatannya. Bukan cuma power yang 15 PS@ 10500 rpm plus torsi 12 Nm @ 8000 rpm saja, tetapi akan ditest hidup selama 150 jam! KTM mencanangkan selain power besar juga daya tahan yang edan! Mesin motor berbobot 28 Kg ini akan diuji KTM di laboratorium test mereka. Mesin ini kemungkinan besar lulus test, sebab teknologinya diadaptasi dari mesin motocross 250 cc KTM yang memang high performance dan tahan digebuk habis-habisan!

Motor dengan ban lebar 110 di depan dan 150 di buritan dikatakan memiliki handling yang lincah. Tidak memalukan KTM deh.. Kopling dikabarkan memiliki kinerja oke dan mudah dikontrol. Soal ban, untuk menekan harga, dipasang ban produksi India, MRF untuk menggantikan Michelin yang dipakai di prototipnya. Motor yang berukuran besar dan katanya masih enak untuk yang bertinggi badan 182 cm sekali pun hanya memiliki bobot full tank 125 Kg! Dengan kapasitas tanki 11 liter, kabarnya nih motor ganteng bisa tembus 300 Km! Jarak sumbu roda yang 1,35 meter pun menjamin kelincahannya!

Di sektor pengereman, mantebs lah… Anak perusahaan Brembo di India, Bybre, akan memproduksi rem radial 4 piston untuk roda depannya. Suspensi USD 43 mm dengan jarak main 16 cm pun diproduksi perusahaan suspensi ternama di Eropa, yakni WP. Mereka bekerjasama dengan perusahaan suspensi India, Endurance.

Wah, boleh nih nabung dari sekarang… Siap-siap kedatangan si Weltrad alias World Bikenya KTM!

Iklan