Kapan sih sebenarnya Kawasaki identik dengan warna hijaunya? Ada yang mengatakan sejak hadirnya motor Superbike ZX-7R yang berhasil meracuni bikers dengan superioritas performanya. Motor ini pun juga meracuni bikers dengan warna hijau Kawasaki yang di Jerman disebut giftguren alias hijau racun! Yup, hijau racun! Namun, apakah benar baru muncul bersama ZX-7R? Boleh dibantah, sebab sejak zamannya Toni Mang pun Kawasaki sudah mendominasi GP 250 dan 350 dengan warna hijaunya kan….

Sekarang, kita lihat arti warna hijau di Eropa, khususnya di Jerman. Warna hijau adalah warna kehidupan dan tumbuhan. Hijau menjadi simbol kemenangan musim semi atas musim dingin. Warna ini dianggap hangat, merupakan gabungan warna biru yang berarti bagi jiwa dan warna kuning yang menghadirkan kehangatan bagi emosi manusia. Gabungan biru dan kuning menyimbolkan kebijaksanaan dan pertumbuhan. Warna hijau alias gruen atau dalam bahasa Inggris green memiliki akar kata grow yang artinya tumbuh. Boleh jadi, Kawasaki memahami arti kata ini dan memilih hijau menjadi warnanya!

Di Abad Pertengahan di Eropa, warna hijau adalah warna cinta, berbeda dengan warna cinta sekarang ini yang merah atau pink. Para penyanyi dan penyair istana menciptakan sajak dan lagu yang menyebutkan mereka yang jatuh cinta pada putri istana yang sering menggunakan gaun hijau. Warna hijau pun punya kaitan dengan agama Kristen di masa itu. Para seniman melukis salib Yesus dengan warna hijau. Warna hijau di sini melambangkan harapan. Sampai saat inipun begitu, di Jerman, warna hijau menyimbolkan harapan.

Di abad Pertengahan, ternyata warna hijau juga punya makna negatif. Warna ini dipakai sebagai warna ular-ular jahat dan roh-roh jahat. Sehubungan dengan ular yang berbisa, bisa disimpulkan arti kata giftgruen (Gift=racun, gruen= hijau)  itu asalnya dari makna: yakni warna ular berbisa itu, atau warna bisa ular. Nah, Kawasaki kan dikatakan di Jerman memiliki warna giftgruen, nah, bisa jadi memang yang diambil adalah warna hijau racun ini karena ingin motornya dianggap “mematikan” layaknya bisa ular!

Sumber arti warna hijau: Aspekte, Mittelstufe Deutsch, Arbeitsbuch 2.

Iklan