Penggemar motocross, terutama yang doyan motor terbang Special Engine di Indonesia sedang harap-harap tidak begitu cemas. Ada kabar yang menyebutkan, Kawasaki Indonesia akan memasarkan motor SE 250 cc, tepatnya Kawasaki KX250F yang memang berhabitat di dunia kompetisi motor terbang. Pastinya, meskipun sama-sama Kawasaki dan sama-sama single 250 cc, KLX 250 bukan lawan sepadan si special engine geng ijo ini, baik dari teknologi mesin, rangka, elektronik hingga suspensi. Semua yang terpasang di KX250F benar-benar siap tempur, cuma kurang dikit-dikit lagi lah biar speknya full competition. Bukan cuma lebih kencang, stabil dan ringan, SE dijamin siap terbang seenak jidat ridernya, beda dengan KLX yang kabar-kabarnya bisa remuk kalau dibawa “terbang” ala motor SE. Kehadiran KX250F melalui PT. KMI tentunya bakal meringankan harga motor ringan yang harganya extra berat itu. Kalau selama ini kudu sedia uang 90 juta keatas, bahkan lebih dari 100 juta rupiah, motor SE Kawasaki ini dikabarkan akan dilepas dengan harga 79 juta saja. Lebih murah kalau dibandingkan harga motor ini di luar. Sebagai perbandingan, KX250F di Jerman dilego  7330 Euro.

Seperti yang Bro sekalian ketahui, motor SE memang dirancang untuk kompetisi dan pembalap profesional. Tahun ini, mesin SE geng ijo ini mengalami perbaikan disana-sini, sehingga putaran menengah dan bawahnya lebih bertenaga. Dengan begitu, pembalap tak perlu terlalu sering oper gigi yang berakibat cepat merosotnya stamina dan terlalu merepotkan pembalap. Soal putaran atas jangan ditanya, sudah manjuuuur.. Dijamin bisa berputar extra tinggi. Ini penting juga di dunia motocross, sebab seringkali keadaan lintasan membuat proses pindah gigi agak sulit. Kawasaki mengatakan, proses perpindahan gigi ini pun ikut dalam daftar perhatian mereka, katanya sih sudah dibuat lebih mudah! Sistem injeksi pun mendapat perbaikan, bisa beroperasi tanpa baterai Bro! Perangkat ini juga dibuat lebih ringan, plus tidak butuh aki pula! Pompa bensin pun diperbarui, menjamin ketersediaan bensin selama motor dipacu kencang dan melalui permukaan yang pastinya sangat tidak rata dan penuh jempingan!

Rangka KX250F dikatakan sama secara bentuk dengan versi sebelumnya. Namun, Kawasaki sudah mengubah flexibilitasnya demi handling yang lebih top! Lengan ayun pun digunakan lebih panjang, sama dengan milik abangnya yang 450 cc. Ini mengikuti ukuran gir belakang yang lebih besar. Rantai pun otomatis mengikuti, dari 112 jadi 114 mata. Lengan ayun panjang ini membuat motor lebih stabil tentunya. Buat Bro yang tidak suka mesin berisik, KX250F ini boleh dilirik juga lho.. Meskipun SE, Kawasaki membenahi knalpotnya agar lebih merdu dan bersahabat di telinga..enak buat masuk gang di pemukiman padat…. (Rumah masuk gang tapi motor 79 juta???? tapi ada aja lho hihihi….)

Sebenarnya masih ada beberapa komponen yang diperbaiki performanya. Namun, yang menarik perhatian adalah penggunaan suspensi depan SFF (Separate Function Front Fork) produksi Showa. Kawasaki menjelaskan, ini pertama kalinya suspensi jenis ini digunakan untuk motocross (sebelumnya untuk apa ya? Jangan-jangan dipakai BMW..itu lo, teknologi Telelever yang pada prinsipnya sama dengan garpu SFF ini).

Di suspensi ini, peredam dan pegasnya terpisah Bro… Peredam di tabung kiri dan pegas di tabung kanan. Suspensi SFF menjanjikan “kelincahan” dengan redaman yang baik. Suspensi bisa naik turun dengan lebih cepat, tetapi per yang digunakan bisa keras, suatu kombinasi yang sulit diperoleh di suspensi konvensional. Silahkan lihat sendiri onderdilnya:

Iklan