Beberapa waktu lalu, saya sempat berkunjung ke kawasan jln. Kebon Jeruk III untuk mencari beberapa onderdil. Ketika menanyakan harga kepala babi original untuk Honda GL 100, si penjaga toko mengatakan, baru saja terjual, stock habis! Yang bikin nyesek adalah harganya: 1,5 juta coy! Wah, lebih murah pake cakram dan rem hidrolik tuh! Si penjaga toko menawarkan paket lengkap cakram + kaliper+selang rem+cakram made in China yang semoga awet itu, banderolnya 200 ribu saja… Menggiurkan memang, tetapi lebih baik ambil merk Jepang 2nd sajalah…

Keterkejutan untuk mendapatkan komponen original tidak berhenti sampai di situ. Harga sepasang klep Honda GL 100 original dibanderol 400 ribu! Wah, langsung sesak nafas… Untung ada yang KW2 nya Bro, dan banderolnya benar-benar jauuuuh: 35 ribu sepasang!

Seketika itu juga saya teringat cerita Om Grattiano Deru soal policy BMW berhubungan dengan parts original keluaran BMW. Katanya, BMW punya kebijakan membanderol harga komponen original dengan harga tinggi, sehingga kalau seseorang merakit sebuah motor  BMW total menggunakan komponen original ini seluruhnya, maka harga motor itu jadi 15 kali harga motor barunya! Sintiiiing!!!!! Tak heran kalau ada yang membangun BMW R25 hingga tembus 70 juta, dan itu pun belum kelar! Makanya, disarankan kalau mau beli motor BMW itu yang original dan lengkap partnya!

Bagaimana dengan pabrikan Jepang? Wah sepertinya mereka pun punya kebijakan begitu. BMW malah lebih baik, sebab masih berani menyediakan komponen untuk motor-motor yang sudah lama terbit, beda dengan pabrikan Jepang yang suplai komponennya tidak berjalan untuk waktu lama dan sepertinya tidak untuk semua parts. Pabrikan Jepang pun sepertinya juga tidak murah dalam membanderol parts originalnya! Kita banyak tertolong oleh banyaknya parts bikinan dalam negri Bro! Mau KW2 kek, KW3 kek, tinggal pilih.. sebab populasi motor Jepang memang banyak, bahkan bisa saling substitusi.

Kenapa sih ada policy seperti itu? Bukannya seharusnya mahalnya tidak semahal itu? Sebenarnya sah-sah saja.. Kebijakan yang tidak enak semacam ini adalah jurus produsen untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Kalau harga komponen original sangat mahal, otomatis pemilik mulai melirik motor baru. Kalau harga komponen original dijual murah dan tanpa kebijakan macam 1 : 15-nya BMW, bisa-bisa extra seret penjualan motor barunya!

Iklan