Alles aus einer Hand: Seit 2002 gehört der Felgenhersteller Marchesini zu Brembo.

Para penggemar balap motor pasti mengenal Brembo, spesialis rem nomor satu yang ada saat ini. Di MotoGP sudah jelas keperkasaan Brembo, tahun 2010 lalu, 14 dari total 17 racer mempercayakan rem motor mereka disuplai oleh pabrikan Italia ini. Tidak cuma tenar di balap motor, Brembo juga jagoan di F-1, DTM, World Rally dan berbagai ajang balap bergengsi lainnya.

Brembo dipercaya pelaku balap, karena kualiasnya sudah terbukti top. Mereka punya “Paus” alias master tertinggi dalam teknologi rem, yakni Eugenio Gandolfi, guru besar rem yang sering muncul di paddock MotoGP. Kemampuan rem Brembo dalam menghentikan kendaraan saat ini pun dikatakan belum pol, baru 50%. Lho kok setengah-setengah????? Jangan salah Bro, buktinya yang setengah-setengah itu sudah harus dikawal ABS kan? Sang pakar mengatakan, kalau kekuatan rem diberikan 100%, saat ini belum ada kendaraan yang “kuat” menerimanya…

Brembo sendiri memiliki pabrik pusat di Curno, dekat Bergamo. Letaknya di antara jalan tol rute Milan-Venesia. Di pabrik ini, tuntutan kerja sangat tinggi. Di pabrik “Kilometro Rosso” yang memiliki 230 karyawan, ada bagian rem mobil dan motor. Di tempat ini diproduksi juga velg kelas wahid, Marchesini, yang tahun 2002 sudah dicaplok oleh Brembo. Sebanyak 100 orang dari total karyawan di pabrik di Curno ini mengurusi rem untuk balap! Mereka mengembangkan, menguji dan memproduksi rem yang memang dipakai untuk kompetisi. Pabrik ini juga punya 18 stand pengujian rem. Mereka sangat memperhatikan daya tahan dan karakteristik rem. Jadi, rem itu memang pakem, tetapi seiring penggunaan terus menerus yang mengakibatkan suhu meningkat, rem bisa perlahan kehilangan daya gigitnya. Inilah yang diteliti di sini. Sebuah serial rem pun diuji dulu sampai 100 ribu kali penekanan tuas rem, sebelum dinyatakan matang untuk dijadikan produk massal. Setelah itu pun, Brembo mengutus 10 tester mereka untuk menguji rem ini. Bukan hanya ecek-ecek, mereka juga pakai di Desmosedici lho…Tidak heran Brembo begitu kuat di bidang balap!

Oke, karena tampaknya orang-orang yang tersesat kesini sudah tidak sabar lagi untuk tahu asal usul nama Brembo, kita langsung saja ke point itu..

ehm..ehm..ambil suara dulu..

oke, jadi begini..

srrrrrrrrrrrrpppppp..ahhhhhh..teh anget emang nyosss…

sorry..sorry.. begini nih..

aduh, kebelet, WC dulu ah…

5 menit kemudian..

maaf Bro.. oke kita langsung saja….

bleeeeeeppppppppp……….. (ceritanya mati lampu)

Oke, sekarang serius:

Brembo itu didirikan oleh Emilio Bombassei sekitar 50 tahun lalu. Awalnya mereka hanya memproduksi cakram untuk pabrikan mobil Italia, Alfa Romeo. Bisnis Brembo terus berkembang, hingga pada tahun 1972, Brembo hadir di sepeda motor, yakni Moto Guzzi. Kini Brembo hadir di berbagai motor Italia, seperti Ducati, MV Agusta dan Aprilia. BMW pun juga mempercayai remnya pada Brembo,  tetapi tidak semua rem tertulis merk Brembo, ada yang tertulis BMW. Dan, ternyata yang menjadi konsumen terbesar Brembo bukanlah pabrikan motor yang terkenal dengan motor-motor balapnya, tetapi justru dengan motor klassik konservatifnya, yup Harley Davidson! Di kaliper HD tentunya tidak tertera Brembo, melainkan logo HD.

Soal nama Brembo, itu adalah nama sebuah sungai di dekat bengkel kecil yang didirikan Emilio Bombassei 50 tahun lalu itu… dah ya Bro..utang ane lunas…hhhhhhhhhh…lega….terutama buat Kangban yang duluuuuuuuuu bgt minta ane bahas Brembo..sorry baru sekarang hehehee….