Dorna-Chef Carmelo Ezpeleta plant nicht nur in der MotoGP große Schritte

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menjelaskan minggu lalu di Madrid, menjelaskan masa depan MotoGP, Moto2 dan Moto3. Doi yakin, bahwa tahun 2012 nanti GP motor akan kembali ke level, di mana krisis ekonomi belum melanda.

Menurutnya, kelas 800 cc sekarang memang mahal, sebab memang direncanakan tanpa memikirkan faktor biaya. Pengembangan motor di kelas ini tidak diperhitungkan pembengkakan biayanya oleh Dorna ketika itu, sebab saat itu roda perekonomian memang lagi lancar jaya. Ketika roda perekonomian macet, tentunya harus ada perubahan. Dorna menargetkan punya 22 pembalap di kelas pararaja, atau kalau perlu maksimum, yakni 24 pembalap start di kelas MotoGP. Ezpeleta sendiri mengakui, saat ini banyak proposal yang masuk, jumlahnya kalau diterima semua, sudah melebihi quota!

Tahun 2012 nanti, akan ada dua macam tim, yakni tim pabrikan dan tim privat. Tim pabrikan akan menggunakan mesin prototip yang sudah jelas extra mahal, sedangkan mesin yang digunakan tim privat akan lebih murah, sebab mereka menggunakan mesin motor yang beredar massal. Meskipun dibilang murah, tim privat ini harus sedia sekitar 750 ribu Euro untuk penyediaan motor! Jangan tanya, berapa biaya yang dikeluarkan tim pabrikan untuk pengadaan motor! Di Moto2, jika sebelumnya di 250 cc tim pabrikan keluar dana 1,2 juta Euro untuk motor, kini berhasil dipangkas jadi 400 ribu Euro.

Bagaimana dengan Moto3? Seperti kita sudah tahu, tahun 2012 nanti, motor 4 tak 250 cc akan menggantikan mesin 2 tak 125 cc. Untuk menjaga agar race tetap ramai dan tidak timpang prestasi karena masalah finansial, Dorna pun membuat aturan-aturan yang wajib diikuti. Motor seperempat liter ini putaran mesinnya mentok di 14 ribu rpm dan ECU (Engine Control Unit) yang dipakai adalah yang disediakan Dorna. Jadi, yang menentukan kompetitif atau tidaknya sebuah motor nantinya adalah frame, dan tentunya kaki-kaki, fairing, setting dan si pembalap plus crewnya. Moto3 pun nantinya akan minim dengan peranti-peranti elektronik aneh ataupun parts racing dengan teknologi luar angkasa yang harganya selangit, sebab Dorna akan membatasinya! Di kelas ini, dikabarkan akan ramai dengan partisipasi berbagai pabrikan, tidak seperti di Moto2 yang mesinnya disuplai Honda saja.

Moto2 sendiri nantinya juga tidak hanya disuplai mesinnya oleh Honda saja. Dorna merencanakan, tahun 2013, semua produsen motor boleh turun tempur di kelas menengah ini.

Iklan