Bencana gempa setara gempa Aceh dan turut menimbulkan Tsunami membuat sebagian Jepang porak poranda dan secara langsung dijamin membuat perekonomian salah satu negara tercanggih di dunia ini berantakan. Gempa dan Tsunami tidak hanya menghancurkan bangunan yang jika hancur tidak menimbulkan kehancuran lainnya, tetapi juga menimbulkan kebakaran dan ancaman bahaya kerusakan reaktor nuklir Fukushima yang sistem pendinginnya rusak. Reaktor semacam ini memang menguntungkan secara matematis, tetapi gempa dan Tsnuami Jepang menjadikan cerminan, adanya kekuatan yang tidak bisa diperhitungkan dan dicegah manusia, seaman apapun tingkat keamanannya. Hmmm jadi nih pemerintah kita pakai tenaga Nuklir? Kalau sampai jadi, stay away deh Bro…

Belum beres sisi timur laut Jepang, ribuan Km dari situ, di sebelah barat daya Jepang, gunung Shinmoedake yang bulan Januari lalu mulai giat bekerja setelah 52 tahun terlelap, menyemburkan debu dan batuan hingga setinggi 4000 m ke udara. Masih jelas di ingatan kita, betapa bencana macam ini, walaupun jauh dari pemukiman akan memblokir perekonomian, karena transportasi udara dipastikan terganggu.

Apa akibat bencana ini nantinya bagi MotoGP? Pasti ada… Namun, apakah benar-benar parah? Sepertinya tidak… Sebab Jepang dengan perusahaan-perusahaan mereka sudah menyebar unit-unit produksinya. Pasar mereka pun sebagian besar di luar Jepang, jadi income tidak akan terhambat, sepanjang kondisi perekonomian dunia stabil. Yang dipastikan terganggu adalah pengembangan teknologi motor. Beberapa tahun kedepan sepertinya dana untuk bagian ini akan sedikit seret dan membuat perkembangan teknologi si roda dua akan sedikit stagnan.

Seperti sudah Bro dengar, salah satu karyawan RnD Honda ada yang menjadi korban. Pusat pengembangan Honda di Tochigi, dekat sirkuit Motegi itu terkena efek gempa, 30 karyawan lainnya dikabarkan terluka. Di kalangan pembalap, sampai saat ini tidak ada kabar buruk. Orang tua Aoyama dan Tomizawa dikabarkan selamat, begitu kata Aoyama melalui Twitternya.

Bagaimana dengan HRC yang saat ini sedang unjuk kekuatan di MotoGP. Tenang saja… Mereka dipastikan tetap memiliki kekuatan penuh. Markas Honda Racing Corporation di Asaka tidak mengalami kerusakan bangunan dan tidak ada yang terluka. Sebagian mereka yang tinggal di Eropa atau sudah dalam perjalanan ke Qatar merasa beruntung. Hanya saja ancaman melelehnya inti rekator nuklir di Fukusima masih membuat mereka kuatir. Tampaknya akan banyak pita hitam di GP-Qatar akhir pekan ini…

Herzliches Beileid……..

Iklan