Kalau dulu kita sudah kenalan dengan Suzuki Madura dan calon mobilnya Lamborghini, yakni Lamborghini Madura, sekarang kita kenalan dengan Honda Bali. Silahkan saja para fans boy non Honda menghina-hina motor matic Honda yang satu ini, dalam segi desain, para fans boy Honda pun bakalan sulit untuk jujur, bahwa desain Honda Bali benar-benar tidak sesuai dengan image pulau Bali yang tersohor keindahannya.

 

Bagi mereka-mereka pencinta produk Italia dan mengatakan semua rancangan Italia itu indah, nah pikir lagi.. sebab Honda Bali ini diproduksi di Italia dari tahun 1995-2001. Sejak dari awal, Honda Bali tampangnya begitu-begitu saja, hanya ada perubahan sedikit di tahun 1998. Itupun sebatas lampu depan dan lampu rem yang lebih membulat.

Tampangnya yang nggak banget ini pun juga ditambah dengan performanya yang STD. Yup, doi bukan motor matic beraliran sport. Motor berkapasitas 49 cc 2 tak ini hanya berbekal tenaga 4PS/ 7100 rpm. Cukup sebenarnya untuk happy2 di dalam kota. Top speednya juga hanya 50 Km/jam. Itu yang 50cc lho, kabarnya juga ada yang 100 cc, dan tentu top speednya lebih tinggi, kabarnya tembus 100 Km/jam.

Motor bertampang extra pas-pasan ini kecil, tetapi mampu memangku 2 orang dan katanya cukup nyaman. Motor ini punya suspensi oke dan pengereman pakem, sebab dikawal rem cakram di depan, sedangkan belakang cukup tromol. Motor berbobot kosong 91 Kg ini minta jatah 3,5 – 4 liter bensin untuk menempuh 100 Km.

Di judul kok ada kata “tetapi”? ?Nah itu dia Bro… Cupu2 begini ternyata banyak juga penggemarnya, malah penggemarnya datang dari kalangan penggemar kecepatan. Tampang cupu ini malah disukai untuk menyembunyikan mesin yang galak dan mengasapi skuter cc besar dan skuter matic yang memang berkonsep sport. Perangkat racing macam CDI, knalpot, puli hingga bore upnya pun tersedia. Dengan  komponen macam karbu Dell Orto venturi 19, filter udara racing, paket bore up 70 cc buatan Polini plus penggantian gear dan katup buluh, Honda Bali dengan enteng tembus 135 Km/jam! Enaknya lagi, harga komponennya murah, kalau dibandingkan komponen motor di Eropa sana yang rata-rata moge. Nah, tertawa senanglah para penggemar Bali yang menaiki Honda Bali bertampang standard tapi sudah full tune up!

foto:Wikipedia