Hmm.. Ada beberapa catatan saya dalam GP Jerez kemarin, terutama seputaran kasus Rossi dan Stoner:

1. Apa yang terjadi adalah kecelakaan balap. Apakah ada konspirasi layaknya sepakbola? Hmm di awal seri kemungkinan itu boleh dibilang 99,9% tidak ada.

2. Penonton balap motor Spanyol terhitung fanatik. Marshal pun mau tak mau terbawa suasana. Mereka sangat menudukung pembalap tuan rumah, sehingga boleh jadi bukan hanya faktor Rossi sebagai “dewa balap motor” saja yang membuat Rossi “didahulukan”. Dalam hal ini pendapat Bro Safety Rider alias Legenda Rider saya setujui. Ditambah lagi tambahan dari Bro Nunoe soal Assen 2008, antara Rossi dan RdP.

3. Kenapa penonton Spanyol fanatik? Jelas, balap motor memang mendarah daging di sana, ditandai banyaknya sirkuit, pembalap, sponsor dan jantungnya GP motor memang ada di Spanyol saat ini. Kefanatikan ini begitu terlihat ketika dari salah satu video saya menyaksikan, betapa penonton terlihat riang melihat jatuhnya Stoner dan Rossi. Beda ketika Sachsenring 2009 lalu, saya menyaksikan sendiri penonton mensupport semua pembalap, mereka memberi applaus kepada manuver-manuver salip menyalip dan menyayangkan ketika ada pembalap yang terjatuh.

4. Manuver Rossi banyak yang mencela, banyak yang membela.. Menurut saya wajar. Masih lebih parah kasus Materazzi VS Zidane yang terang-terangan penuh pelanggaran kan. Kasus Rossi membawa serta Stoner jatuh wajar dalam balap. Tanpa ada manuver-manuver “gila” di lapangan, MotoGP bukanlah tontonan seru. Tanpa kasus-kasus seperti ini, pembalap, race dan motoGP hanyalah event 3 hari saja…

5. Reaksi Stoner masih bisa dibilang baik. Coba kalau yang tertabrak Nicky Hayden, dijamin langsung buka helm dan tereak-tereak dengan perkataan layak sensor!

6. Kenapa Stoner merasa tertekan dan diperlakukan tidak adil? Video yang lengkap sudah cukup menjelaskannya. Foto diatas pun juga cukup membuka ruang interpretasi baru, kira-kira perkataan pedas apa yang mendarat di kuping Stoner saat itu, mengingat sebagian besar orang dibelakangnya beratribut FBYyang pastinya secara tak langsung FBL mengingat mereka berada di tanah para matador hihihi….

Iklan