Dulu kita pernah membincangkan asal mula munculnya Honda Fireblade di tahun 1993 yang dirancang Tadao Baba. Banyak yang beranggapan, Fireblade series, terutama di gen awal, merupakan sebuah gebrakan dan membuat standard baru bagi dunia motorsport. Anggapan itu memang benar, tetapi, 8 tahun sebelumnya, Suzuki sudah melakukan hal yang sama dengan hadirnya Suzuki GSX-R 750.
Gixxer 750 memang berhasil membuat standard baru di dunia motorport. Doi di masa itu menjadi motor balap yang sangat mendominasi di berbagai kejuaraan balap moge, sebab doi memang standardnya punya gen balap paling baik, tenaga yang extra besar layaknya motor 1000 cc, tetapi handlingnya lincah layaknya motor 600 cc. Gacoan Yamaha yakni FZ 750 dan Honda VF 750 benar-benar seakan bukan tandingannya.
Bobot kosong diklaim Suzuki hanya 176 Kg! Bahkan untuk balap, ketika kedua lampu depan, lampu rem, spidometer, sen, starter dan spul ditanggalkan, bobot Gixxer yang masih eksis seri terbarunya hingga saat ini berbobot hanya 159 Kg inklusif oli! Mantabs toh… Bobot segitu pun didorong dengan tenaga mesin sebesar 100 PS. Namun, ketika diukur di gir depan, tenaganya murni 73 PS, lumayan lah… Dengan sedikit tuning, tenaga diatas 90 PS mudah diraih. Tenaga mulai keluar di 5000 rpm, tetapi masih kurang lah untuk balap. Dalam balapan, tenaga baru keluar maksimal di 7000 rpm, tenaga terus tersalur hingga mentok di 10.500 rpm, ya termasuk sempit sih power bandnya.
Kehebatan utama gixxer sebenarnya di handlingnya yang lincah dan presisi. Motor terasa stabil di tikungan dibandingkan pesaingnya. Kalau sampai muncul gejala understeer atau keluar racing line, dengan sedikit gerakan, motor bisa kembali terkontrol dan melaju sesuai keinginan. Disinyalir karena titik keseimbangan motor ini lebih sempurna, rider memiliki posisi duduk lebih rendah. Hmm, jadi ingat ZX-10R baru yang posisi duduknya lebih mendekat ke mesin, hingga titik berat motor semakin sinkron. Untuk menjaga kestabilan motor saat mengerem habis-habisan, tentunya dibutuhkan trik tertentu. Zaman itu, belum ada tuh ABS dan peranti selip kopling. Suzuki pun membuat rpm Gixxer 750 terendah 2500 rpm, lumayan untuk meminimalisir ban belakang goyang dangdut akibat engine brake.
Buat banyak bikers modern, tampang Gixxer 750 berpendingin oli ini memang jadul dan kaku. Namun, jangan salah, di luar sana, motor dari tahun 80an ini masih banyak penggemarnya. Hingga kini, para penggemar motor balap tahun 80an memang masih rutin ngumpul dan menyelenggarakan classic race. Dengan segala kemampuannya, banyak yang menyebut Gixxer 750 bukanlah hasil evolusi, melainkan revolusi.
Hmm ada yang jual Gixxer 750 gen awal ini nggak di Jakarta dan sekitarnya? Minat nih hihihihi…. (lihat isi dompet, buku tabungan, celengan kodok, celengan ikan, celengan kaleng susu dan bawah bantal) kalo 5 juta bawa kemarih hihihi…..
20 komentar
Comments feed for this article
21 April 2011 pada 7:11 am
bjl sesat
udah lama kaga pertamak dimarih..
21 April 2011 pada 12:43 pm
arieslight
blog ini kehilangan beberapa komentator lama huhuhu..seiring penurunan mutu hahaha
21 April 2011 pada 7:21 am
nunoe
satu2nya motor sport 750cc yg masih bertahan..padahal udah ngga ada kelas balapnya…
sama kayak Ducati 848, masuk kelas supersport gak bisa, superbike juga gak bisa…nanggung…
21 April 2011 pada 12:44 pm
arieslight
ducati sengaja tidak meneruskan 748 karena babak belur di WSS..makanya kapasitas dibuat 848 hehehe… ia nih, gixxer 750 masih setia..tapi emang laku kok…
21 April 2011 pada 7:29 am
bjl sesat
tahun segini Indonesia masih berkutat dengan astrea 800. mentok paling cikalnya gl pro.
sekarang? hehe..
keren ya, kelihatan cantik frame nya.. mengingatkanku pada RGR..
striping ini menginspirasi saya, kalo punya motor fairing mau tak bikin kayak gini ah. 😛
21 April 2011 pada 12:46 pm
arieslight
yup, bikin nepsong..tapi maunya yang taonnya mudaan dikit, soalnya yang ini kegedean body belakangnya..
21 April 2011 pada 8:10 am
daris
palingan dapet bodong 😀
21 April 2011 pada 12:46 pm
arieslight
bodong juga belom tentu dapet tuh…
21 April 2011 pada 8:11 am
asmarantaka
Suzuki emang jago bikin motor kencang…terutama motor jalanannya..sayang di Moto GP ngk berkutik..huhuuhuh
21 April 2011 pada 12:48 pm
arieslight
akibat turun setengah2… tapi mending lah daripada mundur total..sepi ntar..
di WSBK juga dah payah..untung aja masih juara endurance bold’or
21 April 2011 pada 3:13 pm
devil
lebih nafsu sama fireblade.. hehe
25 April 2011 pada 9:54 am
arieslight
ntar kalo dah bejek gas gixxer juga ngak ketahan lagi tuh napsu hihihihi
22 April 2011 pada 4:16 am
kangmase
Motor sport Suzuki sebenarnya bagus, lebih bagus dari punya Hond* menurut saya, tapi ya itu kok disini jualnya cuma Thunder 125, hiks…
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/21/komparasi-motor-sport-dibawah-25-juta-bahgian-2/
25 April 2011 pada 9:55 am
arieslight
menurut saya bagusan bmw hihihi
22 April 2011 pada 6:12 am
Safety Rider
daerah mesinya kopong amir.
25 April 2011 pada 9:56 am
arieslight
filternya kan dicopot..moge khas jaman dulu emang gitu bro, rangkanya belum padet, banyak ruang kosong, kalo sekarang langsing2 n padet bgt..
23 April 2011 pada 8:45 am
nebarto
frame kecil banget, pantesan ringan..
25 April 2011 pada 9:57 am
arieslight
mungkin kelemahannya kaya ZX-10R 2006, kalo kecelakaan rangkanya KO
23 April 2011 pada 11:47 am
blognyamitra
Filter udaranya dicopot, kalo kemasukan air langsung mati deh tuh mesin 😀
25 April 2011 pada 9:58 am
arieslight
nguuuuuuung…nguuunng…blebblebbleb…
*celingak celinguk cari marshall buat dorong hihihi