Bernostagila sejenak ke zaman saya SD, dimana yang namanya Tamiya memang sedang booming dan diperlombakan dimana-mana. Trend Tamiya saat itupun diperkuat dengan hadirnya film kartun Dash Yonkuro yang dikemas menarik, lumayan logis di dalam ketidaklogisannya dan begitu melibatkan unsur emosional dan semangat, terutama untuk anak-anak kecil.
Serunya bermain Tamiya membuat banyak kalangan terjun mengikuti lombanya atau sebatas mengetst saja racikan mobilnya di lintasan yang banyak disediakan saat itu di berbagai pusat perbelanjaan. Dari modal dan otak pesertanya, sudah bisa diduga siapa yang akan memenangkan lomba-lomba Tamiya: Mas-mas dan om-om yang duitnya memang banyak! Maklum, untuk anak-anak, peranti ini itu dan parts racing Tamiya bisa dibilang mahal, jauh lebih mahal dibandingkan mobilnya sendiri, benar-benar seperti dunia balap sesungguhnya.
Serunya lagi, sebatas dana tak terbatas bukan jaminan untuk menang, teknik setting dan mengenal karakter lintasan jadi jaminan kemenangan penting di sini. Misalnya, dalam satu race saya sempat juara, dikarenakan kemampuan saya menganalisis track. Kemampuan saya membuat mobil F1 Renault saya finish tak tersentuh! Jadi karena bokek, saya tidak mampu lagi beli baterai baru Alkaline yang saat itu 2000 rupiah (baca:20 tusuk sate ayam). Kedua peserta lainnya loncat keluar lintasan karena mobil mereka terlalu kencang, mobil saya yang bertenaga sisa-sisa pun finish sendirian hihihi….
Oke serius… Dari Tamiya inilah saya belajar mengenal pentingnya power mesin, belajar gulung dinamo, belajar nabung buat beli parts dan sebagainya. Tidak sebatas membuat mesin kencang, rasio gir pun dipelajari di sini, selain itu juga sudah terbukti peranan pelumas yang sangat krusial. Saya ingat betul ketika menjalankan mobil standard tanpa saya olesi grease di gir dan bearingnya dan kemudian membandingkan dengan mobil yang terlumasi baik.
Tamiya juga mengajarkan pentingnya rangka dan cengkraman ban ke lintasan, apakah harus ngegrip atau tidak, apakah bobot harus seenteng mungkin atau tidak, apakah harus menambahkan “rem” atau tidak. Selain itu, teknik memanaskan mesin juga dipelajari di sini. Jadi, dinamo baru berputar maksimal dalam suhu tertentu. Jadi, mobil memang harus dipanaskan dulu dinamonya beberapa saat untuk meraih suhu optimum, kemudian disemprotkan cairan pendingin. Nah, baru ready to race deh.. Kalau dari dingin langsung dipakai race, putaran dinamo tidak akan maksimal. Nah, biar ngirit duit, untuk memanaskan mesin pakai baterai second saja..
Banyak juga yah yang bisa dipelajari secara tidak sadar…
24 komentar
Comments feed for this article
28 April 2011 pada 4:14 pm
elsabarto
sayang anakku klo beli lsg ancur, terima bongkar gak terima pasang 😆
sekarang malah jd korban kapitalisme iklan gangsing bayblade, beli 1 biji > 100rb, udah dibeliin minta beli lagi model lain, hedeh.. padahal dulu klo mau adu gangsing cuma modal 1000 perak (gangsing bambu)
29 April 2011 pada 1:29 pm
arieslight
ketukang bubut bro, bawa piston bekas sama klep, nah dilas dan ditajemin ujungnya biar jadi gasing unbeatable hehehe…anak ente pasti bangga hihihi
28 April 2011 pada 4:14 pm
Safety Rider
aku berlari lari mengejar mobilku,
oh mobilku nomor satu…
buatan ayah yg slalu kucinta….
wkwkwk, nostalgia jaman sd.
ane yg dari kampung ga tau apa-apa, taunya beli tamiya yg bagus, kl dikampung ga ada lawan, duit hasil sunatan.
ikutan lomba di kota, pergi naik angkot, aje gile, modifnya orang-orang gile banget, babak pertama lsg ko, bukan klh cepet, tp terbang tamiyanya, mbalik keluar lintasan..
fiuh, beda banget euy.
29 April 2011 pada 1:31 pm
arieslight
kita emang bukan lawannya mas2..palagi om2…hahaha…sakit ati doang… ikut kelas standard aja dah ngos2an beli beterenya..mana kok mobil orang pada kenceng2 bgt.. dinamonya ngibul, luarnya aja hyper dash, dalamnya lemans pro hahaha…
28 April 2011 pada 5:56 pm
jakatimur
wah inget jaman dulu. yup persis itu super emperornya. dilihat2 sebenernya bodynya lebar banget dan gak aerodinamik sama sekali. termanipulasi oleh filmnya…:D
29 April 2011 pada 1:32 pm
arieslight
tapi logika pakai tiang di shooting star waktu lawan proto emperor di lintasan spiral oke juga kan hehehe….
28 April 2011 pada 7:29 pm
Long'S
Yg ajib gulung dinamo model paramid pake kawat 4,5 warna merah! Truz magnet ny ganti ma yg lbh kuat! Dinamo ny model bintang… Tiap baut (ada 4) di isi 2 roller bearing ksh pemberat tambah tutup masjid… Klo ga mau mental ksh karet bekas ban tamiya tempel di chasis dpn sehingga klo ada tanjakan bisa di reduksi… Ban dpn jgn pke karet, polos aza utk mengurangi gesekan truz ban belakang di usahakan karet ny se kesat mungkin biar ga spint klo msh licin jga amplas… Sekian tips modif tamiya part I 😀
28 April 2011 pada 7:32 pm
Long'S
Klo mau kenceng gulung dinamo model paramid pake kawat 4,5 warna merah!, angker ganti model miring atau panjang (warna ijo) Truz magnet ny ganti ma yg lbh kuat! Dinamo ny model bintang… Tiap baut (ada 4) di isi 2 roller bearing ksh pemberat masing” satu buah biar tikungan bs di libas dgn mulus. tambah tutup masjid… Klo ga mau mental ksh karet bekas ban tamiya tempel di chasis dpn sehingga klo ada tanjakan bisa di reduksi… Ban dpn jgn pke karet, polos aza utk mengurangi gesekan truz ban belakang di usahakan karet ny se kesat mungkin biar ga spint klo msh licin jga amplas… Sekian tips modif tamiya part I 😀
29 April 2011 pada 4:43 am
Safety Rider
mantap gan, senior banget nih..
29 April 2011 pada 1:35 pm
arieslight
disinyalir pemain lama nih…
btw, ada tuh 2 bulan lalu di gandaria city, katanya ampe ada yang dateng khusus dari yogya hahah..
rem depan kurang manjur bro, yang manteb pake kaya akar panjang kebelakang..ada yang pake sendal jepit dipotong buat ngerem.. mobilnya jadi 30 cm gitu panjangnya.. tapi bingung tuh kalo ada spiral, suka jatuh di tengah haha…sayang jarang yang nyediain spiral salto itu…
blom lagi yang sengaja dipikin jumpingan ..puter otak lagi yang pake rem n kebanyakan pemberat hahaha..
ditunggu part IInya..
29 April 2011 pada 9:28 pm
nunoe
widih…mastah nih..
dulu sempet ngegulung dinamo sendiri pake kawat merah..2 gulungan dah berhasil, gulungan terakhir gagal…
stress sendiri..wkwkwkwk
29 April 2011 pada 7:41 am
masTer Samidi O_O
jasi inget..dulu pernah punya Astute jr, trus ada juga yang dinamo depan..tapi beraaaattt bro.. 😦 teralhir punya Dash Emperor..Yonkuro punya
tapi paling ngiler ma super avante n mantaray 😎
bro, BMW nya kereeenn..ngiler ane…
ane penggemar motor klasik juga..ni ane punya wallpaper Hi Resolution motor klasik keren2…
http://ngobrolmotor.wordpress.com/2011/04/29/pecinta-motor-klasik-masuk-wallpaper-hi-res-siap-disedot-seri-1/
salam kenal bro…
29 April 2011 pada 1:38 pm
arieslight
salam kenal juga bro..
ane pikir2, dulu tamiya ane banyak juga…
tapi yang pertama shooting star, menyusul super astute n black mantaray.. sempet juga punya beberapa yang F1.. sayang dah ancur semua, pas pindah rmah pada ilang dan dibuangin..padahal lagi ngetrend lagi nih…
30 April 2011 pada 3:34 am
Safety Rider
jd inget dl yg dipake super astute.
29 April 2011 pada 10:51 am
kentadis
maju terus magnum!
29 April 2011 pada 1:38 pm
arieslight
magnum? Kok ingetnya escream ya? hihihi
29 April 2011 pada 1:46 pm
inu-smart
proto saber x hahaaha masa kecil kurang bahagia
29 April 2011 pada 1:53 pm
arieslight
waduh apalagi itu??? lho, justru itu nasa kecil lagi bahagia2nya bukan hihihi
29 April 2011 pada 3:10 pm
Shark
walah tamiyaku yang type tarik tambang 😦
29 April 2011 pada 6:22 pm
kangmase
dulu juga sempat ikut2an minta dibeliin…
29 April 2011 pada 9:30 pm
nunoe
kemaren harta karun itu ditemuin lagi sama adek ane di rumah..
ane paling sering ganti sasis..soale sering patah..bukan saking kencengnya, tapi ditabrak sama tamiya laen…
wkwkwkwk
2 Mei 2011 pada 3:22 pm
blognyamitra
Tamiya saya kalo jumping kebablasan mulu keluar lintasan
6 Desember 2012 pada 6:09 pm
Slow_Down
baca blog ini jadi inget waktu kecil, Dash yan kuro. 😀
15 Desember 2012 pada 7:35 am
arieslight
hehehe… mobil kecil kenceng dan mahal…ini blog romatis bro, banyak mengenang masa lalu wkwkkwkw