Moto3 yang akan diselenggarakan tahun depan dengan mesin 4 tak 1 silinder 250 cc dipastikan punya pengaruh terhadap penjenjangan balap motor di bawahnya.
Yup, pembalap-pembalap muda nantinya disinyalir akan digembleng juga dengan motor bermesin sejenis dan sebanding dengan Moto3. Bagaimana dengan Indonesia? Mau ikut-ikutan balapan 250 cc dengan mesin 4 tak? Yang paling dekat saat ini tentunya menggunakan mesin CBR 250, atau kalau masih ingin lebih menarik banyak peserta bolehlah melibatkan Ninja 250.
Namun, apakah cukup mendekati keadaan di Moto3 nantinya? Sepertinya tidak tuh… Untuk mentuning motor hingga powernya mendekati 45 PS saja dijamin sudah harus berdarah-darah tuh dompet kalau masih mau mengorek potensi mesin 4 tak Ninja dan CBR 250. Kalaupun tenga sekitar 45 PS itu didapat, biayanya pasti gila-gilaan, sebab race bukan sekali saja kan, tetapi harus berulang kali dalam periode tertentu untuk melahirkan bibit yang benar-benar handal. Jangan lupa juga dengan bobot kedua motor ini yang nyaris 2 kali berat motor Moto3! Ninja 250 dan CBR 250 mau diapain biar bobotnya di bawah Kg full tank???
Solusinya ya, lirik saja 2 tak! Saat ini tentunya hanya difasilitasi Kawasaki Ninja RR 150 lah.. Secara power lebih mudah ditingkatkan dengan dana ekonomis plus bobotnya yang jauh lebih ringan dibandingkan motor 4 tak seperempat liter.
Wah, tidak berkarakter 4 tak dong?
Sebenarnya tidak perlu pusing… Moto3 sendiri saat ini kan sudah dicoba di berbagai negara seperti Italia dan Jerman. Di Jerman, Moto3 tertinggal hingga 4 detik per lap dibandingkan mesin 2 tak 125 cc! Moto3 yang dipakai itu padahal diperoleh dari Moriwaki yang memang bagikan Mercedes dan AMG serta BMW dan Hamann. Nah, masih tanda tanya tuh Moto3… Bisa sih dipaksakan, tetapi kalau terlalu lambat, wah, siap-siap panen cemoohan! Kalau mau bijak dan menghemat dana, rasanya kapasitas Moto3 perlu dinaikkan menjadi 300 cc dengan ukuran bore yang lebih besar!
Kembali ke 2 tak untuk balap Indonesia. Selain lebih ekonomis, karakter mesin 2 tak lebih baik untuk mengasah ketrampilan balap, sebab menuntut pembalapnya harus jago menjaga putaran mesin saat melahap tikungan. Selain itu, karakternya lebih mirip mesin prototipe yang memang sudah dibekali peranti selip kopling.. yup, mesin 2 tak ngeloyor akibat kekuatan engine brake tidak menjadi cirinya, layaknya mesin 4 tak..
Namun, sebelum pusing-pusing debat memilih motor, perbaiki dulu deh infrastruktur, terutama sirkuit yang memadai dan aman. Mesin kencang pastinya butuh sirkuit permanen! Jangan ada lagi kasus seperti di Papua baru-baru ini, dimana belasan penonton keseruduk motor dan dua diantaranya harus menghadap Yang Kuasa!
11 komentar
Comments feed for this article
13 Juni 2011 pada 7:13 am
asmarantaka
yeyy..hidup 2 stroke…kalo gitu the big four ane saranin bikin motor sport 150cc 2 stroke aja..pasti seruu..back to era 90 an
13 Juni 2011 pada 3:20 pm
arieslight
jamannya immanudin, jayadi, tobun dkk…
13 Juni 2011 pada 7:32 am
lekdjie
Sama aje omr kawasaki dunk.sp yg mau?
13 Juni 2011 pada 3:21 pm
arieslight
sama kaya di luar dab, OMR APrilia, paling honda nyempil 1-2 motor..
13 Juni 2011 pada 8:22 am
agungsevi
ketika balap 4 tak berdengung jujur beberapa tim mengeluhkan mahalnya spare part, selain itu ketidakawetan menjadi masala utama. 👿
yang memperburuk keadaan sembalap pada kurang suka performa 4 tak! terlalu jinak!
kurang mantap!! 😮
memang 2 tak adalah buat sembalap tenan!!
nitip mas bro ➡ http://agungsevi.wordpress.com/2011/06/12/menyalakan-lampu-dan-kenalpot-racing/
13 Juni 2011 pada 3:22 pm
arieslight
tapi kalo dipikir2..125 cc pada belom ngeluh mahal kalo di luar sana..kalo di Indonesia, wah, mahal.. 2 tak aja dah mahal, palagi mo pake 4 tak yang 2 silinder itu…
13 Juni 2011 pada 8:29 am
nunoe
go green dong brader….
tapi 4 tak juga kalo udah pake knalpot racing + tuning2 abis2an bakal boros juga sih
OMR minerva lumayan tuh….
13 Juni 2011 pada 3:23 pm
arieslight
ane juga pikir gitu brader, tapi kalo dipikirn masa depan balap dan selisih dana bikin 4 tak dan 2 tak.. duitnya kalo dibeliin pohon bisa banyak bgt toh hihihi..
14 Juni 2011 pada 4:27 pm
blognyamitra
Wah kalo balapannya 2 tak ntar gak maju2 dunk bro…
8 September 2015 pada 11:04 am
mirzazzurri
Mau maju pke 4 tak tp gak ada duit buat apa?? Lebih ramah 2 tak malah cukup buat ngasah skill balap ekonomis
http://akucintaitalia.blogspot.in/2015/09/yamaha-mx-2-tak-vietnam.html
11 September 2015 pada 1:35 pm
arieslight
dapetin motor barunya udah ga ada hihihi