Max Neukirchner startete eine spektakuläre Aufholjagd

Performa seorang pembalap memang kadang naik, kadang turun. Semua itu banyak yang mempengaruhinya, mulai dari fisik dan mental pembalapnya, persiapan pembalapnya, motor, team, setting, cuaca dan sebagainya. Kadang pembalap sudah siap-siap dan optimis, tetapi kenyataan di lapangan berkata lain, boleh jadi dia buat kesalahan sendiri, boleh jadi ketimpa kesalahan orang lain.

Kejadian konyol sempat menimpa team MZ, tepatnya Anthony West (di foto Max Neukirchner lho), pembalap Australia yang nasibnya dan prestasinya makin jauh saja dari Casey Stoner. Kalau tidak salah di seri Le Mans, pembalap ini tampil sama sekali tidak kompetitif dan semakin merosot menjelang akhir race. Pembalap yang karakternya belum jodoh juga dengan rangka FTR (tahun lalu performanya terhitung lebih baik menggunakan rangka teralis produksi MZ sendiri-red), ketiban sial akibat kelalaian mekanik Dunlop.

Sesuai judul, apakah ban slick bisa dibolak balik??? Mestinya sih bisa-bisa saja, sebab tidak ada alur bannya. Namun, dalam dunia balap, produsen masa kini memperhitungkan juga karakter sirkuit dan jumlah tikungannya. Misalkan tikungan kanannya 12 sedangkan ke kiri hanya 4, maka kompon ban sebelah kanan dibuat lebih keras. Dan inilah yang menimpa West. Mekanik Dunlop terbalik memasang ban, akibatnya West pun kehabisan kompon secara dini. Bersamaan dengan habisnya kompon, habislah harapannya menuai poin di race itu…

Iklan