Husqvarna memang bukan merk yang terlalu akrab di kuping bikers tanah air, tetapi merk ini justru sangat senior, sebab di bawah Royal Enfield, Husqvarna adalah produsen tertua sepeda motor yang terus berproduksi sejak lahirnya, tahun 1903, hingga sekarang. Merk Harley Davidson pun kalah 3 bulan lebih muda dari Husqvarna.

Sekarang, Husqvarna itu merk mana sih? Tidak salah kalau menyebut Husqvarna merk asal Swedia. Bahkan, sebelum memproduksi motor, perusahaan ini sudah banyak produksi barang lain, bahkan kalau ditelusuri hingga abad ke 17! nah, bayangkan, dari tahun 1600an!

Husqvarna, di samping KTM, adalah motor yang terkenal jago di lahan off road. Sebenarnya masih banyak lagi jenis dan prestasi Husqvarna, tetapi kita kembali ke fokus! Swedia atau Italia????

Begini Bro, tahun 1987 Husqvarna sudah dibeli Cagiva dan kemudian diambil alih MV Agusta. Seluruh produksi dipindahkan ke utara italia, yakni ke Varese! Nah, dah jadi Italia belum tuh????? Sebab, karyawan Husqvarna juga ada yang tidak sejalan dan melanjutkan produksi motor, tetapi menggunakan nama Husaberg!

Seperti Bro tahu, MV Agusta pun keuangannya kacau balau. Dengan 93 juta Euro, dijuallah Husqvarna ke BMW pada 2007. BMW punya kebijaksanaan menjalankan Husqvarna Motorcycle sebagai perusahaan mandiri (tetap di Italia). Nah, jadi Husqvarna merk mana sekarang? Swedia, Italia, apa Jerman? Yang jelas sih keluaran terbaru mereka, Nuda 900 blasteran Italia-Jerman!

Yang mungkin kebanyakan bikers tidak tahu, Husqvarna lebih solid di penjualan alat-alat pertukangan, kehutanan dan alat rumah tangga, bahkan pernah berada di bawah Elektrolux. Husqvarna sangat terkenal gergaji mesin dan mesin potong rumputnya lho…

 btw, barangkali tanpa sadar Bro sudah memiliki produk Husqvarna di rumah lho.. punya mami… sebab Husqvarna juga produksi mesin pengolah daging, setrikaan, kompor dan mesin jahit, yang paling terkenal ya merk Singer hihihi

Iklan