Mari kita lihat satu-satu, mengapa BMW R27 recommended sebagai motor klassik yang masih tetap nyaman dibawa touring. Kita mulai dari jok ridernya, silahkan lihat sendiri bahannya yang aneh… MEskipun begitu, kenyamanannya ane jamin top dan kalau original dari Jerman dipastikan awet, 20 tahun dipakai terus belum tentu robek lho! Namun, harganya juga gila. Di tanah air (tidak termasuk per dan ketapelnya lho) cukup lah untuk nebus dua buah tanki Honda tiger dan satu set ban Corsa untuk ukuran standardnya Tiger.

Selanjutnya, jok yang yahud karetnya itu masih ditopang lagi dengan per, jadi kena lobang pun dijamin sangat minim goncangan, sebab yang meredam tidak hanya suspensi, tetapi juga per jok dan karet jok. Btw, perhatikan ada lubang di atasnya, yup, ketinggian jok punya dua pilihan, mau tinggi, atau rendah.. atau posisi riding mau sporty (kalau disetel tinggi) atau relax (posisi rendah)mantebs to….

Yup, itu gardan… Banyak R27 yang gardannya masih bawaan lahir! JAdi boleh dibilang, bagian ini sangat-sangat sangat awet! Kalau motor lain ketika touring jauh harus melumasi rantai atau membersihkannya dari kotoran, maka rider BMW bisa gunakan waktunya untuk hal lain..

Foot stepnya juga mantebs Bro, bisa disetel (model gerigi) sesuai rotasi pivot poinnya, jadi agak ke depan, ke belakang, tinggi atau rendah… dan itu untuk ke-empat-empatnya footstep R27!

Suspensi belakang kurang keras/lembut??? Gampang, tidak perlu kunci dan tenaga besar, tinggal gerakkan tuas di suspensi belakang untuk memperoleh tingkat kekerasan yang diinginkan!

Suspensi depan bagaimana? Tidak ada sih setelan keras-lembutnya, tetapi ketinggian motor di depan disediakan 2 pilihan, tinggi atau rendah. R27 Blog Sesat saat ini (di foto) sedang pakai lubang yang bawah, artinya bagian depan motor jadi lebih tinggi.

Beda dengan mayoritas motor merk lain, suspensi R27 menganut sistem swing arm yang jadi perintisnya telelever. Seperti pernah kita bahas, suspensi R27 ini benar-benar stabil dalam meredam goncangan, sangat nyaman Bro… minusnya ya berat, kurang lincah dan biaya produksi pastinya lebih mahal. Enaknya, as lengan ayun depan ini punya 2 pilihan juga. Jadi, suspensi yang punya kemampuan anti dive ini memang bisa disetel sehingga jarak sumbu roda berubah. Selain itu, karena sudutnya berubah, suspensi depan pun jadi terasa berbeda tingkat kekerasannya.

Apaan tuh??? simple, cuma untuk mengencangkan/mengendorkan komstir tuh.. Jadi, kalau motor ebih enteng setangnya, tinggal putar ke kiri (mengendorkan), sebaliknya, kalau untuk jalan luar kota yang lurus panjang plus hi speed, tinggal setel agak keras (putar ke kanan searah jarum jam).

Dua lampu mata kucing ini pun lumayan membantu lho. Yang hijau seperti biasa: menunjukkan posisi gigi netral, sedangkan yang merah sebagai indikator pengisian. Jadi, kalau aki tidak mengisi, maka lampu ini akan nyala terus. Makanya ketika motor dihidupkan dan stasioner di bawah 2000 rpm, lampu merah menyala, baru ketika motor digeber gasnya, lampu akan mati, artinya aki sedang terisi.

Iklan