Beberapa bulan terakhir ini, bikers banyak memperhatikan dan menebak-nebak, seperti apa nantinya motor superbike baru Ducati yang katanya bernama Superquadrata itu. Nama sepertinya cukup pakai angka saja, layaknya pendahulunya, yakni 1199.

Seperti yang sudah terbongkar, knalpot dikatakan tak lagi model underseat. Desain pun berubah, meskipun masih punya ciri Ducati. Yang lebih parah lagi tentunya keseluruhan motor yang dikatakan nyaris baru semua, benar-benar langkah berani dan mahal! Jadi, jangan heran, kalau motor ini tahun depan benar-benar membuat WSBK kiamat dengan dominasinya. Yup, doi sepenuhnya racing oriented.

BTW, jejak R1 ada yang diikuti lho..  Kalau cewe-cewe penggila operasi plastik di Jepang pada pingin punya mata belo, R1 justru mengecilkan matanya (pernah dibahas kan…). Inilah yang tampaknya diikuti Ducati, mereka membuat 1199 lebih sipit dibandingkan 1198, bahkan jauh lebih sipit. Motor jadi terlihat lebih galak dan agresif memang, tetapi bukan itu tujuan utamanya. Seperti di R1, dikecilkannya head lamp itu demi memperoleh ruang yang lebih besar bagi air scoop. Yup, lubang yang menyalurkan udara ke intake ini sangat menentukan juga power di kecepatan tinggi. Silahkan lihat sendiri fotonya (masih versi editing computer lho-red)

Ducati 1199 Computerretusche

Nah, yang ini yang waktu pertama kali nongol dan tertangkap kamera Paparazzi:

Ducati 1199 Erlkönig