Sekitar 3 minggu lalu, rem depan Tiger Hitam mendadak blong. Nggak masalah sih, masih ada rem belakang. Namun, lalu lintas di Jakarta yang penuh kejutan membutuhkan rem depan dan belakang bekerja dengan baik, ya minimal masih rasa tromol lah..
Di roda depan, rem nyaris blong, minyak rem pun turun cepat. Setelah dicek, ternyata baut untuk buang anginnya dol! Wah, puyeng juga nih, mau ngakalin belum sempat nanya-nanya, apakah bautnya bisa diganti yang lebih besar, jadi tak pakai acara tambah daging segala. Maklum, kaliper mahal Bro.. dulu sih 500 ribu masih tembus. Namun, seiring banjirnya motor dan peranti KW2nya, komponen jadi murah, tapi mutunya banyak juga yang nggak jelas gitu deh…
Untuk Tiger lama, katanya sih sama dengan milik Honda Supra, tetapi dudukannya beda. Berhubung saat ke bengkel ane tak pakai Tiger, maka tak jadi ane beli tuh kaliper, terlebih lagi yang jualan ogah-ogahan..sorry ye… emangnya bengkel situ doang! Soal dudukan beda, barangkali yang tiangnya aja kali ya..sayang ane belum sempat membandingkan.
Singkat kata, akibat sibuk, ane nitip ade untuk beli kaliper. Karena yang asli tak tersedia (mahal kali ya, jadi bengkel tidak resmi males nyetok tuh barang), diambillah produk Cina bermerk Yasuho ini. Harganya? Wah, lengkap plus sepatu rem 130 ribu saja kalau tak salah. Murah memang… Bahkan dengan 200 ribu sudah dapat lho cakram plus selang plus pompa plus kaliper made in China! Soal mutu? Wah, ane jamin, bengkel pada nggak kasih jaminan!
Singkat kata, terpasanglah si Yasuho di Tiger Hitam. Awalnya, lama sekali sampai tuas mau keras. Dan akhirnya setelah cukup lama bisa juga, sayang dengan gejala seakan pompa rem rusak. Jadinya, ketika ditekan terasa agak ngelos. Motor pun saya pakai seminggu, setelah seminggu kembali anginnya dibuang lagi. Mendingaaaaan…tapi tetap saja jauh dari performa kaliper bawaan Tiger. Kalau dipakai jalan dan hanya tekan rem depan saja, dijamin teknologinya ABS! Asal berhenti sukuuuurr… Rasa tromol! Mau dibilang apa, harga nggak bohong kok. Ya, kapan-kapan cari yang original atau merk yang lebih baik lah. Saat ini, Tiger Hitam harus extra hati-hati dulu di jalan dan jaga jarak pengereman layaknya truk kontainer atau kereta api yang tak bisa berhenti mendadak. Yasuho yasuho… yasudahlah………
17 komentar
Comments feed for this article
9 Agustus 2011 pada 3:24 pm
nunoe
harga ngga bohong..200rebu dapet lengkep.. -_-‘
pake engine break dong..biar kayak pembalap2 gitu
10 Agustus 2011 pada 9:39 am
arieslight
tiger ane kan dilengkapi slippery clutch hihii..ga ada engine brakenya hahah
9 Agustus 2011 pada 4:02 pm
compumetal
Ada harga ada kualitas.
10 Agustus 2011 pada 9:40 am
arieslight
setuju…
9 Agustus 2011 pada 6:11 pm
kurnia1prorider
rego nggowo rupo!!! diakali wae sing lawas, dilas babet trus ditab baut 8/sesuai baut penutup angin aslinya!!
10 Agustus 2011 pada 9:40 am
arieslight
ya bro, tadinya mau coba gitu, tapi kerjaan lagi numpuk bgt nih..ntar dicoba dulu, kalo ga bisa, baru cari kaliper yang oke..
9 Agustus 2011 pada 8:51 pm
Fortynine
Kaliper depan saya juga dah macet, kampasnya tidak membalik normal. Padahal Honda Tiger tahun 2007 yang baru menempuh 76.000 kilometer (berdasarkan ukuran di speedometer)
Konon, harga caliper tiger itu 1 juta! Dan kalau di kalimantan selatan, sudah jelas barangnya KOSONG! Kalau mau inden di dealer harus nunggu 2 bulan!
Konon lagi, kaliper merk PSM harganya setengah juta, kualitasnya lumayan mendekati yang orisinal
kalau tak percaya PSM, cari aja merk PERSIJA, AREMA, atau PERSIPURA10 Agustus 2011 pada 9:43 am
arieslight
HAHAHAA.. ntar ane pake bayern muenchen aja lah…
betul bro, mahal.. ane juga buru2, makanya ambil yasuho, itu juga di bengkel ketiga, dari 2 bengkel besar sebelumnya, ga ada stock..
kaliper tiger emang kadang macet bro kalo lama ga dibersihin..copot aja, bersihin semuanya, pistonnya dicabut, agak susah sih nyabut dan masangnya lagi, tapi kalo dah macet harus dicabut, terus biasanya ada karat tipis, diampelas alus, terus dibatu ijo..tiang2 sepatu rem juga dibersihin dan dikasih gemuk tipis.. abis itu insyaallah lancar lagi bro
10 Agustus 2011 pada 6:10 am
damhar
coba Yasuho-nya dipasangi repair kit Tiger yg asli bang, bakalan ngaruh tuh…
10 Agustus 2011 pada 9:44 am
arieslight
bisa dicoba bro, tapi ntar2 aja, lagi repot sama kerjaan nih huhuhu
10 Agustus 2011 pada 7:43 am
adjokasep
mending beli orsilinal mocin… heheheh
10 Agustus 2011 pada 9:44 am
arieslight
hihihi… boleh deh, dulu sanex hussar gitu asik lho, tinggal korek dikit n ganti suspensi belakang pake sok jepang
10 Agustus 2011 pada 8:12 am
asmarantaka
cari2 di parkiran..sukur2 dapet kalipr Brembo Moge 😀
10 Agustus 2011 pada 9:45 am
arieslight
maling.de
10 Agustus 2011 pada 12:51 pm
Modar
Di pasar loak surabaya buanyak tuh…Hasil comotan motor2 kreditan ato motor2 curian, istilahnya barang betetan, mbeteti motore wong (beteti = nyabuti bulu ayam)
10 Agustus 2011 pada 1:55 pm
arieslight
wah, kalo tau itu hasil ngembat, ane sih males bro.. kalo halal sih boleh…ntar nggak berkah, nyeruduk jaguar apa s-class mateee dah gw hihihi
6 Oktober 2011 pada 12:52 pm
bastian
maka pakai bermerk walapun harga lumayan tinggi tapi puas gan…. skrg aja ane jd reseller buat produk tersebut.. Chemco punya gan..mrek NISSIN asli..021-93940895 bastian