Ketika kita berbicara aki MF, Bro Daris sempat berkomentar tentang aki MF yang rusak karena tekor. Yup, baru-baru ini tambah lagi satu pengalaman. Pada intinya, memang jangan memaksakan aki MF hingga soak abis!

Aki MF yang berkualitas biasa, meskipun baru beberapa bulan, kalau dipakai sampai tekor abis, berisiko besar mengalami kerusakan hingga doi tak bisa diisi ulang! Nah, nyaho nggak tuh.. Di motor biasa, ya 150 ribuan kan lumayan! Di motor besar, keluar duit 2 kalinya! Biasanya aki MF tekor abis karena elektrik starter. Seringkali biker yang lagi malas memaksakan elektrik starternye bekerja lama hingga aki pun tekor.

Solusinya bagaimana? Ya, kalau jelas-jelas motor sangat sulit dihidupkan dengan elektrik starter, ya pakai lah kick starter (kalau ada). Pastikan juga pengisian motor dalam kondisi oke! Nah, kalau yang ada cuma elektrik starter, kalau ada gejala aki MF sudah melemah, sebaiknya dilepas dulu tuh aki dan dicharge. Sambil menunggu itu, kan bisa tuh bersihkan karbu dan busi yang biasanya paling sering jadi biang kerok motor sukar hidup.