Hingga hari ini kabarnya Ducati belum mau memberikan foto-foto 1199 resmi dari pihak mereka. Namun, dengan berbekal foto-foto yang sudah terlanjur bocor, beberapa pihak mereka-reka dan membuat desain 1199 semakin jelas, dengan bantuan komputer tentunya..

Pihak Motorrad pun bahkan selangkah lebih maju, mereka mereka-reka 1199S versi Rossi. Boleh juga tuh penampilannya. Motor ini sendiri dikabarkan akan bertenaga sekitar 200 PS! Gila, bagaimana caranya tuh motor jalanan dengan konstruksi V2 kapasitas 1200 cc bisa memperoleh tenaga sebesar itu? Bisik-bisik dari pihak dalam sih karena materialnya yang juga ga bisa sembarangan. Kabarnya klep dan setang seher dari titanium (btw, setang seher untuk mesin twin memang speknya harus top, sebeb menurut regulasi, setang seher untuk motor twin harus bawaan pabrik, beda dengan yang pakai 4 silinder). Piston dari baja pun gosipnya ikutan ambil peran di mesin ini. Soal jeroan mesin, memang Ducati harus sangat selektif, sebab konstruksi twin (yang identik dengan Ducati dan dominasinya di WSBK, harus lebih banyak kena regulasi!).

Berdasarkan foto bocorannya, 1199 tidak pakai rangka! Ya, pakai sih, tapi memang benar-benar serapan dari MotoGP dimana komstir, airbox dan komponen yang mengikat ke mesin itu integral. Bedanya, rangka ini akan menggendong mesin 1200 cc V2, bukan 800 cc V4.

Buat para teknik freaks, 1199 akan melayaninya dengan senang hati. Beberapa paten Ducati dari GP8 tersemat di dalamnya, belum lagi sederet modus berkendara dan fitur yang lainnya, ya siap-siap saja tuh ABS sama traction control dan sebagainya.

Dari berita-berita yang sudah beredar, 1199 memang sangat menjanjikan, bahkan sangat mendominasi. Wong tahun ini saja Checa hampir bisa dipastikan jadi Juara Dunia WSBK! Blog Sesat memandang ini sebagai pembalap yang ketemu jodohnya. Kalau kita pandang dari perspektif lain, Checa adalah pembalap matang, dan 1198 pun sangat matang settingnya! Motor baru macam S 1000 RR dan ZX-10R gress terbukti belum matang untuk event sekelas WSBK. Wah, bagaimana kalau 1199 yang diturunkan tahun depan????? ssttt, ane minta Terawang Gaibnya ke Ki Gede Anue, harap bersabar…

Pastinya sih, 1199 tidak akan murah! Ducati harus melewati tantangan pertama, yakni homoglasi, mereka harus menjual 3000 unit Ducati 1199 kalau mau ikut WSBK (eh, apa sudah dinaikkan jadi 6000 unit ya??). Kehadiran Ducati 1199 tentunya harus mampu menjual! 1199 harus laris, atau kalau tidak terlalu laris (akibat mahalnya harga motor exotis ini), produk lain Ducati harus terdongkrak naik! Mengapa? Yang namanya pabrikan baru mengeluarkan produk baru yang sangat canggih, pastinya mereka keluar biaya besar! Kalau sampai gagal, wah berabe..sudah ada beberapa pabrikan yang habis menelurkan produk extra keren malah mengalami krisis finansial kan?