Bagaimana pemandangan waduk Darma di daerah Kuningan ini? Seru juga kan? Saya pribadi senang kalau melihat danau, laut dan kolam, ya doyannya maen air kali ya…

Untung saja mayoritas daerah di Indonesia dilimpahi dengan ketersediaan air yang mencukupi. Kalau di waktu-waktu tertentu kurang, itu pun mulai teratasi dengan berbagai teknik, salah satunya waduk. Sayang, keberlimpahan kadang membuat kita secara tak sadar jadi boros!

Bulan Ramadan ini, jadi ingat waktu di Jena dulu. Berhubung saya tidak jago masak, saya memilih bantu-bantu cuci piring saja selepas buka puasa, ya rutinitas lah, apalagi dengan background saya yang sejak SD terbiasa kebagian jatah cuci piring di rumah.

Ada satu hal yang lumayan bikin kesal pada awalnya: kena omel! Hihihi… teman saya, si Achmad asal Lybia sempat ngomel. Intinya saya terlalu boros memakai air. Dia pun menunjukkan, teknik hemat air dalam mencuci piring. Menurutnya, air mahal Bro! Ya memang benar, mahal! Ada meterannya! Buat sewa ruang mesjid yang sebulan 800 Euroan saja kita sudah empot2an patungan.. maklum, di Jena kan orang Islamnya sedikit.. yang nyumbang rutin bulanan pastinya lebih sedikit lagi!

Ya, gampang lah saya ikuti nasehatnya… Agak dongkol sih..tapi kalau tidak sampai dongkol, kayanya tidak membekas di ingatan ya.. Dan Alhamdulillah dia berani menegur saya, sebab kalau tidak, siapa lagi? Masa mau ditegur langsung sama Yang Maha Kuasa??? Ditegur pake geledek nyaho ijk…

Sehabis kejadian itu, saya berusaha untuk lebih hemat menggunakan air dan listrik. Di sini juga begitu. Jangan sampai deh kebawa-bawa berboros-boros menggunakan sumber daya alam. Kita memang mampu membayar listrik dsb.nya, tapi bukan berarti kita bisa pakai sesuka-sukanya selama kita bisa bayar!