Produsen motor yang masih belum punya jaringan 3S yang besar di tanah air pasti selalu terpentok dengan kendala ini. Keterbatasan penyebaran suku cadang sering jadi poin yang membatalkan orang untuk meminang produk mereka, padahal produk itu secara value jelas-jelas di atas produsen-produsen besar. Lalu, haruskah segera memperluas jaringan dan penyebaran suku cadang, terutama yang fast moving?

Idealnya sih begitu kalau mau kompetitif, tetapi dana yang besar tentu jadi pertimbangan. apalagi kalau dana besar dipakai untuk langkah yang agak riskan, ih ngeriii…

Sebenarnya ada cara paling mudah (tapi halal nggak ya???), yakni dengan memanfaatkan kekuatan lawan. Misalnya kalau Sesat Motor Corporation mau menelurkan produk baru, maka Sesat MotorCorporation akan mensurvei dulu, produk pesaing mana yang jumlahnya paling banyak, komponennya paling menyebar dan harganya relatif ekonomis. Semua itu digunakan untuk pertimbangan pembuatan komponen fast moving motor produksi Sesat Motor Corporation.

Anggaplah yang paling banyak beredar Honda XYZ dan Yamaha XZZ. Nah, dari kedua pilihan ini, Sesat Motor Corporation akan memilih salah satu motor saja yang komponennya siap dicopy. Artinya, komponen motor ini akan bisa digunakan sama plek tanpa ubahan di motor terbaru kami, sebut saja gir-set, kanvas rem, kabel gas dan kopling, kanvas kopling, klep, piston plus ring, karburatornya dan komponen kelistrikan macam CDI, koil dan bohlam lampu.

Jadi, para calon korban Sesat Motor Corp. sudah tahu, kalau di kotanya tak ada jaringan Sesat Motor Corp, doi tinggal minta komponen untuk motor Honda XYZ atau Yamaha XZZ itu tadi…

Btw, melanggar aturan nggak ya?????

kabooooooooooooooooooooooooooooorrrrrrrrr