Produsen motor yang masih belum punya jaringan 3S yang besar di tanah air pasti selalu terpentok dengan kendala ini. Keterbatasan penyebaran suku cadang sering jadi poin yang membatalkan orang untuk meminang produk mereka, padahal produk itu secara value jelas-jelas di atas produsen-produsen besar. Lalu, haruskah segera memperluas jaringan dan penyebaran suku cadang, terutama yang fast moving?
Idealnya sih begitu kalau mau kompetitif, tetapi dana yang besar tentu jadi pertimbangan. apalagi kalau dana besar dipakai untuk langkah yang agak riskan, ih ngeriii…
Sebenarnya ada cara paling mudah (tapi halal nggak ya???), yakni dengan memanfaatkan kekuatan lawan. Misalnya kalau Sesat Motor Corporation mau menelurkan produk baru, maka Sesat MotorCorporation akan mensurvei dulu, produk pesaing mana yang jumlahnya paling banyak, komponennya paling menyebar dan harganya relatif ekonomis. Semua itu digunakan untuk pertimbangan pembuatan komponen fast moving motor produksi Sesat Motor Corporation.
Anggaplah yang paling banyak beredar Honda XYZ dan Yamaha XZZ. Nah, dari kedua pilihan ini, Sesat Motor Corporation akan memilih salah satu motor saja yang komponennya siap dicopy. Artinya, komponen motor ini akan bisa digunakan sama plek tanpa ubahan di motor terbaru kami, sebut saja gir-set, kanvas rem, kabel gas dan kopling, kanvas kopling, klep, piston plus ring, karburatornya dan komponen kelistrikan macam CDI, koil dan bohlam lampu.
Jadi, para calon korban Sesat Motor Corp. sudah tahu, kalau di kotanya tak ada jaringan Sesat Motor Corp, doi tinggal minta komponen untuk motor Honda XYZ atau Yamaha XZZ itu tadi…
Btw, melanggar aturan nggak ya?????
kabooooooooooooooooooooooooooooorrrrrrrrr
11 komentar
Comments feed for this article
12 Agustus 2011 pada 1:38 pm
bennythegreat
ini sama kaya strategi perusahaan telco ya….dimana BTS telukomsel ada…udah survey dsb….yang lain ikuut…
12 Agustus 2011 pada 1:41 pm
arieslight
wah, pertamax… Herzlich Willkommen Bro Benny..
Ane ga tau Bro, cuma ngarang aja..kadang sebel sendiri kalo nyari komponen, buat Tiger aja suka susah.. padahal Honda dan dah belasan tahun
12 Agustus 2011 pada 3:51 pm
deviil
sama mas bro.. komponen nsr juga susah padahal udah uzur… đŸ™‚
15 Agustus 2011 pada 9:18 am
arieslight
ya bro, kebanyang, tiger aja susah…
12 Agustus 2011 pada 6:00 pm
Daris
ane yg dikalimantan juga lumayan susah cari part jupi mx
15 Agustus 2011 pada 9:19 am
arieslight
aneh juga, padahal Yamaha dan dah lama ya..
13 Agustus 2011 pada 4:02 am
ipanase
nggak papa koq, kan parts subtitusi
15 Agustus 2011 pada 9:19 am
arieslight
seharusnya sih bro
13 Agustus 2011 pada 10:03 am
nunoe
kan udah..jamannya mocin dulu
plek sampe ke bodi2nya juga…
15 Agustus 2011 pada 9:19 am
arieslight
tapi kualitasnya kan juga kacau brader hihihi
15 Agustus 2011 pada 1:18 pm
Modar
Lha tuh kampas kopling bajaj bisa plek ma kampas kopling mx.