Jalan Bungur Raya Depok saat ini sedang ditutup. Jalanan yang aspalnya sudah rusak, sangat bergelombang dan lubangnya extra dalam ini akhirnya diperbaiki secara permanen. Tampaknya penggunaan aspal di kawasan Depok sudah mulai ditinggalkan, sebab jalanan di sekitar Depok yang saat ini atau baru-baru ini dibangun menggunakan coran beton. Jalanan dari beton ala runway pesawat terbang sepertinya memang lebih kuat sih, tapi di beberapa titik, bisa juga rompal-rompal, hanya saja tidak sampai dalam seprah kalau dari aspal.

Jalanan beton yang rusak ini sebenarnya lebih merusak motor. Bodi-bodi matic atau bebek dijamin lebih cepat kendor, komstir juga dijamin lebih cepat KO! Yup, Jalanan Beton memang galak layaknya Si Leher Beton alias Mike Tyson. Komstir tiger yang longgar juga diakibatkan jalanan beton yang mulai rusak.

Sekedar tips, kalau kita sering melewati jalan model ini, sebaiknya tekanan ban sedikit dikurangi demi kenyamanan, lumayan mengurangi getaran akibat beton yang memang lebih keras dibandingkan aspal.

Jalanan beton juga rasanya lebih licin ya.. makanya dibuat garis-garis horizontal untuk membuang air dan memberikan grip lebih untuk pengereman. Jelanan beton di kala hujan licin, sedangkan di kala kering… licin juga lho, seandainya tidak ada garis-garis horizontal itu. Makanya, tak ada sirkuit internasional yang tikungannya pakai beton kan? Meskipun licin, guratan-guratan di jalanan betion sepertinya lebih menyiksa ban, jangan heran kalau ban lebih cepat habis kalau kita sering melintasi jalan beton.

Faktor negatif lainnya adalah pinggiran jalan beton yang seringkali kurang diperhatikan. Lihat saja di foto ini! Kalau naik motor taupun mobil sekalipun, bahaya kan kalau sampai keluar dari jalan, sebab jaraknya dengan tanah tinggi dan belum ditambahkan meterial yang membuat pinggir jalan ini lebih aman.

Iklan