PS-Test Bremsen mit Rossi-Methode Bein raus Rizla Suzuki

Teknik mengerem dengan sebelah kaki menjulur kembali kita bahas. Katanya sih enak, tapi sebelah kaki aja lho, kalau dua kaki, pembalap akan kehilangan kontrol atas motornya. Teknik menurunkan sebelah kaki, tepatnya ke dalam arah menikung, tidak membantu juga sih pada posisi buritan motor, masih sama-sama menukik juga.. Tapi masih sedikit membantu sih, dan lebih terasa, kalau berat badan bukan ditumpukan di jok, tetapi dipindah lebih ke bawah, yakni di foot step kaki yang mengendalikan motor..nah, makanya balap motor tuh sebenranya bukan sebatas cari racing line, buka gas dan handal tentukan titik pengereman saja. Belajar mengubah-ubah titik berat motor dengan memindahkan berat badan di jok, setang, tanki dan kedua footstep pun patut dipelajari.

Schwantz mengatakan, ketika pembalap mengerem normal memasuki tikungan, maka ban belakang akan mengalami gejala sliding alias ngesot, tetapi efek ngesot ini bisa diminimalisir dengan cara mengangkat kaki yang berada di sebelah dalam ke arah tikungan. Nah, karena bobot di footstep hilang, gejala ban sliding bisa diminimalisir.

Namun, bukankah pembalap kadang sengaja melakukan slide untuk menyetir motor supaya bisa lebih menusuk ke dalam tikungan? Nah lo, artinya untuk apa lagi dong itu gaya ngerem ala the Doctor? stay tune brader….

Iklan