Nicky Hayden sagte den Japan GP ab

Kabar pembalap ogah balap di Motegi dengan alasan kuatir pada radiasi nuklir Fukushima merupakan kabar lama. Stoner dan Lorenzo yang menjadi 2 tokoh sentral MotoGP tahun ini pun akhirnya memutuskan ikut, setelah sebelumnya dengan keras mereka menyatakan ogah hadir di Motegi tahun ini.

Tanpa basa-basi banyak justru Hayden yang menyatakan takkan turun balap pekan ini. Doi mengumumkan ketidakikutsertaannya via Twitter Selasa lalu. Sebagai alasan adalah kekuatirannya pada keamanan tingkat variasi radiasi yang dinilainya terlalu besar (wah, siapa yang ngukur tuh, bukankah katanya aman-red). Hayden berharap fansnya memahami dan mendukung keputusannya ini.

Melihat keputusan Hayden sebenarnya tak perlu heran, sebab doi memang bisa dibilang sedang tidak ada yang dikejar. Lagipula, bos Hayden saat ini bukan asal Jepang. Sayang juga sih… Namun, pasti atau tidaknya juga baru sebatas perkataan Hayden via Twitter, Ducati dan Dorna belum mengeluarkan pernyataan resmi.

Bagaimana dengan Stoner? Doi mengatakan, takkan menahan-nahan kemenangan agar bisa menjadi juara dunia di Australia nanti. Doi bertekad bisa memberikan gelar juara dunia ke Honda di Motegi ini. Doi mengatakan menyukai sirkuit ini, sebab racing linenya harus presisi, tak seperti Aragon yang banyak variasi dan mentolerir kesalahan. Titik pengeremannya pun banyak yang sangat menantang, tak heran Stoner menyukai sirkuit ini.

Yang menarik sebenarnya misteri: siapakah yang akan memayungi Stoner di grid nanti, kan Adriana tak ikut ke Motegi. Apakah umbrella girl, atau umbrella boy dengan alasan menjaga perasaan Adriana yang sedang mengandung Stoner jr?