Dua bulan lalu banyak penggemar MotoGP yang bertanya-tanya, kok nama Sachsenring tidak tertera di kalender penyelenggara MotoGP yang diselenggarakan Dorna. Di kalangan bikers Jerman, hal ini tidak aneh. Permasalahan internal memang terjadi yang berakibat belum adanya putusan final, apakah Sachsenring yang sejak 1998 (setelah 25 tahun absen menyelenggarakan GP dunia) harus kehilangan hajatan yang dinanti-nanti bikers motorsport Jerman pada khususnya.

Kabar ini membuat fans GP Jerman bahkan berdemo. Bayangkan, ribuan orang berdemo untuk meminta Sachsenring tetap menyelenggarakan GP! Bandingkan dengan Indonesia yang jumlah rakyatnya jauh lebih banyak dan penggemar balap motor juga lebih banyak, belum pernah kan kita demonstrasi menuntut penyelengaraan MotoGP????  (Bisa makan aja syukur hehehe…)

Kenapa pihak berwenang ragu menyelnggarakan balap MotoGP? Ternyata karena merugi Brader! Aneh benar..bayangkan, saya sendiri menyaksikan meriahnya event MotoGP Jerman, di weekend itu, sirkuit dikunjungi 200 ribu hingga 250 ribu fans balap! Sangat-sangat ramai! Fans pun termasuk doyan belanja merchandise! Pesta juga diselenggarakan sepanjang weekend, jadi acara memang bukan balap GP saja. Event rame ini diakui merugi hingga 850ribu Euro! Dan, ini bukan tahun ini saja!

Dengan dukungan dan tuntutan dari banyak pihak, sirkuit terpendek penyelenggara MotoGP 2011 (3,7 Km) ini akhirnya dengan berbahagia menyatakan kembali menandatangani kontrak dengan Dorna sehingga direncanakan, sirkuit ini bisa menyelenggarakan MotoGP hingga 2016. Fans motor Jerman lega, sebab mereka juga kuatir kalau Sachsenring sampai melepaskan kesempatan sebagai penyelenggara MotoGP. Mereka takut Sachsenring seperti Cina yang kehilangan hak penyelenggaraan karena melepaskan kesempatan itu dan karena antusiasme di Cina sangat rendah.

Keputusan Sachsenring memang cukup lama, tetapi belum terlambat. Sirkuit yang dikatakan untuk kelas MotoGP  punya tikungan kiri terpanjang (six in one, 6 tikungan ke kiri berturut-turut) ini tentunya tak ingin merugi lagi. Ini bisa dimaklumi, sebab Dorna tahun depan menaikkan biaya untuk pihak penyelenggara menjadi dua kali lipat. Yup, Sachsenring harus setor ke Dorna sebesar 4 juta Euro! (Hallo Sentul, sudah punya 50 miliard?)

Iklan